Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Menonaktifkan Fungsi Unit EGR Mesin Diesel

EGR


egr
Skema EGR
EGR sejatinya difungsikan untuk menekan kadar nitrogen oksida (NOx) yang terkandung pada emisi gas buang, lantaran dalam jangka waktu panjang akan sangat berbahaya bagi lingkungan hidup termasuk kesehatan tubuh manusia. Dengan Cara Meresirkulasi kembali dari gas buang (dari knalpot) dan kemudian disuntikkan kembali keruang bakar.
Sudah Sering Kita Mendengar bahwa EGR ( Exhaust Gas Re circulations ) berdampak pada penurunan performa mesin, karena mesin mendapat pasokan udara kotor dan miskin oksigen dari hasil pembakaran mesin.
Selain mesin Menghirup Udara Panas dan Miskin Oksigen, Untuk Kedepannya tentunya Durability mesin akan menurun, selain itu Ruang Intake Manifold akan Sangat kotor oleh abu jelaga dari sisa pembakaran, tentunya lambat laun akan menurunkan performa dari mesin itu sendiri.
Menonaktifkan Unit EGR bagi Penulis ( Ikwan S - PM-028 
adalah sangat bijaksana

1. Kita Bisa menjaga Kebersihan Intake Mesin,
2. Kita Bisa Menurunkan Stress dan Tekanan Mesin. 
3. Kita Bisa Memperoleh Tambahan Sedikit Power dengan Non aktifnya Unit EGR.

Pertanyaannya adalah Bagaimana Caranya??

Ayo ambil contoh Unit Mesin Isuzu Panther 4JA1-L (euro 2) karena dah diperlengkapi EGR
Saya Bagi 2 Cara
1. Cara Termudah dan Tercepat

EGR di mesin
EGR di mesin
Dalam Cara Ini Kita hanya Perlu mencari 2 biji Gotri (bola Besi) yang seukuran Selang dan lebih besar dari Lubang intake Servo EGR, (Lihat Gambar) Kita Cabut Selang menuju Servo lalu Gotri Kita Masukkan Kedalam Selang, Lalu Selang Kita tancapkan kembali Ke Tempat Semula, Kita Perlakukan selang di Servo kedua sama seperti yang pertama) 
2. Cara Kedua dan lebih Advanced

Packing jalur EGR
Packing jalur EGR

Dengan cara Membuat Packing dari Plat Besi yang agak Kuat, Seperti Gambar Lalu Kita Lepas Pipa EGR, Kita Membuat Packing 2 buah satu untuk Pipa EGR di manifold knalpot, yang kedua kita pasang pipa didekat servo EGR (Silahkan Gambar )

Yang Dilingkari Merah adalah Packing yang dibuat, sedang yang dibawah adalah packing aslinya yang harus dipensiun (yang berlubang)


Sedangkan dibawah ini adalah Gambar Titik titik dimana Packing tersebut harus dipasang 



Pipa didekat EGR Servo
Pipa didekat EGR Servo
Pipa EGR di Manifold Knalpot
Pipa EGR di Manifold Knalpot

Selamat Mencoba