Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Ayo Mengetap Olie Gardan & Versneling Sendiri

Ayo Mengetap Olie Gardan & Versneling Sendiri

Ayo Cewek saja bisa  masa anda tidak bisa he9
Ayo Cewek saja bisa
masa anda tidak bisa he9
Bagi anda yang biasa mengotak-atik mobil sendiri di rumah, tentunya mengganti olie gardan, olie versneling dan olie mesin bukanlah sesuatu yang sulit untuk dikerjakan sendiri, tapi bagi anda yang belum pernah dan ternyata ingin mengganti sendiri di rumah, gampang kok tidak sulit, hanya butuh kesabaran, keuletan dan anda mau sedikit berkolong ria dibawah mobil dan tentunya berkotor-kotor ria seperti gambar disamping. he99. Selain hitung-hitung Olahraga agar badan menjadi sehat, anda bisa menghemat pengeluaran dan selain itu anda bisa mengenal lebih dekat dengan mobil anda, Menghemat pengeluaran karena biasanya pihak bengkel akan menambah biaya penggantian olie, bila misalnya tidak ada biayapun pasti harga olie sudah di mark up pihak bengkel. sehingga kelihatannya seolah olah jasa penggantian adalah Gratis.

Ayo kita ganti sendiri dirumah begini langkah-langkahnya:

Botol bekas olie mesin vespa
Botol bekas Olie Mesin Vespa

1. Sediakan Olie yang akan kita ganti, anda dapat membeli olie sesuai kondisi kantong dan merk yang anda sukai, hanya perlu diingat selalu pilih olie yang sesuai dengan peruntukannya sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan dari pabrik ( anda bisa melihat di buku pedoman pemilik atau di buku manual servis ).
2. Setelah Olie tersedia, Anda tinggal menyiapkan Kunci untuk membukanya, biasanya untuk kunci Gardan dibutuhkan kunci no.24, sedang verneling no.19 atau 21, itu tergantung dari jenis mobil anda, tiap merk mobil kadang berbeda ukurannya.
3. Kemudian anda tinggal mencari botol bekas olie kepunyaan olie mesin vespa ( anda bisa membeli atau malah meminta saja botol bekasnya ke bengkel sepedamotor terdekat. bila tidak ada anda bisa memakai botol bekas Air Accu atau Accu Zuur. yang perlu diingat selalu bersihkan botol bekasnya biar tidak mengontaminasi olie yang akan kita isikan.
4. Persiapkan juga Nampan atau wadah untuk menampung olie bekasnya.
Gambar 1-6
5. Setelah semua siap langkah pertama adalah segera turunkan Ban Serep anda, untuk memudahkan pengerjaan, ( tergantung juga dari jenis dan merk mobil anda, bila space ruangannya masih banyak ya anda tidak perlu menurunkan ban cadangan. (gambar1)
6. Lalu buka baut yang paling bawah dari gardan, beserta baut diatasnya, kemudian tampung olie yang keluar, tunggu hingga tidak ada olie yang menetes, lalu kemudian tutup kembali baut terbawah. ( ingat jangan sampi terbalik ya bautnya, karena baut yang paling bawah biasanya ada magnetnya, ( untuk jenis mobil tertentu engak mungkin terbalik karena diamaeter uloirnya berbeda). Sebelum baut dipasang anda bisa membersihkannya dulu dari gram gram yang menempel pada baut dengan memakai bensin/ minyak solar.
7. Lalu setelah semua siap isikan olie dengan memakai botol (no.3). isikan volume Olie sesuai dengan petunjuk spesifikasi yang sudah disyaratkan pabrik, Tapi bila anda tidak mempunyai daftar petunjuk berapakah jumlah olie yang dibutuhkan, anda bisa memakai teknik Montir Kuno, yaitu isikan olie ke gardan sampai olie meluber ke baut pengisian, bila olie sudah meluber berarti jumlah olie yang diisikan sudah cukup, setelah itu segera tutup dan kencangkan baut pengisian. 
8. Bila anda memiliki masalah dengan baut tersebut, misalnya terjadi rembesan ( sebelum ganti olie gardan, ternyata ada rembesen olie yang bocor dari baut, itu berarti ring penutupnya tidak rapat, (biasanya baut dilengkapi dengan ring tembaga atau almunium, karena bahan tersebut lunak dan ketika baut dikencangkan akan mengisi pori pori bidang sentuh antara baut dan rumah gardan), dengan berjalannya waktu biasanya Ring itu akan menjadi kempis dan memadat sehingga harus diganti dengan yang baru. 
9. Bila di daerah anda kesulitan mencari ring baut itu ada trick mudah dan gampang, segera meluncur ke bengkel sepedamotor terdekat untuk meminta botol bekas olie Top1 ( maaf tidak promosi merk, dan saya bukan marketing Top-1 yang terbuat dari kertas. (gambar3)
10. Segera Potong kertas ke baut (gambar4)
11. Lalu rapikan (gambar5) maka baut sudah ada ring kertas dan anti bocor, Jangan Kuatir walau itu dari kertas karton tapi sudah teruji. ( buat membungkus olie saja kuat apalagi buat Ring).
12. Untuk Cara Pengetapan olie versneling cara dan prosedurnya sama seperti pengetapan olie gardan. (gambar6). Mudah bukan? Silahkan Mencoba

Semoga Bermanfaat