Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Membuat & Merangkai Soket Relay ( Relay Socket Arrangement )

Membuat dan Merangkai Soket Relay

Dengan pemakaian Relay yang makin meluas dewasa ini di bidang otomotif, seperti untuk keperluan Klaxson, Lampu, menambah Jalur Power Windows dan lain lain. Kadang kala kita menjumpai soket Relay yang kurang mumpuni, ya kurang mumpuni karena mereka memakai kabel yang kecil ( tembaganya sedikit ). 
Buat anda yang hobi DIY ( Do It YourSelf) ayuk kita merangkai kabel soket relay sendiri, Selain bisa memilih bahan yang Baik kita juga bisa memastikan kalau kualitas kabel benar benar sesuai.

Alat dan Bahan

alat dan bahan
Alat dan Bahan
Silahkan anda membeli bahan dan alat seperti di gambar disamping, Yaitu Socket Fiting wanita (women) yang bagus, sejumlah kabel, Untuk kabel anda bisa sesuaikan warna sesuai kehendak anda. Rumah soket relay dan tentunya relay itu sendiri ( dalam contoh pengerjaan kali ini saya menggunakan Relay merk Hella, ( mungkin anda bisa mengunakan merk lain seperti Bosch yang berkaki 5 dan lain lain)
Jangan Lupa Siapkan juga Gunting dan Tang Jepit atau Tang Lancip kecil.

Proses Pengerjaan

Proses Pengerjaan
Proses Pengerjaan
1. Kelupas kabel kira-kira Sepanjang 1cm, pastikan tidak ada serabut tembaga kabel yang ikut terpotong, anda bisa mengunakan Gunting, Tang atau pake Korek api juga bisa untuk mengelupas kulit kabel tersebut. (gambar1)
2. Setelah itu Tekuk tembaga Kabel dengan menyisakan kira-kira 1/2cm. Seperti Gambar2 disamping.
3. Kemudian ambil soket fiting yang akan dipasang, Tempatkan Kabel (gambar2) diatas soket tersebut seperti Gambar3 Ingat Tembaga diletakkan dibawah kabel. Juga pembungkus kabel yang tidak terkelupas cukup diletakkan ke penjepit pertama.
4. Setelah itu dengan bantuan Tang silahkan pencet hingga tembaga kabel terjepit dengan kuat dan rapi. (gambar4)
5. Lalu jepit juga bagian ekor. (gambar5 adalah gambar yang sudah jadi)
6. Terakhir ambilah tempat soket relay lalu masukkan kabel beserta soket kabel lalu masukkan sampai soket kabel terkunci dengan pas didalam rumahnya. Ingat jangan sampai Terbalik!
Hasil akhir
Hasil Akhir
7. Lakukan proses no.1-6 hingga semua kotak terisi dengan kabel. atau bila anda tidak menghendaki sambungan maka lakukan pengerjaan langsung di tempat yang dibutuhkan. ( Karena dengan makin sedikit sambungan kabel hasil akan makin baik dan menghindarkan konsleting.
Mudah bukan ..... :)
NB= 
Selalu Gunakan Kabel dengan berserabut tembaga tebal untuk jalur Relay no 30 dan 87. 

Semoga Bermanfaat  

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)