Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Serba Serbi Kaca Film Mobil ( Windows Tint )

Serba Serbi Kaca Film (Windows Tint)

Mobil Baru Bisasanya Sudah terpasang Kaca film
Mobil Baru Bisasanya
Sudah terpasang Kaca film
Anda pasti sudah tahu Kaca Film kan, ayo Kita Pelajari bersama secara lebih detail

Spesifikasi kaca film (Windows Tint) 

UVT (Ultraviolet Transmittance)
Ultraviolet adalah cahaya yg dapat membuat interior kulit retak / pecah2, warna interior mobil memudar (fading) dan yang paling berbahaya adalah dapat menyebabkan kanker kulit. Semakin kecil % UVT semakin baik, pada umumnya kaca film branded dapat menolak UV 99% 
UVR (Ultraviolet Reflectance)
UVR adalah kebalikan dari UVT jadi bila kaca film memiliki nilai UVT kecil misal UVT 1% maka Nilai UVRnya adalah 99%
VLT (Visible Light Transmittance)
Nilai VLT dinyatakan dalam perse, Persentase VLT berarti menandakan besarnya cahaya yg bisa lewat melalui kaca film. Walau VLT berhubungan dg persentase kegelapan kaca film, tp Ingat VLT bukanlah sebagai ukuran % dalam menentukan kegelapan kaca film, karena kegelapan kaca film juga dipengaruhi oleh bahan dasar kaca film tersebut. Pada umumnya kaca mobil sebelum terpasang kaca film dapat menolak cahaya 5% (VLR 5%), menyerap cahaya 5% (VLA 5%) dan tembus cahaya sebesar 90% (VLT 90%).
Visible Light Absorbed
adalah persentasi dari cahaya yang dapat diserap oleh kaca film tersebut
IRR (Infra Red Reflectance/Rejected)
Infra-Red adalah radiasi panas yg dibawa oleh cahaya matahari, semakin besar spec % IRR semakin baik.
pemasangan kaca film
Pemasangan Kaca Film
TSER (Total Solar Energy Rejected)
Persentase total solar energy (heat/panas) yg bisa di tolak oleh kaca film. Semakin besar persentase TSER semakin baik, krn menandakan kemampuan kaca film u/ menolak panas yg masuk melalui kaca film secara total. TSER adalah akumulasi % dari berbagai variable penyumbang panas yg masuk melalui kaca, termasuk Infra-Red (IR) yg merupakan salah satu variable didalam TSER.

Beberapa Panduan dalam menentukan Kaca Film

Salah satu Merk  Kaca film Papan Atas
Salah satu Merk
Kaca film Papan Atas
1. Memblokir panas
Tujuan awal pasang kaca film biasanya adalah menolak panas dari matahari. Jaman Dahulu untuk memblokir panas anda membutuhkan kaca film yang lebih gelap seperti 60% atau bahkan 80%. akan tetapi sekarang dengan teknologi kaca film yang telah berkembang anda dapat memasang kaca film dengan kegelapan 40% tapi dapat memblokir panas melebihi kaca film biasa dengan kegelapan 80%. 
2. Kaca semakin Gelap akan Mengurangi resiko pencurian
Apabila anda termasuk orang yang meletakkan barang sembarangan di dalam mobil maka anda memerlukan kaca film yang dapat mengurangi resiko pencurian, Kaca film yang anda pilih adalah kaca film yang memiliki kegelapan 60% keatas, tapi ingat kompensasi nya adalah anda memiliki daya pandang yang terbatas untuk mengemudi pada saat hujan dan di malam hari.
3. Mengurangi Glare
Glare atau pantulan dari cahaya matahari yang mengenai kaca mobil anda dapat membuat silau sehingga mengurangi pandangan dan kewaspadaan anda menurun. Hal yang paling penting untuk hal ini adalah kaca bagian depan kendaraan. Pasanglah kaca film yang memang diperuntukkan kaca depan (windshield) kendaraan anda.
4. Faktor keselamatan
Ada beberapa kaca film yang di desain untuk membuat kaca film mobil anda tidak tembus peluru, tidak dapat dipecahkan dengan mudah bahkan dengan kapak sekalipun, dan lain-lain tergantung dari merk kaca film tersebut. Tapi hal terpenting dari penggunaan kaca film ini adalah membuat kaca mobil anda tidak dapat pecah berantakan dan membahayakan penumpang di dalamnya.
5. Signal Handphone dan GPS
Kaca film yang jelek dapat merusak atau mengurangi sinyal handphone atau alat pemancar lainnya seperti GPS portable dan Handy Talkie. Jadi konsultasikan hal ini dengan dealer kaca film mobil anda.
Setelah kita mempertimbangkan beberapa hal diatas, baru kita dapat menentukan kaca film merek apa, dan dengan tingkat kegelapan apa yang kita butuhkan. Dari situlah baru kita menghampiri beberapa dealer kaca film yang ada.

Cara mudah untuk mendeteksi kaca film mobil palsu

warna kaca film
Warna Kaca Film
1. Cetakan atau logo kaca film
Print pada kaca film bukan jaminan keaslian. Hindari kaca film dengan cetakan logo tak rapi, mulai dari tinta meluber atau terlalu tebal. Kaca film yang digulung dengan logo atau tinta terlalu tebal bisa membuat kaca film bergelombang. Akibatnya, pada malam hari, sinar lampu yang diterimanya terpecah. Jadi, pastikan Anda mendapat kaca film dengan cetakan setipis dan serapi mungkin.
2. Ketebalan
Kaca film penahan panas idealnya punya ketebalan antara 1,5-1,7 mikron. Kurang dari itu boleh diragukan keasliannya. Kaca film memang tipis, tapi produk asli, meski tipis tetap kaku. Sementara itu, produk palsu sangat tipis dan lentur.
3. Warna
Ada bermacam-macam kaca film, tapi bukan jaminan keaslian. Kaca film palsu dengan kualitas jelek lama-kelamaan bisa berubah warnanya. Perubahan warna biasanya terjadi setelah jangka waktu tertentu. Di daerah tropis biasanya terlihat dalam 2-3 bulan.
4. Harga
Harga kaca film berbanding lurus dengan kualitas. Jangan tergoda tawaran dengan harga murah yang kemungkinan besar produk palsu. Kaca film asli di impor ke Indonesia hanya lewat distributor resmi dengan standar harga pasti. Tiap kaca film punya kode wilayah sendiri, adapun yang beredar di luar batasan kode itu tidak bisa mendapat layanan garansi.
5. Kartu Garansi
Pastikan mendapat kartu garansi untuk tiap pembelian. Kartu ini menjamin keaslian dan layanan purna jual kaca film. Lebih aman beli dan pasang kaca film di dealer resmi.
6. Gunakan Alat Termometer
Biarkan mobil yang telah dipasangi kaca film dijemur di bawah sinar matahari dalam beberapa saat. Kemudian, pasang termometer di kaca tersebut. Jika tingkat suhunya cukup tinggi, kualitas kaca film itu layak dipertanyakan. 

Semoga Bermanfaat 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)