Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Memasang Saklar Motor untuk keperluan Mobil

Memasang Saklar Motor untuk Mobil

Berbagai saklar motor
Berbagai saklar motor
Anda hobi memasang piranti tambahan pada mobil anda, misalnya anda memasang lampu tembak/ halogen tambahan, Air horn, Sirine sirine tambahan dan sebagainya. Kadang tanpa kita sadari kita memasangnya dengan asal asalan dengan cara memasang saklar yang besar dan tidak sesuai dengan tata letak dashboard mobil anda, ( karena biasanya yang memasang adalah tukang, dan ngak memperhatikan estetika.
Topik update kali ini saya sekedar memberi saran, Anda bisa memakai saklar dari sepedamotor, ya karena saklar sepeda motor jaman sekarang biasannya sudah terpisah pada stang dan tidak berbentuk dan ditanam di holder seperti motor jaman dulu, Coba anda amati motor anda misalnya Motor bebek Honda Kharisma, Supra 125x, Suzuki Shogun/ Smash. anda akan tahu kalau saklar itu bisa dipakai dan bisa ditanam pada plastik dashboard mobil anda hingga kelihatan rapi, anda tertarik silahkan terus membacanya. O iya Saklar macam gituan kualitas KW biasanya seharga sekitar 10ribu perbijinya.

Cara Tutorial singkat

Pemasangan Saklar
Pemasangan Saklar
1. Coba anda amati gambar diatas ( berbagai macam saklar motor) dari gambar itu anda bisa menyesuaikan kebutuhan dari saklar anda, misal bila anda butuh pasang Air Horn ( klaxson angin ) tentunya saklar model pantul lebih cocok ( misal anda memakai saklar stater atau saklar tombol bel milik honda kharisma/ suzuki smash. Tapi bila anda harus memakai saklar yang bekerja terus menerus misalnya untuk keperluan lampu maka saklar model Dim lebih cocok. Untuk memulainya silahkan anda mencari kardus sebagai mal.
2. Garis kertas kardus sesuai lebar dan panjang dari saklar.
3. Dengan bantuan Cutter potong.
4. Masukkan saklar kedalam kertas.
5. Perhatikan Kait harus sempurna (anak panah)
6. Tampak depan.
Anda bisa memakai kertas mall tadi untuk mengukur pada plastik dasboard mobil anda dan dapat melubanginya sesuai ukuran yang telah dibuat. Mudah bukan.
Note 
Berhubung saklar motor anda sebaiknya memasang relay tambahan untuk saklar ini. ( saklar hanya berfungsi sebagai switch sedang arus utama tetap memakai Relay. untuk Pemasangan Relay anda bisa membaca-baca topik yang pernah saya buat untuk sekedar merefresh ingatan anda
( Klik Disini ) ( Servis Relay ) ( Alternatif Pengganti Relay )

Semoga Bermanfaat

1 comment:

  1. Mohon petunjuknya pak:
    Saya mau pasang lampu tambahan 2 x 18w plus saklarnya di mobil panther kotak. Yg saya belum paham, saklar itu kan punya 2 kaki: kalo satu kaki dihubungkan ke relay, satunya lagi dihubungkan kemana ya? Ato ngambil dari kabel apa, warnanya apa ya pak? Terima kasih banyak atas bantuannya..

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)