Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Variable Intake Manifold (VIM)

Variable Intake Manifold (VIM)

Honda NSX
Honda NSX
Dalam mesin pembakaran internal ( internal combustion ), ada sebuah teknologi yang disebut VLIM ( a variable-length intake manifold ), VIM ( variable intake manifold ) atau ada yang menyebutnya VIS ( variable intake system ). Sesuai namanya, maka VLIM / VIM / VIS berarti bahwa Panjang dari Intake Manifold dapat bervariasi panjang atau memendek. Tujuan utamanya untuk mengoptimalkan tenaga dan torsi di berbagai putaran kecepatan mesin, serta membantu memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Efek ini didapat dengan adanya dua port intake manifold terpisah, yang masing-masing dikendalikan oleh katup, yang dapat terbuka atau tertutup satu dengan jalur pendek yang beroperasi pada beban mesin penuh ( high RPM) , dan satunya jalur intake akan memanjang ketika mesin bekerja pada Low RPM atau beban ringan.

Sejarah VIM

VIM Honda
VIM Honda
Variabel intake manifold telah populer pada mesin naturally aspirated sejak pertengahan 1990-an. Dengan pemakaian VIM maka didapat kurvo torsi tenaga yang lebih merata. atau dapat dikatakan fleksibilitas mesin akan meningkat. Ya pada intinya sistemnya adalah hampir sama dengan VVT ( variable valve Timing ), Tetapi VIM umumnya lebih murah diaplikasikan karena hanya melibatkan modifikasi pada intake manifold saja dan dengan beberapa katup. Namun , Variabel Intake Manifold jarang digunakan pada mesin Turbocharged atau Supercharged (Kecuali pada mesin TFSI 2.0 milik Volkswagen ). Karena pada Mesin berturbo/ Supercharger Udara sudah bertekanan Kuat dan dimampatkan sehingga Manfaat dari VIM sudah jauh berkurang. Dengan sekarang banyaknya mesin ber Turbo / Supercharger maka VIM lama kelamaan sudah mulai ditinggalkan.

VIM tipe Variable Length

VIM Pada Audi  V8
VIM Pada Audi  V8
Seperti yang dijelaskan diatas pada VIM ini memiliki 2 jenis saluran intake manifold, yang dikontrol oleh sebuah katup kupu kupu, jadi ketika mesin bekerja di low RPM maka katup akan membuka/ menutup ( tergantung dari konstruksinya ). yang akan membuat udara memalui lorong intake yang panjang. dan ketika mesin beranjak bekerja dengan pembebanan yang penuh maka secara otomatis katup akan bekerja sehingga aliran udara di intake akan memendek. Konstruksinya tergantung dari manufactoring pembuatnya, seperti pada contoh gambar diatas itu adalah VIM milik punya honda hanya bekerja di dua kondisi pembenanan mesin. Pada Honda teknologi ini disebut sebagai VLIM dan diterapkan pada mesin K20C. Sedangkan pada gambar disamping ini milik Audi memiliki 3 kondisi panjang intake. Contoh gambar disamping adalah milik Audi V-8 4,2 liter di era tahun 1990-an.

VIM tipe Resonance Manifold

Vario ram pada Porche
Vario ram pada Porche
Pengguna VIM jenis Resonance ini salah satunya adalah Porche. digunakan pada Mesin Boxer dan V-tipe. Setiap silinder diberi jalur intake melalui pipa terpisah. Sedangkan masing masing intake  masih dihubungkan jengan jalur yang lain. Salah satu pipa dapat ditutup oleh katup yang dikendalikan oleh sistem manajemen mesin. bingung bukan, untuk jelasnya silahkan lihat gambar disamping ini. Pada Porsche sistem ini digunakan dalam berbagai Porsche mulai dari 964 Carrera. Porsche menyebutnya dengan VarioRam. Selain Porche Honda NSX juga mengunakan sistem yang sama. Pada gambar disamping
A: di bawah 5.000 rpm: pipa panjang, asupan resonansi dinonaktifkan.
B: 5000-5800 rpm: pipa-pipa panjang ditambah asupan resonansi pendek pipa, dengan satu pipa interkoneksi dari asupan resonansi ditutup.
C: di atas 5800 rpm: pipa-pipa panjang ditambah asupan resonansi pendek pipa, dengan kedua pipa interkoneksi dari asupan resonansi dibuka.

Beberapa Penamaan VIM

VIM pada Toyota
VIM pada Toyota
Acura - Variable Volume Induction
Fiat - StarJet engine, dubbed Port Deactivation (PDA)
Land Rover - Variable Geometry Induction
Lancia - VIS
Mazda - Variable Inertia Charging System (VICS), Variable Resonance Induction System (VRIS)
Mitsubishi - Mitsubishi Variable Induction Management (MVIM)
Opel - TWINPORT
Porsche - VarioRam
Toyota - Toyota Variable Induction System (T-VIS)
Volvo - VVIS (Volvo Variable Induction System)
BMW - DISA (DIfferenzierte SAuganlage - Differential Air Intake), DIVA (variable length runners)
Ford - Dual-Stage Intake (DSI), Intake Manifold Runner Control (IMRC), Charge Motion Control Valve (CMCV).

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)