Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Macam Alat Penambah Kestabilitasan mobil

Macam Alat Penambah Kestabilitasan mobil 

Strut Bar
Strut Bar
Dalam Dunia modifikasi sering kita mendapati beberapa piranti atau alat tambahan untuk menaikkan performa dari mobil kita, khususnya alat penambah kestabilitasan mobil, Walau kadang kala ada beberapa produsen mobil yang sudah memberikan piranti alat itu sebagai perlengkapan standar. Bila anda ingin menambah alat alat tersebut tidak perlu susah susah bikin sendiri karena Biasanya Rumah Produksi macam Tanabe, HKS, Tein, Koni, eibach dan lain lain yang biasanya mendesain untuk kendaraan anda. Pada Intinya alat penambah kestabilitasan ini membuat struktur lebih rigid/ kaku
Beberapa alat tambahan tersebut di antara nya adalah.

Strut Bar / Strut Brace / Strut Tower Brace

Sebuah strut bar, atau strut brace, atau Strut Tower Brace ( STB ) adalah aksesori tambahan (aftermarket) yang dipasang pada mobil untuk mendukung suspensi bagian depan. Strut Bar biasanya digunakan pada mobil ber tipe suspensi MacPherson struts di monocoque atau chassis unibody untuk memberikan kekakuan tambahan. Strut Bar biasanya terletak di ruang mesin yang berupa besi panjang melintang yang menghubungkan antara ujung dudukan shock depan. Strut bar ini pada intinya adalah memberikan kerigitan agar kerja suspensi tetap rigit dan mencegah goyangan yang pada akhirnya mengurangi kesabilitasan. 

Lower Arm Bar/ Under Braces

Tanabe Under Braces
Tanabe Under Braces
Lower Arm Bar sesuai namanya terletak di daerah kolong mobil, Lower Arm menghubungkan arm bagian kiri dan kanan. Macam ada beberapa jenis, ada yang memegang 2 titik saja, ada juga yang 4 titik. Lower Arm Bar kerjanya mirip dengan Strut Bar atas, yaitu menyeimbangkan kerja antara kaki-kaki kiri dan kanan, bila strutbar mendukung bagian atas maka lower bar ini bekerja dibagian bawah.

Rear Strut Tower Bar/ Rear Upper Bar


Di Kombinasikan untuk bekerja sama seperti Strut Bar di depan, berfungsi untuk meminimalisir under steer dan meningkatkan stabilitas saat corner braking. Jenis ini banyak diaplikasikan pada mobil jenis front wheel drive (FWD), 

Sway Bar/ Anti Roll Bar/ Stabiliser Bar

Sway Bar Koni
Sway Bar Koni
Sway bar atau anti-roll bar/ stabilizer bar merupakan bagian dari suspensi mobil yang membantu untuk mengurangi body roll kendaraan saat menikung dengan cepat. Bar ini menghubungkan roda kanan dan kiri melalui sebuah lengan tuas pendek yang dihubungkan oleh sebuah pegas torsi. 

Roll Bar/Cage

Mungkin anda sering mendengar Roll bar. Ya Pada Roll Bar sering kita lihat pada balapan resmi atau pada mobil off road,  Beberapa kejuaraan balap memiliki regulasi bentuk yang berbeda. Rol bar biasanya dipasang dan didesain mengikuti dari bentuk body, biasanya terbuat dari rangka rigit (bentuk Pipa). Roll bar akan memberikan perkuatan yang signifikan pada kabin, tentunya ini sangat bermanfaat untuk keselamatan pengendera misal terjadi kecelakaan dan sebagainya.

Fender Bar


Febder Bar
Fender Bar
Biasanya berbentuk segitiga, Fender Bar ditanam di dalam fender untuk mencegah Chassis Flex yang ekstrim. tekanan Chassis Flex bisa mempengaruhi dari body keseluruhan, khususnya pada konstruksi mobil tanpa sasis (monocoque). Fender Bar ini bertugas memberikan perkuatan antara suspensi depan dan Pilar A, atau kalau untuk suspensi belakang akan memberikan perkuatan suspensi belakang dengan Pilar B/ C ( tergantung jenis mobilnya).

Side Lower Bar

Side Lower Bar adalah Bar yang diletakkan pada sisi samping kiri - kanan mobil,Letaknya biasannya diantara pilar A sampai kepilar C. Fungsi utamanya sebagai tambahan penyestabil (stabilisator) supaya mobil tetap stabil dijalan. Side Lower Bar banyak digunakan untuk arena balapan Drag Race.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)