Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Mengenal ACCU ( Aki, Akumulator, Baterai )

ACCU


accu
Accu
Akumulator (accu, aki) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. Contoh-contoh akumulator adalah baterai dan kapasitor.
Pada umumnya di Indonesia, kata akumulator (sebagai aki atau accu) hanya dimengerti sebagai "baterai" mobil/ motor. Sedangkan di bahasa Inggris, kata akumulator dapat mengacu kepada baterai, kapasitor, kompulsator, dll.
di dalam standar internasional setiap satu cell akumulator memiliki tegangan sebesar 2 volt. sehingga accu 12 volt, memiliki 6 cell sedangkan accu 24 volt memiliki 12 cell.
Accu merupakan sel yang banyak kita jumpai karena banyak digunakan pada sepeda motor maupun mobil. Accu temasuk sel sekunder, karena selain menghasilkan arus listrik, accu juga dapat diisi arus listrik kembali. secara sederhana accu merupakan sel yang terdiri dari elektrode Pb sebagai anode dan PbO2 sebagai katode dengan elektrolit H2SO4

Beberapa Jenis Accu

ACCU BASAH (Antimonial Battery)
Adalah accu yang paling banyak digunakan pada kendaraan hingga saat ini. Accu ini berisi air accu (cairan asam belerang / sulfuric acid). Pada accu basah, terdapat lubang dengan tutup yang dapat dibuka-tutup untuk menambah air accu. Air accu dapat berkurang saat accu digunakan. Hal ini terjadi karena reaksi kimia di dalam accu antara air accu dengan sel accu.
Keuntungan menggunakan Accu Basah:
Dapat menggunakan larutan EDTA ( sudah saya posting di blog ), untuk memperpanjang usia pakai accu tersebut.
Harga relatif lebih murah dibandingkan jenis accu yang lain.
Kekurangan Accu Basah:
Wajib memeriksa ketinggian air accu secara berkala, jika air accu berada di bawah level LOW, dapat merusak sel accu.
Memiliki tingkat Self-Discharge paling besar (0.8-1.0% volume/day)
ACCU KALSIUM (Calcium Battery)

accu calsium
accu calsium
Adalah accu yang menggunakan Calcium pada lempengan grid (+) dan (-).
Keuntungan Accu Kalsium:
Mempunyai performance yang baik dibanding accu Antimonial dan Hybrid di atas.
Mempunyai daya tahan / usia pakai yang baik. (tahan lama).
Tingkat Self-Discharge paling kecil (0.1-0.2% (volume/day)
Kekurangan Accu Kalsium:
Relatif lebih mahal

ACCU HYBRID (Hybrid Battery)

accu hybrid
accu hybrid
Accu Hybrid, hampir sama dengan Accu Basah. Perbedaannya terletak pada material pada komponen sel/lempengan grid. Accu Hybrid menggunakan Low-Antimonial pada lempengan grid (+) dan Calcium pada lempengan grid (-).
Keuntungan Accu Hybrid:
Relatif lebih baik dengan Accu Basah (Antimonial Battery).
Kekurangan Accu Hybrid
Memiliki tingkat Self-Discharge yang besar (0.5-0.6% volume/day)

ACCU MAINTENANCE FREE (MF)

yang dimaksud dengan Accu MF, adalah suatu produk accu yang menggunakan desain khusus sehingga dapat menekan penguapan air accu. Dengan demikian tidak diperlukan penambahan ulang air accu.
accu basah dan MF
Accu MF dan Accu Basah

Accu MF dapat berupa Accu Hybrid maupun Accu Calcium.
Keuntungan Accu MF:
Tidak diperlukan pengisian air accu
Kerugian Accu MF
Bila Sampai accu tekor (kehabisan Strum, Maka akan terjadi kerusakan yang permanen pada sel accu sehingga Accu tidak bisa pulih 100% dari daya semula

ACCU SEALED

accu sealed
Accu Sealead 
Adalah accu yang menggunakan Calcium pada lempengan grid (+) dan (-), dengan penyekat berupa jaring (mat) yang menyerap cairan elektrolit (umumnya berupa gel), dengan kemasan accu yang tertutup rapat (disegel). Ketika terjadi penguapan/gas, akan diserap oleh mat tersebut, sehingga tidak terjadi pengurangan jumlah cairan elektrolit. 

Accu ini sering disebut Accu Kering.

Orang Sering Salah Kaprah Menyebut ACCU MF dengan ACCU Kering
Keuntungan Accu Sealed:
Bebas perawatan (maintenance free)
Performa kerja yang baik.
Kekurangan Accu Sealed:
Harga sangat mahal
Tidak tahan ditempatkan pada suhu tinggi
Mengecek Tegangan Accu


multitester
Multimeter
Sering Kita Bingung antara apakah Accu sudah Rusak atau Alternator yang Rusak?

Sebuah multi-meter dapat digunakan untuk memeriksa dan menguji berbagai komponen listrik termasuk accu mobil.

Multi-meter mudah digunakan dan sebaiknya Anda memilikinya untuk memeriksa accu mobil serta berbagai peralatan elektronik lain.

Berikut adalah cara memeriksa accu mobil menggunakan multi-meter.

Cara Menggunakan Multi-meter untuk Memeriksa Accu Mobil
1. Buka kap mobil dan temukan posisi accu. Cari terminal positif (+) pada accu. Lepaskan pelindung pada terminal positif.
2. Hubungkan kabel positif multi-meter (warna merah) ke terminal positif accu mobil.
3. Hubungkan kabel negatif multi-meter (warna hitam) ke terminal negatif accu mobil.
4. Jika accu mobil berfungsi, tegangan pada meteran multi-meter harus terbaca antara 12,5 sampai 12,8 volt. Jika bacaan kurang dari 12,5 volt, Anda perlu men-charge aki mobil Anda.
5. Bila Setelah di charge (di setrum ) tegangan tidak naik atau Naik tapi beberapa jam kemudian tegangan turun, Berarti Accu anda sudah mulai mendekati RIP ( tidak mau menyimpan arus lagi)
Memeriksa Accu Mobil dengan Multi-meter Setelah Mobil Dinyalakan
1. Pengukuran ini harus dilakukan saat mesin mobil sudah dinyalakan. Hubungkan kabel positif multi-meter (warna merah) ke terminal positif accu mobil dan kabel negatif multi-meter (warna hitam) ke terminal negatif accu mobil.
2. Periksa hasil pengukuran apakah tegangan berada pada rentang 13,5-14,5 volt atau lebih.
Jika tegangan kurang dari 13,5 volt, hal ini berarti alternator tidak memproduksi cukup arus untuk mengisi accu.
Anda mungkin perlu segera pergi ke bengkel untuk memeriksa fungsi alternator mobil Anda.
3. Lakukan pengujian alternator di bengkel mobil. Anda mungkin perlu mengganti. memperbaiki alternator.
Tips untuk memperpanjang umur accu mobil Anda:

mobil mogok gara gara accu
Jangan Sampai Mobil anda Mogok Karena Accu bermasalah
1. Pastikan semua peralatan elektronik telah dimatikan sebelum Anda mematikan mesin.
Berbagai peralatan yang dibiarkan hidup tidak hanya akan menguras daya accu mobil tetapi juga berisiko merusak sistem listrik mobil.
2. Pastikan accu mobil sudah terisi penuh (sudah dicharge) jika Anda tidak menyalakan mobil selama satu atau dua minggu. Jangan biarkan accu mobil kering (tidak terdapat daya listrik). Memanaskan mobil secara teratur meskipun Anda tidak menggunakannya baik untuk menjaga agar accu tetap terisi.
3. Hindari korosi. Korosi atau karat pada terminal accu dapat memperpendek umur accu. bisa disemprot silicon atau penetran pada kutub kutub accu untuk perawatan ( udah saya sharing di blog ini). Jika tidak sempat membersihkan sendiri, pastikan montir di bengkel kepercayaan Anda memeriksa dan membersihkan terminal accu secara teratur.
4. Periksa adanya kabel yang longgar serta periksa pula dudukan accu. Dudukan accu yang berkarat dianjurkan untuk diganti. Dudukan yang rusak atau berkarat berpotensi membuat posisi accu tidak stabil sehingga akan bergetar atau berpindah posisi yang pada gilirannya memperpendek umur accu.
5. Drive belt pada mobil juga perlu diperiksa secara berkala. Belt yang rusak akan membuat proses charging accu tidak sempurna. (Baca Juga Merawat dan Memperpanjang Usia Belt di Blog Ini)
6. Mengunakan Tambahan Lampu2 dan aksesori dengan Bijak, dan sesuaikan dengan kapasitas accu.

Semoga Bermanfaat

Membuat Baut Tap Sendiri ( The Taps )

The Taps

Lagi Ber DIY (Do It Your Self) Tiba Tiba Baut ngak mau Kencang/  Karena Rumahnya Aus ?
Lagi Ber DIY (Do It Your Self)
Tiba Tiba Baut ngak mau Kencang/
Karena Rumahnya Aus ?
Kadang Waktu Mengencangkan Baut Pada Mobil atau Motor, Kadang Ketika kita kencangkan kok ngak kunjung kencang-kencang, Baut diputar dikencangkan bukannya makin kencang Malahan semakin ringan putarannya, Itu Kondisinya ada 2 Jenis,
1. Ulir Bautnya Aus .
2. Ulir Murnya yang Aus.
Untuk Kondisi Pertama yaitu Ulir baut yang Aus ngak masalah karena Kita tinggal menganti dengan baut yang Baru, atau Kalau Ulir dari Mur tersebut yang aus ngak masalah juga karena bisa kita ganti yang baru. yang jadi masalah adalah ketika ternyata yang Aus adalah rumah tempat baut itu bersemayam
Ketika Menghadapi itu ada beberapa Trick yang Dapat Kita Lakukan.

Beberapa Teknik Menghadapi Baut yang Aus
Beberapa Teknik Menghadapi Baut yang Aus
1. Membalut Baut dengan selotif (dapat dipakai selotif yang digunakan pada pipa peralon) gambar diatas.
2. Atau bila ngak ada bisa mengunakan benang dari kain, caranya benang dibalutkan ke ulir baut, lalu kita bautkan baut yang udah dibalut benang tadi kedalam lubang yang udah aus.
3. Bila ausnya udah terlalu besar maka bisa digunakan cara Ganjal memakai potongan seng ( plat besi yang tipis (bekas kaleng)
4. Bila cara 3 Gagal maka bisa dikombinasikan cara ke-3 dengan Cara Ke-4 yaitu ujung baut kita pukul dengan martil besi ( digepengkan/ di bikin oval) sehingga diameternya menjadi lebih Besar)

Cara Cara Diatas sebenarnya hanya cara Darurat, Untuk Cara yang benar dan permanaen.  Beberapa cara yang biasa dilakukan oleh Bengkel

1. Dengan Mengecor kembali rumah baut yang aus sehingga bisa dibuatjan drat yang baru.
2. Dengan Cara di Buatkan Ulir yang baru ( disock) dengan memakai baut yang lebih besar. Yang jadi masalah Kita kan ngak punya Alatnya ( The Taps ) karena biasanya hanya bengkel yang mempunyai.

Gambar dibawah ini adalah Alat Taps berbagai Ukuran Baut Mulai dari KKunci 17 sampai Kunci Baut 8 
The Taps
The Taps 
Detail The Taps
Detail The Taps










Engak Perlu Ragu dan Gak usah Galau, Bisa Kok Kita bikin sendiri dirumah ber DIY ( Do It Your self) 
Caranya:


Baut 12 Drat Halus dan Drat Kasar
Baut 12 Drat Halus dan Drat Kasar
1. Kita Cari Tentukan obyek dulu yang akan Kita Buat Misalnya Rumah yang Aus adalah baut no Kunci 12, Maka Kita tinggal membeli baut baru yang lebih besar  atau membeli baut dengan kunci yang sama tetapi yang dratnya lebih Kasar, seperti pada contoh gambar disamping. ( Kita Membutuhkan 2 buah baut, Satu untuk dirusak (dijadikan The Taps yang satunya digunakan sebagai baut penganti.

Dari Gambar Terlihat Bahwa yang sebelah Kiri adalah baut Kunci no 12 dengan drat ulir yang Halus. Sementara yang bagian kanan adalah Gambar Baut Kunci 12 juga tetapi memiliki alur yang lebih rengang ( bahasa Montirnya adalah Drat Kasar)

2. Kemudian Baut yang akan kita buat sebagai Tap (the Taps) kita potong dan haluskan ujung-nya dengan bantuan Gerinda ( bisa gerinda mesin atau Kikir Manual. Setelah ujungnya mengecil, seperti gambar, tinggal kita bikin selokan baut pada alurnya (seperti pada Gambar), Anda bisa mengunakan gergaji atau memakai gerinda tipis ( mata gerinda potong) sehingga hasil akhirnya menjadi seperti pada gambar.
Baut yang udah dibikin ala The Taps
Baut yang udah dibikin ala The Taps
3. Setelah selesai tinggal kita ambil kunci 12 lalu rumah baut yang aus tadi kita paksa bikin alur baru memkai baut ala the taps kita, sampai terbuat ulir baru lalu kita ambil baut yang baru ( baut ke dua) lalu kita pasangkan. So Simple Kan.

NB= Bila Rumah baut terlalu besar dan  baut drat kasar sudah ngak mampu menjangkau membuat ulir yang baru,  maka jalan satu satunya hanya dengan meningkatkan no dari baut Misalkan rumah baut yang aus adalah baut kunci 10 maka tinggal kita membeli Baut yang lebih besar yaitu no 11 lalu kita perlakukan cara yang sama seperti diatas.
Perbandingan The Taps dengan The Taps Aspal bikinan Sendiri
Perbandingan The Taps dengan The Taps Aspal bikinan Sendiri

Semoga Bermanfaat dan sampai Jumpa di Trick Berikutnya 



Serba Serbi International Motor Show

Pameran Mobil Di Dunia


The Frankfurt Motor Show
The Frankfurt Motor Show 

The Frankfurt Motor Show

The Frankfurt Motor Show atau Frankfurt Auto, dalam bahasa Jerman dikenal sebagai Internationale Automobil-Ausstellung (IAA - Pameran Internasional Mobil), merupakan salah satu acara terbesar di dunia motor. Hal ini diadakan dua tahun sekali di Frankfurt am Main, Jerman. Acara ini menempati 12 bangunan.
prototipe mobil
Menampilkan model prototipe mobil
IAA ini diselenggarakan oleh Verband der Automobilindustrie (VDA - Asosiasi Industri Otomotif Jerman). Sejak tahun 1991 acara ini terbelah dua: tahun Bahkan bernomor menunjukkan kendaraan komersial di Hanover dan kendaraan penumpang ganjil tahun (termasuk beberapa sepeda motor) di Frankfurt. Acara ini dijadwalkan oleh Internationale des Constructeurs Organisasi Mobil d'.

Acara 2011 diselenggarakan dari 13 September-25 September. Edisi ke-64 acara termasuk hampir 1.000 peserta pameran dari 32 negara dan dihadiri oleh lebih dari 928.000 penggemar mobil dan anggota dari industri otomotif.
Acara 2013 akan diselenggarakan dari September 10, 2013 dengan tanggal 22 September 2013.
Geneva Motor Show

Geneva Motor Show March 2011
Geneva Motor Show March 2011
The International Geneva Motor Show (Prancis: Salon International Auto de l') merupakan pameran mobil tahunan yang diadakan pada bulan Maret di kota Swiss Jenewa. Acara ini diselenggarakan di Palexpo Jenewa, sebuah pusat konvensi terletak di sebelah Jenewa Cointrin International Airport. Salon ini diselenggarakan oleh Organisasi Internationale des Constructeurs d'Automobiles, dan dianggap sebagai pameran mobil internasional utama yang penting.
Pertama diadakan pada tahun 1905, Salon telah menyelenggarakan hampir semua model pembakaran internal yang besar bermesin dalam sejarah mobil, bersama dengan mobil-benzena dan bertenaga uap dari awal abad ini. Supercar eksotis sering mencuri sorotan selama debut mereka di acara itu. Prototip, peralatan baru, terobosan teknis, kemitraan internasional, serta debat politik dan sosial, telah diumumkan di pameran. Acara ini dianggap sebagai tingkat lapangan bermain untuk mobil dunia, dibantu oleh fakta Swiss tidak memiliki industri otomotif sendiri .
Edisi ke-82 diselenggarakan 8-18 Maret 2012.
Sedangkan Edisi ke-83 Geneva Motor Show dijadwalkan akan diselenggarakan 5-17 Maret 2013.
Paris Motor Show

Paris Motor Show
Paris Motor Show
Paris Motor Show (Perancis: Mondial de l'Automobile) adalah pameran mobil dua tahunan di Paris. Dilaksanakan sekitar Oktober, itu adalah salah satu pameran otomotif paling penting,

gambar motor
Juga menampilkan Motor
Sering Mobil boru dan konsep dipamerkan dalam ajang ini. Acara ini merupakan motor show pertama di dunia, dimulai pada tahun 1898 oleh industri pionir, Albert de Dion. Acara saat ini berlangsung di Paris Expo di Porte de Versailles. The Mondial dijadwalkan oleh Internationale des Constructeurs Organisasi Mobil d', yang menganggapnya sebagai pameran mobil internasional utama.
Sampai tahun 1986 itu disebut Salon de l'Automobile, butuh nama Mondial de l'Automobile pada tahun 1988. Acara ini diadakan setiap tahun melalui 1976, setelah yang telah dua tahunan. Setelah tahun 1910 diadakan di Grand Palais.
The Mondial de l'Automobile de Paris 2012, berlangsung pada 29 September 14 Oktober 2012 di Paris Expo.
Detroit Motor Show
Pameran mobil pertama diadakan di Detroit pada tahun 1907 di Beer Garden Beller ini di Riverside Park dan sejak itu setiap tahun kecuali 1.943-1.952. Ia berganti nama menjadi North American International Auto Show pada tahun 1989. Sejak tahun 1965, telah diselenggarakan di Cobo Center di mana ia menempati hampir 1 juta kaki persegi (93.000 m²) luas lantai. Acara ini sangat penting karena wilayah Metro Detroit adalah lokasi markas mobil Tiga Besar Amerika, Chrysler, Ford, dan General Motors.
2007 NAIAS coordinates
2007 NAIAS coordinates
Acara dimulai dengan hari pratinjau pers, hari industri pratinjau dan acara pratinjau amal. The pratinjau amal mengumpulkan uang untuk amal anak-anak lokal. Pada tahun 2004 dan 2005, preview amal menarik 17.500 orang dari $ 400 tiket dan menghasilkan $ 7 juta total. 2006 adalah tahun keenam berturut-turut peristiwa pratinjau amal mengumpulkan lebih dari $ 6 juta. 35.711 tiket terjual untuk preview industri yang mewakili orang-orang dari 24 negara pada tahun 2005 dan 6897 pers terpercaya dari 63 negara. Lebih dari 800.000 orang hadir selama hari-hari acara itu terbuka untuk masyarakat umum pada tahun 2004. Diperkirakan bahwa pertunjukan menghasilkan pendapatan lebih dari $ 500 juta untuk perekonomian lokal.
The NAIAS adalah salah satu dari hanya beberapa pameran otomotif di Amerika Serikat disetujui oleh Internationale des Constructeurs Organisasi Mobil d'.
Acara 2.013 diadakan dari Januari 14 sampai 27 Januari.
Tokyo Motor Show

Tokyo Motor Show 2007
Tokyo Motor Show 2007
Tokyo Motor Show Adalah pameran mobil dua tahunan yang diselenggarakan pada bulan Oktober-November di Makuhari Messe, Chiba City, Jepang untuk mobil, sepeda motor dan kendaraan komersial (Tempat dan lokasi perlu diperbarui untuk 2011). Diselenggarakan oleh Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA), itu adalah acara internasional yang diakui oleh Organisasi Internationale des Constructeurs d'Automobiles, dan biasanya melihat mobil konsep lebih dari perkenalan mobil produksi aktual yang merupakan alasan mengapa pers auto melihat pertunjukan seperti salah satu motorshow yang 5 besar (bersama dengan Detroit, Jenewa, Frankfurt dan Paris).
Acara, kemudian disebut All Japan Motor Show pertama kali diadakan di tempat outdoor yang disebut Hibiya Park, acara ini dianggap sukses dengan 547.000 pengunjung selama sepuluh hari dan 254 peserta pameran menampilkan 267 kendaraan, namun dari jumlah kendaraan hanya 17 dari mereka penumpang mobil sebagai acara didominasi oleh kendaraan komersial. Pada tahun 1958, karena pembangunan kereta bawah tanah dan tempat parkir bawah tanah dekat Hibiya Park, acara dialihkan ke Racing Track Sepeda Korakuen. Acara, seperti tahun sebelumnya dirusak oleh hujan lebat, pada tahun 1959 acara pindah ruangan untuk tempat yang baru dibuka Showplace Harumi yang tiga kali ukuran dari tempat sebelumnya.
orochi supercar pameran mobil
Orochi Supercar
Onward dari tahun 1973, sebagai penyelenggara memutuskan untuk tidak menjadi tuan rumah acara untuk tahun berikutnya karena krisis energi internasional dan acara menjadi event dua tahunan. Acara dipindahkan ke tempat saat ini, Makuhari Messe pada tahun 1989 dan karena permintaan masyarakat tinggi untuk kendaraan dalam penggunaan sehari-hari dan fakta mobil konsep mendominasi pertunjukan, acara kembali menjadi acara tahunan 2001 sampai 2005 dengan sebuah pertunjukan untuk penumpang mobil dan sepeda motor dan satu lagi untuk kendaraan komersial untuk tahun berikutnya. Namun dari tahun 2007 dan seterusnya acara sekali lagi kembali ke jadwal dua tahunan yang menggabungkan kedua penumpang dan kendaraan komersial, termasuk sepeda motor dan suku cadang mobil.
Selain 5 Besar Pameran Tersebut ada beberapa Pameran yang Lain
Indonesia Motor Show
Merupakan ajang Pameran Otomotif terbesar di indonesia dan dilakukan tiap tahun. Pada tahun 2012 dilakasanakan pada 20-30 September 2012
iims
IIMS
20 September 2012: (undangan & pers terdaftar saja)
21-30 September 2012: di Buka untuk umum
Senin - Kamis: 11.00 - 21.00 WIB
Jumat - Minggu: 10.00 - 21.00 WIB
Tempat
Jakarta International Expo
Gedung Pusat Niaga Lt 1 Arena PRJ Kemayoran
Jakarta 10620
IIMS 2012 mengusung tema "Eco-Mobility" 
Sejarah Pameran 
1986 - 2012
iims 2012
IIMS 2012
Dimulai dari pameran pertama tahun 1986, pameran telah melalui beberapa perubahan dan akhirnya berkembang menjadi Indonesia International Motor Show didukung oleh OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles) pada tahun 2006
1986
Pada 11-15 Juli 1986, pameran otomotif pertama diselenggarakan oleh GAIKINDO berlangsung di bawah nama Pameran Mobil GAIKINDO. Mendukung "Aku cinta Indonesia, aku cinta Mobil Indonesia", pameran ini dihadiri oleh 13 anggota GAIKINDO, mencakup 4000 meter persegi dari Jakarta Convention Center.
1989
Dimulai pada tahun 1989, Pameran Mobil GAIKINDO mengubah nama pameran ke Jakarta Auto Expo
1991
Pada 04-10 Juli 1991, Jakarta Auto Expo yang diselenggarakan untuk kali ke-6 di Jakarta Convention Center. Kali ini pameran mendukung tema Dalam Lomba Teknologi canggih. Jakarta Auto Expo ditunda selama dua tahun pada tahun 1992 dan 1993 akibat kebijakan uang ketat pemerintah
1994
Peningkatan kondisi ekonomi di Indonesia mendorong industri volume penjualan otomotif, GAIKINDO termotivasi menyelenggarakan Jakarta Auto Expo pada tahun 1994.
1996
Pameran berikutnya berlangsung di 27 Juli - 4 Augusts 1996. The 1996 Jakarta Auto Expo menetapkan prestasi pemecah rekor dibandingkan dengan yang sebelumnya. The 9 hari pameran dihadiri oleh 18 anggota GAIKINDO dan telah menarik lebih dari 200.000 pengunjung.
Sayangnya, krisis moneter memukul negara-negara Selatan Asia Tenggara termasuk Indonesia, telah memaksa Gaikindo untuk menunda pameran selama 3 tahun berturut-turut.
2000
Dunia rehabilitasi ekonomi telah membawa dampak positif bagi industri otomotif. Dan sekali lagi GAIKINDO menjadi tuan rumah pameran otomotif di tahun 2000. Pameran berubah nama lagi dari Jakarta Auto Expo Expo Gaikindo Auto. Diselenggarakan oleh PT penyelenggara pameran profesional. Dyandra Promosindo, Gaikindo Auto Expo tertutup total 20.000 meter persegi dari Jakarta Convention center, dan dihadiri oleh 115 perusahaan yang terkait otomotif
2001
2003
isuzu IAMI
Stand Isuzu
The Auto Expo Gaikindo 12 diadakan di 19 - 27 Juli 2003. Dihadiri oleh 150 perusahaan yang terkait otomotif, dan mencakup 35.000 meter persegi di Jakarta Convention Center. The Auto Expo ke-12 Gaikindo menarik lebih dari 180.000 pengunjung. Dari tahun pada Gaikindo Auto Expo mengatur hari VIP & Press. 10 hari pameran mencapai total transaksi sebesar 600 miliar rupiah.
2005
The Gaikindo Auto Expo ke-13 berlangsung pada 08-17 Juli 2005 di Jakarta Convention Center, yang mencakup 3000 meter persegi dari Jakarta Convention Center dan dihadiri oleh 152 perusahaan yang terkait otomotif. The Gaikindo Auto Expo ke-13 menarik total 161,089 pengunjung, dan total transaksi dari 1, 19 triliun rupiah, prestasi yang fantastis dibandingkan dengan transaksi di tahun sebelumnya, meningkat hingga 300%.
2006
Pameran mencapai platform baru dengan menjadi pameran berskala internasional didukung oleh OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles) sebuah organisasi internasional yang keanggotaannya terdiri dari 42 asosiasi perdagangan nasional di seluruh dunia, termasuk semua negara manufaktur mobil besar di seluruh dunia. OICA mempertahankan komite permanen yang melakukan kegiatan di 4 bidang utama: urusan teknis, kebijakan industri dan ekonomi, statistik industri, dan Komite Pameran Organisasi yang koordinat internasional bermotor menunjukkan seluruh dunia. Dengan pencapaian ini, pameran berubah nama menjadi The International Tampilkan 14 Indonesia Motor. Diselenggarakan pada 21-30 Juli 2006, pameran menarik 165,984 pengunjung
The Indonesia International Motor Show ke-16 diselenggarakan pada 19-28 Juli 2007, mendukung Hijau tema baik upaya Hidup mencerminkan industri otomotif Indonesia untuk mendukung perjuangan dunia melawan pemanasan global. The 9 hari pameran otomotif berskala internasional mencapai total transaksi 1,5 triliun rupiah. Didukung dengan program kegiatan dan hiburan, The Indonesia International Motor Show ke-16 menarik 167,030 pengunjung.
2008
Disahkan untuk waktu 2 oleh OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles), The Indonesia International Motor Show ke-17 berlangsung di Jakarta Convention Center 11-20 Juli 2008. Pameran meliputi 60,216 meter persegi daerah indoor dan outdoor JCC. Dihadiri oleh 161 perusahaan yang terkait otomotif, ini 10 hari pameran mencapai total transaksi 1,7 triliun rupiah. Dengan penambahan program ekstrem berbagai seperti Jalur Hard arena outdoor dan IIMS Tampilkan Mobil Audio, Indonesia International Motor Show ke-17 menarik 206,100 pengunjung.
2009

model IIMS
Pameran Otomotif Selalu dipenuhi dgn Model
The Indonesia International Motor Show ke-17 akan diadakan di 24 Juli-2 Agustus 2009. Dalam upaya untuk tetap progresif, tahun ini pameran akan mencakup area yang lebih besar sekitar 80.000 meter persegi Jakarta International Expo Kemayoran-. Mendukung tema "Drive For A Better Life", The Indonesia International Motor Show ke-17 diharapkan dapat menarik lebih dari 241,000 pengunjung, 800 jurnalis lokal dan internasional dan menarik lebih dari 300 merek di seluruh industri otomotif.
2010
Diadakan di 23 Juli-1 Agustus 2010, The Indonesia International Motor Show ke-18 masih mendukung tema hijau dengan "Eco-Technology Motoring". Meliputi lebih dari 57.000sqm wilayah nett, total 22 merek otomotif berpartisipasi dalam IIMS 2010. 10 hari pameran dihadiri oleh 282,331 pengunjung dan mencatat total transaksi lebih dari 2,5 miliar rupiah.
2011
Masih berlangsung di Jakarta International Expo, dan mencakup total lebih dari 63.000sqm wilayah nett, The Indonesia International Motor Show ke-19 diadakan di 22-31 Juli 2011. Mendukung "Sustainable Green Technology" sebagai tema utama, 32 merek otomotif berpartisipasi dalam IIMS 2011. Terlepas dari bencana alam yang struct kawasan Asia beberapa peserta memberikan yang terbaik di IIMS 2011 yang mengakibatkan 322,823 pengunjung datang ke pameran hari 10, dan IIMS 2011 berhasil mencapai total transaksi lebih dari 3,2 miliar rupiah.
2012
salah satu stand IIMS
Salah satu stand IIMS
The 20th Indonesia International Motor Show yang akan digelar pada 20-30 Septemberw 2012 diatur menjadi IIMS terbesar sepanjang tahun, dengan luas kotor total 70.000sqm IIMS 2012 lebih besar dari pameran otomotif lain di Asia Pasifik pada saat yang sama tahun. Dengan 33 merek otomotif, IIMS 2012 memiliki jumlah terbesar peserta merek dalam 3 tahun terakhir. Mendukung "Eco-Mobility" sebagai tema, IIMS 2012 diperkirakan akan mencapai target 350.000 pengunjung.
Bangkok Motor Show

bangkok motos show
Bangkok motor Show
Pameran ke-33 Bangkok International Motor Show baru-baru ini dibuka untuk umum setelah tahun sulit bagi Thailand dan industri otomotif pada tahun 2011 di mana banjir besar melumpuhkan negara karena mempengaruhi 65 dari 77 provinsi. Sebagai industri yang bergerak pada arah jalan untuk pemulihan, mobil utama dan produsen sepeda motor dan distributor, dan industri aftermarket mendukung acara tahun ini untuk memperkenalkan beberapa persembahan terbaru mereka berteknologi maju kepada masyarakat untuk menunjukkan bahwa industri otomotif Thailand benar-benar telah pulih.
Beijing Motor Show


Beijing International Automotive Exhibition atau Auto China merupakan pameran mobil yang diadakan dua tahun sekali di Beijing, Cina sejak tahun 1990. Ia kini telah menjadi salah satu dari tiga pameran otomotif terbaik di dunia [rujukan?] Bersama dengan Frankfurt (Frankfurt Motor Show) dan Detroit (North American International Auto Show). Saat ini China merupakan pasar otomotif terbesar dan tercepat pertumbuhannya di dunia.
Auto China 2010 yang digelar di China International Exhibition Center dari 23 April-2 Mei.
Anda pasti mengenal sedan ini. Ya, Honda Civic. Tapi, di China, diberi nama Dongfeng Honda CIIMO.

Dongfeng Honda CIIMO
Dongfeng Honda CIIMO


CIIMO diperkenalkan di Beijing Auto Show 2012. Katanya dikembangkan khusus oleh Dongfeng Honda R&D Center untuk pasar China.
Ditawarkan dalam pilihan transmisi otomatis dan manual. Memakai mesin 1,8 liter i-VTEC dengan konsumsi bensin 14,5 km/liter.
Mobil memiliki panjang 4,545 mm, lebar 1,755 mm, tinggi 1,450 mm, dan wheelbase 2,700 mm. CIIMO dilengkapi Anti-Lock Brake System (ABS) dengan Electronic Brake force Distribution system (EBD). Head restraint aktif sebagai fitur keselamatan yang melengkapi.
Harga CIIMO mendekati 1,44 juta yen atau Rp 162 jutaan di China. Murah Bukan dibandingkan Harga Civic di indonesia? 
Bristish Motor Show
The British International Motor Show diadakan secara rutin antara 1903 dan 2008, awalnya di London di Crystal Palace, Olympia dan kemudian Earl pengadilan sebelum pindah ke National Exhibition Centre di Birmingham pada tahun 1976 sampai tahun 2004. Kemudian kembali ke London untuk tahun 2006 dan 2008 di lokasi baru di Excel. The 2010 dan 2012 batal diadakan tanpa penjelasan. Acara ini diakui oleh Internationale des Constructeurs d'Organisasi Mobil
Sejarah

Model identik dengan automotif
model identik dengan automotif
Pertama diselenggarakan oleh Masyarakat Produsen Motor dan Pedagang (SMMT) diadakan di Crystal Palace, London pada tahun 1903, Pada tahun itu batas kecepatan naik dari 14 mil per jam (23 km / h) sampai 20 mil per jam (32 km / h) oleh motor Car Act 1903 dan dua tahun sebelum pembentukan Asosiasi Automobile The. Setelah peristiwa 1903 itu pindah ke Olympia di London selama 32 tahun ke depan sebelum pindah ke Earl pengadilan, London dari 1937 sampai 1976, kecuali untuk periode Perang Dunia II selama waktu tidak ada acara Pameran.
Dari tahun 1978 sampai 2004 itu diselenggarakan setiap tahun kedua di National Exhibition Centre (NEC), Birmingham, dengan acara 2004 yang diselenggarakan pada bulan Mei, agar tidak berbentrokan waktu penyelengaraannya untuk menghindari bentrokan dengan Frankfurt dan Paris Motor Shows.menunjukkan 2006 dan 2008 diselenggarakan kembali di ExCeL, London sebelum pembatalan 2010  dan 2012 menunjukkan akibat resesi Akhir 2000-an.
Motorfair, alternatif London pertunjukan diadakan di Earls Court dua kali setahun 1977-1999. Motorexpo, sebuah, kecil non-internasional pertunjukan dimulai pada tahun 1996 dan diadakan setiap tahun di Canary Wharf di London.
landrover
Landrover
2008 British International Motor Show diadakan di Pusat Pameran ExCel di Docklands London dari 23 Juli-3 Agustus dan merupakan Motorshow terakhir Internasional reguler Inggris. SMMT yang dipromosikan sebuah showcase semua-baru model terbaru kendaraan listrik. "Desa Electric Vehicle" membawa bersama-sama salah satu koleksi terbesar dari nol-emisi kendaraan yang pernah dilihat di Inggris, dengan tampilan lebih dari 20 kendaraan bertenaga baterai. Walaupun Mahal tetapi tetap didukung kinerja tinggi mobil listrik seperti GT petir dan Roadster Tesla.
Bologna Motor Show
Bologna Motor Show  adalah sebuah pameran mobil yang diadakan di Bologna, Italia, pada bulan Desember. Hal ini diakui sebagai sebuah pertunjukan internasional oleh Organisasi Internationale des Constructeurs d'Automobiles.
Alfa romeo
Alfa Romeo

Acara 2009 diperpendek menjadi lima hari karena crise ekonomi dalam industri otomotif, dan dijalankan 4-08 Desember 2009.
Acara 2010 dijalankan 02-04 Desember 2010.
The 36 Bologna International Motor Show berlangsung di BolognaFiere, Bologna, Italia dari 3 sampai 11 Desember 2011. Kamis 1 Desember akan disediakan untuk anggota pers dan Jumat 2 Desember disediakan untuk anggota pers dan profesional perdagangan.
The Bologna 37th International Motor Show berlangsung 5-9 Desember 2012.
Moscow Motor Show
The Moscow International Motor Show atau MIMS (Rusia: Московская Международная Автомобильная выставка «Мотор Шоу») adalah Autoshow tahunan di Moskow, Rusia. Ini juga mencakup Pameran Automechanika Tahunan suku cadang mobil dan komponen.


An AvtoVAZ project presented at MIMS 2006
An AvtoVAZ 
project presented at MIMS 2006
Sejarahmya:
Motor show pertama terjadi di Moskow pada tahun 1992 di "Krasnaya Presnya" Expocentre.
Edisi ke-16 dari MIMS didukung oleh Automechanika Pameran berlangsung pada bulan Agustus 2012, menampilkan berbagai suku cadang mobil, komponen, dan peralatan untuk servis kendaraan. Lebih dari 1.000 perusahaan dari 34 negara termasuk di antara para peserta, termasuk Bosch, Delphi, Denso, yang Wynn, Tenneco, Mahle GmbH, Fenox, KYB, Mann + Hummel, GAZ. Penyelenggara Меssе Frankfurt RUS dan ITE Moskow. MIMS juga memiliki banyak seminar dan presentasi oleh produsen avtoparts '.
Madrid Motor Show


SEAT Ibiza Mk4 (6J)
SEAT Ibiza Mk4 (6J)
Madrid International Auto Show (Salón Internacional del Automóvil de Madrid di Spanyol)  diadakan dua tahun sekali (bahkan pernah diadakan setahun sekali) pada bulan Mei di Madrid, Spanyol, yang bergantian dengan Motor Show Barcelona. Hal ini tidak diakui sebagai acara internasional utama oleh Organisasi Internationale des Constructeurs d'Automobiles, Walau engak Terlalu Penting tapi sering nya Madrid Motor show menjadi pameran penutup tahun buat produsen otomotif eropa.
Beberapa Merk produk dari Spanyol yang terkenal diantaran Merk Seat, Abadal, Authi, Barreiros, Biscutter, Elizalde, Enasa, Eucort, Hispano-Suiza, Kapi etc.
Hispano Car
Hispano-Suiza 1924 H6B ultra-luxurious automobile.
Salah Satu Produk Tertua dari Industri Otomotif Spanyol
Dubai Motor Show
The Dubai International Motor Show adalah bi-tahunan auto show yang diselenggarakan di Emirat Dubai, di Uni Emirat Arab. Karena tingginya minat mobil mahal di Dubai, itu menarik mobil utama banyak manufaktur, perusahaan tuning dan perusahaan terkait lainnya, termasuk produsen utama mobil super.
Bugatti Veyron 16.4
Bugatti Veyron 16.4
Mobil Mahal yang Laris Seperti menjual Kacang Goreng Di Dubai
Lamborghini, Bugatti, Ferrari, Porche dan mobil mobil Super Car Biasanya menjadi Pelanggan Tetap di Dubai motor Show,
Masih ada Beberapa Pameran mobil kecil yang Lain Seperti 
Esen Motor Show ( Kota DiJerman)
Qatar Motor Show
Australian Motor Show
Brussels Motor Show
Semoga Bermanfaat

Hal Hal yang Perlu Diperhatikan Waktu Berkendara

Mengemudi Mobil

Berkendara dengan mobil adalah memindahkan kendaraan tersebut dari satu tempat ke tempat lainnya dengan aman, selamat dan se-efisien mungkin tanpa terjadi kesalahan/ masalah.

persiapan berkendara
Persiapan Berkendara
Karena setiap kita berkendara tersebut, resiko terjadinya, kesalahan yang mungkin menyebabkan kecelakaan selalu ada, dan resiko tersebut tidak dapat dihilangkan namun dapat kita minimalkan serta terkadang resiko tersebut tidak seperti yang kita bayangkan bahkan terkadang lebih buruk.

Untuk meminimalkan resiko berkendara dengan mobil, kita harus mempunyai keahlian dan keterampilan berkendara serta pengalaman tinggi yang mengacu pada standar Nasional (UULAJ no 22/2009 dan SNI) yang berlaku disertai dengan Sikap dan Perilaku yang benar dan bertanggung jawab. Selain Sikap dan Perilaku kita dijalan, ada beberapa faktor penunjang yang mempengaruhi keselamatan kita dijalan, diantaranya adalah kondisi Kendaraan kita sendiri.

Pemeriksaan Kendaraan sebelum Menghidupkan Mesin

  • Lakukan pemeriksaan awal kendaraan sebelum menghidupkan mesin (melakukan engine start), meliputi pengecekan lampu indikator, tekanan angin ban, pemeriksaan bagian bawah untuk mengecek tanda-tanda kebocoran oli, termasuk minyak rem.
  • periksa kendaraan anda
    Periksa Kendaraan Anda
  • Berat beban diangkut tidak hanya mempengaruhi konsumsi bahan bakar, namun juga kestabilan mobil tersebut. Untuk itu, ada baiknya mengeluarkan barang-barang yang tidak diperlukan dari dalam mobil. Jika di mobil terdapat roof rack dan tidak sedang digunakan, sebaiknya dilepas. Tetapi, jika Anda menggunakannya untuk membawa barang sebaiknya berkendara dengan kecepatan rendah untuk mengurangi resiko oleng dan menghindari jatuhnya barang-barang bawaan.
  • Pastikan untuk selalu menggunakan sabuk pengaman ( safety belt ) sepanjang perjalanan, dan jangan lupa mengencangkannya. Umumnya orang menggunakan safety belt dengan alasan untuk menghindari sanksi tilang dari petugas polisi. Padahal hal ini dapat melindungi pengguna sabuk tersebut dari cedera lebih berat saat terjadi kecelakaan. Cara memakai safety belt dengan benar yaitu silangkan safety belt dari tulang bahu ke pinggul sebab kedua tulang tersebut paling kokoh di tubuh manusia.
  • Sesuaikan posisi spion depan dan samping, sehingga pengemudi dapat melihat semua sudut pandang secara optimal. Pasalnya, setiap mobil pasti memiliki blind spot area (area yang tidak terlihat pengemudi), sebaiknya lakukan head check atau menengokkan kepala sesaat sebelum pindah jalur atau berputar.
Posisi jam 3 dan 9 di setir
Posisi jam 3 dan 9 di setir
  • Perhatikan juga posisi yang ideal dalam memegang setir. Posisikan kedua tangan berada di posisi jam 3 dan 9, karena jika terjadi kecelakaan, airbags (kantong udara) akan mengembang diantara kedua tangan. Selain itu, dapat menyalakan tuas lampu belok maupun wiper dengan jari bukan dengan tangan.
  • Hilangkan kebiasaan buruk saat mengemudi seperti merokok, menerima atau melakukan panggilan telepon, makan, minum atau bahkan mengobrol. Karena bila dilakukan, hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi mengemudi. Tetapi jika keadaan mendesak, sebaiknya pengemudi berhenti sejenak di tempat aman atau memastikan telepon selular yang digunakan terhubung dengan hands-free.
  • Selalu Patuhilah dan waspada terhadap peringatan rambu rambu lalu lintas, yang mengabarkan kondisi jalan, tidak ada salahnya bila anda mencoba untuk mempelajari simbol simbol dan arti dari rambu rambu dijalan raya.

Hal Hal yang Perlu Diperhatikan Waktu Mengemudi


Waspada Jalanan Curam dan Tanjakan
Waspada Jalanan 
Curam dan Tanjakan
  • Hindarai jalan yang terlalu cepat. Pada saat menuruni lereng, berhati hatilah jangan sampe mesin berjalan terlalu cepat, anda dapat mengunakan daya mesin untuk membantu pengereman mobil, dengan cara menurunkan gigi verneling, (sedang untuk Mobil matic anda bisa memindah kan gigi pada no 2 atau 1 bila terlalu curam). Pada waktu jalanan menurun dengan tajam dan medan yang panjang jangan menginjak terus rem anda, beri jeda isitirahat pada rem ( berguna untuk memberikan istirahat pada rem dan mencegah panas berlebih yang bisa mengakibatkan kegagalan pengereman) kombinasikan dengan pengoperan di gigi yang rendah. Demikian juga waktu menghadapi jalanan menanjak selalu operlah gigi mobil anda sesuai dengan keperuntukannya agar tidak membebani mesin.
  • Apabila terdengar bunyi-bunyian aneh dan tidak wajar (tidak biasanya) pada mobil. atau tercium bau tidak wajar ( terbakar dll) segeralah menghentikan kendaraan dan periksa untuk mengetahui penyebabnya. Ingat jangan berhenti sembarangan dijalan, carilah jalan yang benar benar ama baik untuk mobil anda ataupun untuk pengemudi yang lain.
  • Berhentilah di tempat yang aman
    Berhentilah di tempat yang aman
  • Selalu Waspadalah terhadap Instrumen2 di dasboard mobil anda, instrumen itu diciptakan buakan buat gaya gayaan atau estetika itu adalah nyawa daei sebuah kendaraan, Misal ketika Indikator Olie menyala, brarti ada yang tidak beres dengan olie mesin anda ( mungkin bisa olie berkurang atau pompa olie gagal bekerja dll) . segera hentikan kendaraan untuk memeriksa dan memberi penanganan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.
  • Hindari mengoperasikan mesin dengan kasar (sentakan), mengerem dengan kasar dll, Jangan Membiasakan mengendarai dengan kaki menempel pada tuas kopling, atau sering sering pakai setengah kopling bila jalan menanjak, ini akan mengakibatkan Usia plat kopling menjadi lebih pendek.
  • Dianjurkan untuk menjaga jarak aman, sediakanlah selalu ruang yang cukup antara mobil di depan, samping dan belakang. Dalam hal ini, jangan mengikuti terlalu dekat sebab kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kemudian. Semakin banyak ruang semakin banyak waktu tersedia untuk bereaksi. Menjaga Jarak aman antara kendaraan saat beriringan adalah sekitar 3 detik.
  • Pastikan mobil anda sudah disiapkan untuk menghadapi cuaca buruk yang mungkin terjadi. Gunakan tanda peringatan pada saat di dekat persimpangan. Usahakan sedapat mungkin untuk tetap berada dalam satu jalur. Hindari merubah jalur yang tidak perlu. Tetap menggunakan dua tangan anda untuk menyetir dan dua mata selalu tetap mengamati jalan.
Keadaan Kempis Ban
Keadaan Kempis Ban
  • Pada Waktu Mogok atau Ban Kempis selalu carilah tempat yang aman, apalagi keadaan darurat dan mobil tidak bisa dipindahkan selalu pasanglah segitiga pengaman untuk memberitahu pengendara yang lain, jangan lupa hidupkan lampu hazard, Bila anda mogok kira kira dalam jangka waktu yang lama, tidak ada salahnya mengambil dedaunan atau Barang lalu pasang di tempat kejauhan agar pengendara yang lain bisa melihat situasi darurat anda.

Semoga Bermanfaat 

Mengenal WHEEL ALIGNMENT (Spooring)

WHEEL ALIGNMENT


Proses Wheel aligment
Proses Wheel aligment
Kata wheel aligment mungkin masih aneh atau mungkin janggal terdengar di telinga kita, apakah itu wheel alignment? Tetapi bila mendengar kata spooring mungkin lebih Sering dan lebih kita sebutkan. Sebenarnya wheel aligment merupakan kata lain dari spooring. Spooring atau wheel aligment ini pada dasarnya merupakan proses setting keempat roda supaya kembali pada posisi dan setelan normalnya dan handling menjadi lebih baik. Karena pada keempat roda ini rentan terjadi perubahan geometri maupun posisi yang membuat pengendalian dan kenyamanan kendaraan menjadi berkurang, nah spooring inilah yang mengembalikan kenyamanan dan handling seperti biasanya.  Pada proses spooring biasanya ada 3 hal yang sangat diperhatikan yaitu  CAMBER, CASTER dan TOE, karena sebelum melakukan penyetelan maka roda dicek dan dilihat seberapa jauh melenceng dari standar pabrikan nah ketiga hal inilah biasanya yang lebih diutamakan daripada setelan yang lain.
Mari Kita Lebih Lanjut Mempelajari Apa Itu CAMBER, CASTER dan TOE
CAMBER
Camber adalah kemiringan roda  bagian atas kearah dalam/ luar terhadap garis sumbu vertikal jika kendaraan kita lihat dari depan. Besar sudut kemiringannya diukur dalam  derajat. Bila   kemiringan roda bagian atas ke arah luar disebut camber positif.  Bila sudut camber positif terlalu besar mengakibatkan keausan roda terjadi pada bagian luar roda.
Camber positif menyebabkan pengemudian menjadi ringan
Chamber
Chamber
Bila kemiringan roda bagian atas kearah dalam disebut camber negatif.

Camber negatif membuat kendaraan cenderung lurus dan stabil.  Bila sudut camber negatif terlalu besar mengakibatkan keausan roda terjadi pada bagian dalam roda. Camber negatif menyebabkan pengemudian berat. Camber negatif menyebabkan efek kebebasan bantalan roda bertambah dan dapat memperbesar momen bengkok spindle.
Bila garis tengah roda sejajar dengan garis sumbu vertikal,maka disebut camber 0.
Camber 0 dapat mencegah keausan ban yang tidak merata. Camber 0 menyebabkan stabilitas pengemudian berkurang, menyebabkan getaran pada roda kemudi besar dan tidak stabil.
Lebih Jelasnya Bila Roda berposisi seperti
/   \  = Camber Negatif ( Ban Aus ditelapak bagian dalam)
\   /  = Camber Positif ( Ban akan aus dibagian Luar )
!   !  = Camber Nol

CASTER

CasterCaster adalah kemiringan steering axis bagian atas kearah depan atau belakang terhadap garis sumbu vertikal bila dipandang dari samping kendaraan.

Saat jalan lurus caster berfungsi menggerakkan roda tetap stabil dalam posisi lurus walau roda kemudi dilepas dan pada saat kendaraan membelok ban menopang pada permukaan jalan dengan baik.

Trail adalah jarak antara dari titik potong garis tengan steering axis dengan jalan dan titik pusat singgung ban dengan jalan.
Caster positif adalah bila kemiringan steering axis bagian atas ke arah belakang.
Kendaraan pada umumnya menggunakan caster positif karena menghasilkan kestabilan kendaraan saat berjalan lurus dan daya balik kemudi setelah membelok.

TOE-IN dan TOE-OUT

Adalah perbedaan antara jarak bagian depan dan jarak bagian belakang roda kanan dan  kiri bila kendaraan dilihat dari atas.
Bila bagian depan roda lebih kecil ke arah dalam dari pada bagian belakang roda (dilihat dari atas), ini disebut toe-in. sebaliknya susunan yang berlawanan disebut toe-out.
Bila bagian depan roda sama dengan bagian belakang roda,disebut toe-0
Toe in Toe Out


Beberapa Istilah Lain yang sering Kita Dengar

Steering Axis Inclination (Kingpin Inclination)

Steering axis adalah garis sumbu tempat roda berputar saat berbelok kekiri atau kekanan dan bisa digambarkan antara bagian atas dari shock absorber upper support bearing sampai lower suspension arm ball joint. Steering axis inclination adalah kemiringan steering axis bagian atas ke arah dalam bila dipandang dari depan kendaraan.Steering axis inclination juga menghasilkan daya balik kemudi dengan cara memanfaatkan berat kendaraan.

Offset (Nilai ET) 

adalah jarak antara titik potong steering axis dengan jalan dan titik potong garis tengah ban dengan jalan. Offset yang lebih kecil akan membuat kemudi menjadi lebih ringan dan kejutan akibat pengereman dan percepatan berkurang. tapi kestabilan menjadi berkurang. dan sebaliknya
Negatif dan Positif offset
Negatif dan Positif offset
Dari Gambar 
Menandakan seberapa besar permukaan tengah velg menjorok ke dalam atau ke luar. Hal itu ditandai dengan bilangan angka plus kode berjuluk ET. Semisal ET25, ET45, dan seterusnya. Semakin kecil angka maka penampang tengah velg makin celong ke dalam dan bibir velg lebar. 

"Kalau dipasang, velg jadi makin ke luar fender," Sebaliknya, semakin besar angka, penampang tengah makin ke luar dari bibir velg. Berarti, posisi velg masuk ke dalam fender.

PCD (pitch circle diameter)

Ukuran yang berkaitan dengan diameter pola baut roda. Pengukurannya dengan mengambil titik terlurus dari masing-masing lubang baut roda. 
Bila 4 baut yang diukur antara titik berseberangan dan satuan milimeter. 
Kalau 5 baut, penarikan garis PCD ada di antara dua titik lubang baut yang ada di seberang lubang baut roda yang ditarik ukurannya,
Kalau 6 Baut Macam Isuzu Panther Jenis Kapsul (TBR 541) dan SUV2 maka yang diukur tentunya jarak terjauh.
Jarak PCD
Jarak PCD
Contoh Contoh pemakaian di mobil.  Dari ukuran itu, didapat angka paling standar 100 mm buat mobil-mobil kebanyakan. Maka disebutnya PCD 100. Untuk mobil-mobil MPV dan light-SUV, PCD-nya 114,3 mm, sedangkan sedan kecil dan hatchback, seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, atau Chevrolet Aveo, ber-PCD 100. Kalau keluarga Mercedes 112, BMW 120, dan SUV yang besar 6 Lobang Misal Isuzu Panther TBR-541  139,7.
Semoga Bermanfaat