Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Independent Suspension

Suspensi Independen

Suspensi independen adalah istilah untuk sistem suspensi mobil yang memungkinkan setiap roda pada poros yang sama untuk bergerak secara vertikal (yaitu bereaksi terhadap gundukan di jalan) independen ( bebas ) tidak bergantung satu sama lain. Perhatikan bahwa "independen" mengacu pada gerakan atau jalur pergerakan roda / suspensi. Adalah umum untuk sisi kiri dan kanan dari suspensi untuk dihubungkan dengan anti-roll bar atau mekanisme seperti lainnya. Dewasa ini hampir semua kendaran Penumpang mengunakan Suspensi Independen di roda depan, dan beberapa diantaranya sekarang malah sudah mengunakan independen juga diroda belakangnya.
Ada banyak tehnologi suspensi yang digunakan diantaranya adalah:
  • Swing axle
  • Sliding pillar
  • MacPherson strut 
  • Upper and lower A-arm (double wishbone)
  • Multi-link suspension
  • Trailing arm suspension
Swing Axle
swing axle
Swing Axle
Swing axleadalah tipe sederhana suspensi independen yang dirancang dan dipatenkan oleh Edmund Rumpler pada tahun 1903. Ini adalah penemuan revolusioner di industri otomotif, yang memungkinkan roda untuk bereaksi terhadap penyimpangan dari permukaan jalan, Aplikasi Kendaraan pertama digunakan pada Rumpler Tropfenwagen (yang kemudian ditiru oleh Mercedes 170), Superior Standard dan Volkswagen Beetle. Ayunan jenis inipada awalnya digunakan pegas daun dan peredam kejut (shock absorber). Selain itu juga  juga digunakan dalam pesawat generasi awal ( th 1910 atau sebelumnya), seperti Sopwith dan Fokker.
Sliding Pillar
sliding pillar
Sliding Pillar
Sliding Pillar merupakan bentuk suspensi independen untuk mobil ringan. Dimana poros dan perakitan roda melekat pada tiang vertikal atau yang bisa bergeser keatas dan ke bawah (seperti rel), Selain bergerak keatas dan kebawah juga diberi gerakan memutar.
Suspensi Sliding pilar independen pertama kali digunakan oleh Decauville pada tahun 1898, tercatat pertama contoh suspensi depan independen pada kendaraan bermotor. 
suspensi sliding pilar juga telah digunakan oleh beberapa produsen cyclecar, pembuat Tracta Perancis, dan beberapa kendaraan prototipe.

MacPherson strut

Basic MacPherson strut
Basic MacPherson strut 

Pada tahun 1949 Earle S. MacPherson mempatenkan MacPherson strut. Suspensi MacPherson strut adalah sistem suspensi depan yang paling banyak digunakan, terutama dalam mobil asal Eropa. Suspensi MacPherson strut menggabungkan shock absorber dan coil spring menjadi satu kesatuan. Hal ini akan mengakibatkan sistem suspensi yang lebih kompak dan ringan yang dapat digunakan untuk kendaraan front-wheel drive. karena desain lebih sederhana maka suspensi ini ongkos produksi/ pembuatannya murah. dibandingkan dengan suspensi model double wishbone atau multi link, Selain itu karena sederhana maka membuat kendaraan lebih kompak karena tidak terlalu banyak makan tempat. Sehingga banyak digunakan untuk kendaraan berpenggerak front wheel drive. Sedangkan Kelemahannya karena hanya ditopong langsung oleh shockabsorber maka handling dan getaran akan langsung tersa di pengemudi, walau dewasa ini pihak perancang dari pabrikan sudah berusaha memperbaiki kekurangan tersebut. 

Upper and lower A-arm (Double wishbone)



Suspensi Double Wishbone
Suspensi Double Wishbone
Suspensi Double Wishbone, juga dikenal sebagai suspensi A-lengan, adalah jenis umum lain suspensi independen depan.

Meskipun ada beberapa kemungkinan konfigurasi yang berbeda, desain ini biasanya menggunakan dua lengan berbentuk wishbone untuk memegangi roda. Setiap wishbone, yang memiliki dua posisi mounting frame dan satu di roda,  shock absorber dan coil spring digunakan untuk menyerap getaran. Suspensi double wishbone memungkinkan kontrol yang lebih besar atas sudut camber roda, Suspensi ini lebih stabil, dan sedikit efek goyang yang akhirnya memberikan  kemudi lebih konsisten (pure handling). Dengan karakteristik ini, Suspensi double-wishbone sekarang secara umum telah dipergunakan pada mobil-mobil terutama mobil yang berdimensi lebih besar.

Multi-link suspension

multi link
Multi Link
Suspensi multi-link adalah suspensi yang menggunakan tiga atau lebih lengan lateral, dan satu atau lebih lengan memanjang. Definisi yang lebih luas menganggap setiap suspensi independen memiliki 3 kelompok kontrol atau lebih multi suspensi-link. Lengan ini tidak harus dengan panjang yang sama, dan dapat berbentuk asimetris. 
Biasanya setiap lengan memiliki sendi bola (ball joint) atau bushing karet pada setiap ujung ujung sendinya. Beberapa desain multi-link memang menggunakan lengan wishbone, yang memiliki dua ring di salah satu ujungnya. Pada suspensi depan salah satu lengan lateral digantikan oleh tie-rod, yang menghubungkan kemudi dengan hub roda.

Trailing arm suspension


 Trailing Arm Suspension
Trailing Arm Suspension
Suspensi trailing arm, kadang-kadang disebut sebagai trailing link adalah desain suspensi di mana satu atau lebih lengan (atau "link") menghubungkan as roda dan sasis. Suspensi ini biasanya digunakan pada as roda belakang. Seperti yang digunakan pada Citroën 2CV, memiliki lengan menghubungkan as roda dan sasis.

Desain Trailing arm dalam pembuatan poros bergerak sering hanya menggunakan dua atau tiga link dan batang Panhard untuk sebagai roda lateral. Setiap hub roda terletak, lengan sekitar segitiga yang berporos pada satu titik, di depan kemudi. Trailing Arm juga dibagi lagi menjadi beberapa diantaranya semi trailingSebuah lengan suspensi semi-trailing adalah suspensi independen di mana setiap hub roda terletak yang berporos pada dua titik. Trailing arm suspensi biasanya digunakan untuk roda belakang kendaraan. Coba anda mencari Mobil VW Beetle (VW Kodok) dan intiplah suspensinya, dia mengunakan sistem Trailing Arm.

Semoga Bermanfaat

Underster & Overster

Understeer & Oversteer
Sering Kali Kita kalau membaca buku otomotif atau referensi test jalan sebuah mobil akan sering mengenal kata Understeer dan Oversteer, Sebenarnya apa sih arti keduanya, Ayo kita bahas bersama sama apa maksud keduanya.

Underster 

Adalah perubahan pembesaran sudut kemudi akibat dengan perubahan percepatan
underster
Underster
lateral yang mengakibatkan kendaraan menjauh dari bidang melingkar yang seharusnya. Understeer terjadi ketika traksi hilang di roda depan saat menikung, memaksa Anda melebar di tikungan meskipun menerapkan sudut kemudi yang benar. (Bahasa Teknis Sedikit membingungkan) Pada Intinya Ketika anda memasuki tikungan misalnya tikungan kekiri, Maka yang dinamakan Underster adalah mobil akan bergerak menjauh dari belokan yang semestinya. atau mobil terasa akan berjalan lurus kedepan padahal sebenarnya anda sudah membelokkan kemudi kekiri.

Menghindari understeer.

Tikungan Tempat Terjadinya  Oversteer & Understeer
Tikungan Tempat Terjadinya
Oversteer & Understeer
Potensi kerugian dari understeer adalah mobil dapat keluar dari jalan. Tetapi untungnya, dalam keadaan darurat cukup mudah untuk mengatasinya. Anda dapat memperlambat kendaraan sehingga traksi yang dapat dikembalikan.
Untuk menghindari keadaan understeer Anda dapat berkendara dengan halus ketika memasuki tikungan, lalu baru mempercepatnya ketika Anda keluar dari tikungan, jangan menambah putaran stir atau malah mengerem, mengurangi putaran roda kemudi sampai ban mencengkeram lagi. 
Modifikasi mengurangi Understeer
  • Kurangilah tekanan angin roda ban depan.
  • Memasang Anti Roll bar
  • Mengunakan Ban depan dengan nilai Tread Wear Index yang lebih kecil ( memakai ban berkompon lebih lunak)
  • Anda dapat memasang piranti aerodinamis yang menambah efek menekan di bagian depan.

  • Oversteer

    Oversteer
    Oversteer
    Sedangkan Overster adalah kebalikan dari Underster, bila pada underster mobil akan keluar jalur sementara dalam oversteer mobil akan membelok melebihi yang seharusnya kita perintahkan. Tetapi dalam kehidupan sehari hari kita jarang sekali mengalami kejadian oversteer. Mengapa demikian karena memang dari sananya konstruksi dan perancangan sebuah mobil memang dirancang untuk dalam keadaan understeer. Anda dapat mulai merasakan oversteer, ketika bagian belakang kendaraan menjadi tidak stabil dan terasa 'ringan' karena kurangnya grip dan mobil mulai memutar sehingga pengemudi menghadap ke bagian dalam sudut putar. 
    Menghindar Oversteer
    • Jangan memasuki tikungan dengan terlalu cepat.
    • Ketika mobil berada di jalur menikung jangan mempercepat kendaraan dengan agresif.
    • Jangan melakukan pengereman dengan kuat waktu berada di tikungan. kecuali mobil anda dilengkapi dengan ESP.
    • Apabila sudah terjadi gejala oversteer anda dapat melakukan kontra kemudi. (seperti bila anda melihat mobil waktu drift, terlihat ketika mobil belok kekiri tetapi malah roda depan membelok kekanan)
    • Kurangi Injakan pedal gas segera (bila mobil anda berpenggerak roda belakang).
    • Tambahkan injakan pedal secukupnya (bila mobil anda berpenggerak roda depan).

    Semoga Bermanfaat

    Econo Driving

    Econo Driving

    Pusing? Mobil Anda
    BOROS BBM?
    Sering kali kita banyak mendengar keluhan dan komentar dari para pemilik mobil, diantaranya adalah, 
    Mobil saya didalam kota FC nya cuman 1lt/5km atau 1lt/6km, Padahal mobil Teman saya jenisnya sama bisa 1lt/8km, 


    Apakah ini Normal dengan mobil saya? 
    Apakah terjadi masalah dalam mobil saya?
    Apakah ada cara untuk mengiritkan mobil saya?
    Apakah mobil Perlu diservis dan disetel khusus? 

    Sangat Sulit untuk menjawab pertanyaan itu. karena begitu banyak variable yang mengatakan sebuah mobil itu boros atau tidak
    karena kita membicarakan dengan faktor perbandingan dan setiap orang memiliki kriteria sendiri, kadang ada orang yang menganggap FC 1:6 adalah wajar, sedang ada yang beranggapan irit itu harus diatas 1:14 dan sebagainya, Boros dan Irit Pada sebuah mobil melibatkan banyak sekali faktor diantaranya: 
    1. Ukuran mesin = makin besar cc mesin pada tehnologi yang sama tentunya akan makin boros karena tenaga yang dihasilkan lebih besar,
    2. Tehnologi Mesin = makin canggih mesin biasanya efisiensi tentu makin besar, dengan efisiensi yang lebih baik tentunya tenaga yang dihasilkan lebih besar dan bbm makin irit.
    3. Dimensi mobil = Mobil makin besar tentunya makin boros bahan bakar karena dia mengendong berat yang lebih,
    4. Faktor cuaca = Mengemudi mobil dalam kondisi cuaca siang hari yang terik dan malam hari tentunya FC ( Fuel Consumtion) tentunya akan berbeda.
    5. Faktor eksternal = bisa itu kondisi jalan, kemacetan dan Tanjakan dan lain-lain.
    6. Modifikasi = Mobil yang dipasang banyak modifikasi dan variasi tentunya akan mempengaruhi FC secara keseluruhan, misalnya pengantian Ban dari ukuran standart, pemasangan tanduk dan lain-lain yang menambah berat kendaraan dan lain-lain. 
    7. Maintenance = mobil yang selalu dirawat tentunya akan berbeda konsumsi FC secara keseluruhan.
    8. Cara Mengemudi  menentukan juga FC
      Cara Mengemudi
      menentukan juga FC
    9. Faktor Pengemudi =  Gaya Pengemudi yang Ugal Ugalan dan  yang menerapkan Econo Driving tentunya akan berpengaruh besar pada FC mobil.
    Faktor Faktor diatas (no.1-7) itu adalah faktor yang sulit untuk kita rubah, dalam arti misalkan kita terjebak kemacetan ya begitulah. Sedangkan no.8 yang merupakan Faktor Pengemudi bisa kita latih dan kita terapkan sehari hari, Menurut beberapa penelitian Prilaku Econo Driving bisa menghemat 10-50% dari Konsumsi Bahan bakar. Sangat besar bukan? Misal mobil anda FCnya 1lt / 6km mungkin dengan menerapkan Econo driving mobil anda bisa menjadi 1lt/ 8km.
    Yang menjadi pertanyaan bagaimanakah caranya menerapkan Econo Driving ? 

    Dibawah ini beberapa Tips yang mungkin bisa anda terapkan untuk memperbaiki konsumsi BBM kendaraan anda:

    • Memanaskan mesin terlalu lama = Cobalah untuk merubah kebiasaan buruk ini, Mesin memang membutuhkan warming Up tapi cukup 1-2 menit saja, atau kalau pada mesin sekarang ketika auto choke nya sudah ngak bekerja ( mesin sudah kembali menjadi stationer saat itulah mesin sudah bisa digunakan ). Kalau pada mesin Jadul Cukup Lihat indikator Suhu di Dasboard sekiranya dia sudah mulai bergerak naik brarti itu mesin sudah panas siap bekerja.
    • Menginjak pedal gas dengan mendadak dan sangat dalam = Memang sangat mengasikkan mengemudi ala Koboi di jalan, dengan menyalip mobil lain dengan Full Power, atau melakukan Kick Down karena panas dengan mobil lain. Hal ini sangat tidak bijak untuk keselamatan anda dan sangat berpengaruh pada konsumsi Bahan Bakar.
    • Menjalankan Kendaraan dengan tidak konstan = sering mengegas mendadak atau menambah kecepatan lalu mengurangi pedal gas itu juga membuat boros BBM, Usahakan bila anda melaju di jalan bebas hambatan selalu gunakan kecepatan konstan dan bila ingin menambah kecepatan injaklah pedal gas dengan halus. biarkan mesin berakselari dengan smooth.
    • Berhenti mendadak = Melakukan pengereman mendadak selain membahayakan juga akan memboroskan bahan bakar. kecuali keadaan darurat.
    • Menjalankan Mesin dengan putaran Tinggi = Pemakaian Mobil selalu di RPM tinggi tentunya hanya akan membuang BB dengan Sia Sia, Selalu jalankan mobil di RPM yang ekonomis, yaitu diseputaran angka Torsi maksimum dari mobil anda, Karena pada Putaran mesin di angka Torsi Maksimum berarti pada putaran tersebut Mesin terjadi Efisiensi Maksimum. Misal mobil anda Diesel maka jalankanlah RPM di sekitar 2000-3000 RPM, Sedang untuk mobil Bensin bisa anda Jalankan pada RPM disekitar 2000-4000 RPM, anda dapat memeriksa torsi maksimum mobil anda di brosur Spesifikasi atau di buku pedoman pemilik mobil anda.
    • Tidak memakai Engine Brake. Gunakan Engine brake untuk membantu pengereman kendaraan, selain lebih aman anda juga bisa menghemat usia sepatu Rem, Terutama untuk jalanan Menurun yang panjang maka ingat gunakan rem dengan bijak dan selalu gunakan Engine brake. ( anda Ingat kasus mobil Listrik Tuxuci punya Mentri Dahlan Iskan Bukan ) yang Remnya Blong karena mobil hanya mengunakan Rem saja sehingga terjadi panas yang berlebihan sehingga menyebabkan kegagalan unit rem. mengerikan bukan?
    • Selalu Gunakan Gigi verneling sesuai dengan kecepatan yang disyaratkan, jangan pakai high RPM atau Kecepatan Rendah dengan memakai gigi tinggi.
    • Untuk Mobil Diesel karena Bertorsi besar, anda bisa memulai start dari Gigi 2 engak perlu dari gigi 1. terutama bila mobil anda kosong tanpa muatan. 
    • Untuk Mobil Matic, ada baiknya ketika kondisi macet setelah berhenti anda menetralkan gigi lalu pasang hand rem agar unit transmisi tidak bekerja (efek Creep effect

    Semoga Bermanfaat

    Powered Sliding Door ( PSD )

    Powered Sliding Door ( PSD )

      Daihatsu Ultra Functional Compact  (UFC) With Sliding Door
    Daihatsu Ultra Functional Compact
    (UFC) With Sliding Door
    Akhir akhir ini Mobil dengan Pintu Geser atau Sliding Door kembali populer, Setelah Era jaman Daihatsu Espass.
    Pintu Geser menawarkan keuntungan lebih dibandingkan Pintu tradisional seperti:

    • Bukaan yang lebih lebar, 
    • Fleksibilitas di tempat parkir yang sempit,
    • Lebih aman karena waktu membuka di daerah keramaian tidak membahayakan orang lain, (masih ingat kan Tragedi Orang yang meninggal karena menabrak Pintu Mercedes yang tiba2 dibuka pemiliknya/  
    • Dan untuk versi mobil mobil premium ( kelas atas ), lebih mewah dan menghemat tenaga.

    Dewasa ini Terdapat dua jenis Pintu Sliding.

    - Manual.
    - Powered Sliding Door (PSD)
    Mekanisme kerja keduanya sama, pintu tidak menggunakan engsel untuk membuka, melainkan menggunakan tiga buah rel pada bagian atas, tengah, dan bawah rangka mobil. Rel ini, terutama rel di tengah badan biasanya di samarkan pada bagian bawah kaca belakang atau didesain menyatu dengan badan.
    Sedangkan Untuk yang versi PSD, pintu dapat dioperasikan secara elektris dengan tombol yang dapat terletak di Door Trim, pilar B, dan Door handle baik di luar maupun dalam. Sebuah motor listrik akan menggerakkan roda dalam masing2 rel untuk menggerakkan pintu. Biasanya, PSD ini dapat menutup dan membuka pintu secara otomatis maupun manual (biasanya ada tombol untuk mematikan fungsi elektris di dashboard).

    Beberapa hal yang harus diperhatikan agar pintu geser tidak cepat rusak adalah:

    Penumpang Keluar Masuk
    Lebih Leluasa
    1. Jangan memaksa atau mempercepat laju pintu geser saat sedang aktif. Beberapa mobil premium memiliki sensor untuk mendeteksi halangan, bahkan pintu dapat berhenti sendiri saat tangan menyentuh door handle.
    2. Usahakan tidak terlalu sering menggunakan model otomatis ketika mesin mati karena aki bakalan terkuras dengan cepat.
    3. Untuk pintu otomatis, dibuka dengan menekan tombol atau menarik pegangan. Namun saat menarik, jangan diikuti dengan memaksa ke arah belakang. Biarkan pintu melakukan tugasnya secara normal.
    4. Untuk manual, pintu dibuka dan ditutup tanpa hentakan. Benturan keras bisa menyebabkan pengait pintu rusak atau bisa menutup dengan mantap. Untuk yang PSD, apabila mode elektris dimatikan, jangan membanting pintu, cukup sentuhkan pintu ke pengait dan biarkan screw menarik pintu ke pengait dengan sendirinya.
    5. Usahakan jangan sampai ada benda asing dalam rel pintu geser. PSD memiliki banyak sensor untuk mendeteksi hal ini, tetapi yang manual tidak.
    6. Selalu jaga Kebersihan Pintu terutama Rel Rel dari Debu dan kotoran, agar gerak pintu selalu optimal dan lancar.

    Perawatan PSD

    Untuk perawatan, sliding doors tidak memerlukan perhatian khusus. Apabila kotor, gunakan kuas untuk membersihkan rel2 nya dan jikalau kurang mulus pergerakannya, gunakan Cairan Silicon atau Penetran WD40 untuk melancarkan roda2 di rel nya. Setelah itu anda dapat memeberikan lapisan tipis Grease Pada Rel Relnya, Ingat Oleskan secara Tipis saja dan Kalau bisa gunakan grease berwarna Bening agar tidak terlalu kelihatan kotor.

    Semoga Bermanfaat 


    Artikel dan Tulisan adalah Sumbangan dari, 
    Mr. Dharma Sanjaya
    (Branch Manager)
    Mobile : 0815 500 6478
    HONDA PLAZA TUBAN
    Jl. Wahidin Sudirohusodo ( Renovasi )
    Jl. PB. Sudirman ( Kantor sementara )

    Bensin & Solar

    Bensin & Solar

    SPBU bensin dan Solar
    SPBU Bensin dan Solar
    Akhir akhir ini Masyarakat Indonesia disibukkan oleh isu kenaikan Bahan Bakar non Subsidi yaitu Bensin Ron 88 dan Solar. Sebenarnya apa sih Bensin Oktan 88 yang sering kita sebut dengan Premium, Sementara Pertamax dengan Nilai Ron 92 dan Pertamax Plus Ron 95 Harganya Jauh Melambung Tinggi, Sama halnya dengan Solar vs Pertadex.

    BENSIN

    Bensin atau sering disebut Gasoline atau Petrol adalah salah satu jenis bahan bakar dalam mesin pembakaran internal. (Internal Combustion). Bensin sebagian besar terdiri dari senyawa organik yang diperoleh oleh distilasi fraksional dari minyak bumi, waktu diperoleh nilai oktan dari bensin hanya sekitar 60 Ron, Kemudian ditingkatkan nilai Ron nya dengan berbagai aditif agar dapat bekerja dengan optimal dan mencegah ketukan ( knocking ) pada mesin. 

    Nilai Oktan

    Pada Proses pengapian mesin dalam beberapa kasus terjadi autoignite (auto ignation), Atau yang disebut pengapian dini, hal ini terjadi karena bahan bakar dan campuran udara yang dimampatkan oleh kompresi mesin, pada suatu titik tertentu ternyata campuran tersebut sudah menyala/ meledak sebelum waktunya karena tekanan yang terlalu tinggi . Proses ini disebut dengan Detonasi/ Knocking / Orang awam menyebutnya dengan ngelitik. Knoking akan menghasilkan pelepasan panas yang cepat dan dapat merusak mesin. Salah satu cara untuk mengurangi knocking di mesin adalah untuk meningkatkan daya tahan bahan bakar ( bensin ) yang kemudian kita sebut dengan besarnya nilai oktan nya.
    Nilai oktan diukur relatif terhadap campuran 2,2,4-Trimethylpentane (suatu isomer dari oktana) dan n-heptana. Ada konvensi yang berbeda untuk mengekspresikan nilai oktan, sehingga bahan bakar mungkin memiliki beberapa nilai oktan yang berbeda berdasarkan ukuran yang digunakan. Research octane number (RON) untuk bensin komersial tersedia bervariasi menurut negara. 
    Di Finlandia, Swedia, dan Norwegia, 95 RON dan 98 RON. 
    Di Inggris, 91 RON (walau jarang tersedia), 95 RON, dan super 97-98 RON. Shell dan BP memproduksi bahan bakar pada 102 RON, Sedang Tesco menyediakan  99 RON. 
    Di Indonesia Kita mengenal Premium 88 RON , Pertamax 92 RON dan Pertamax Plus 95 RON

    Senyawa Kimia Bensin

    Beberapa komponen utama bensin: isooctane, butana, 3-Ethyltoluene, dan oktan penambah MTBE.
    Sebagian besar bensin terdiri dari hidrokarbon dengan 4 dan 12 atom karbon per molekul (sering disebut sebagai C4-C12)
    Bensin dengan nilai Oktan Rendah biasanya mengandung aditif timbal. 
    Secara keseluruhan, bensin biasa umumnya merupakan campuran parafin (alkana), naphthenes (sikloalkana), dan olefin (alkena). Rasio sebenarnya tergantung pada: 
    kilang minyak yang membuat bensin, karena tidak semua kilang memiliki formulasi dan tehnologi yang sama dari unit pengolahan.
    Bensin juga dapat mengandung senyawa organik lainnya, seperti eter organik (sengaja ditambahkan), ditambah tingkat kecil kontaminan, dalam senyawa organosulfur tertentu, tetapi ini biasanya dilepas di kilang.

    Antiknock additives

    Tetraethyllead

    catalytic converter
    Catalytic Converter
    Seperti diutarakan diatas Bensin, bila digunakan dalam mesin pembakaran internal yang berkompresi tinggi, memiliki kecenderungan untuk knocking. Penambahan aditif timbal mulai digunakan pada tahun 1920.
    Aditif yang paling populer adalah tetraethyllead. Dengan ditemukannya tingkat kerusakan lingkungan dan kesehatan yang disebabkan oleh timbal, dan ketidakcocokan pemakaian Timbal dengan bahan catalytic converter, ( karena Timbal akan mengakibatkan kebuntuan pada saluran catalytic converter.
    Deterjen
    Bensin, juga mengandung aditif untuk mengurangi penumpukan karbon mesin, meningkatkan pembakaran, dan memungkinkan mudah terbakar di daerah beriklim dingin. Tingginya kadar deterjen dapat ditemukan dalam Top bensin Deterjen Tier. Bensin melebihi persyaratan minimum EPA AS untuk konten deterjen. Spesifikasi untuk Top bensin Deterjen Tier dikembangkan oleh empat mobil:. GM, Honda, Toyota dan BMW. 
    Etimologi dan terminologi
    Bensin dikutip dari kamus th 1863 di Oxford English Dictionary. Mungkin bensin berasal dari merek dagang yang lebih tua seperti "Cazeline" dan "Gazeline". 
    Ejaan varian dari "bensin" telah digunakan untuk merujuk pada minyak mentah sejak abad ke-16. "Bensin" pertama kali digunakan sebagai nama suatu produk olahan minyak bumi sekitar tahun 1870 oleh British grosir Carless, Capel & Leonard, yang dipasarkan sebagai pelarut. Ketika produk kemudian menemukan penggunaan baru sebagai bahan bakar motor, Frederick Simms, rekan Gottlieb Daimler, menyarankan untuk carless agar mereka mendaftarkan merek dagang "Bensin", Tetapi pada saat ini kata itu sudah digunakan secara umum, mungkin terinspirasi dari Petrole di Perancis
    Di banyak negara, bensin memiliki nama sehari-hari berasal dari benzena kimia (misalnya, Jerman Benzin, Belanda bensin, Italia Benzina, Chili bencina, Thailand เบนซิน, Yunani βενζίνη). Argentina, Uruguay dan Paraguay menggunakan nama sehari-hari berasal dari nafta yang dari nafta kimia.

    SOLAR

    Adalah Bahan bakar mesin diesel, Secara umum adalah setiap bahan bakar cair yang digunakan dalam mesin diesel. Solar biasa terbuat dari distilat bertingkat bahan bakar minyak tanah, tetapi ada juga Solar alternatif yang tidak berasal dari minyak bumi, seperti biodiesel, biomassa untuk cair (BTL) atau gas ke cair (GTL) diesel. Untuk membedakan jenis yang berasal dari petroleum diesel semakin disebut solar. Ultra-low-sulfur diesel (ULSD) bahan bakar yang menunjukkan bakar solar dengan kandungan sulfur substansial yang rendah. Pada tahun 2007, hampir semua bahan bakar diesel tersedia di Amerika Serikat, Kanada dan Eropa adalah jenis ULSD.

    Cetane Number

    Bila di Bensin Kita mengenal angka RON, maka di Solarpun Ukuran utama dari kualitas bahan bakar diesel dinilai dari cetane number nya. Seperti RON maka angka Cetane yang lebih tinggi menunjukkan bahwa bahan bakar menyatu lebih mudah ketika disemprotkan ke udara yang terkompresi pada mesin. Di Eropa (EN 590 standar) solar memiliki cetane number minimal 51. Sedangkan di indonesia Solar yang kita kenal dengan Bio solar memiliki Cetane 48 sedangkan Pertadex memiliki Angka Cetane 51-52. 

    Senyawa Kimia Solar


    Solar tidak dapat bercampur dengan air. Solar y
    ang berasal dari petroleum diesel terdiri dari sekitar 75% hidrokarbon jenuh (terutama parafin termasuk n, iso, dan sikloparafin), dan 25% hidrokarbon aromatik (termasuk naftalena dan alkylbenzenes). Rata-rata rumus kimia untuk bahan bakar diesel umum adalah C12H23, mulai dari C10H20 hingga C15H28.

    Sulfur berbahaya bagi lingkungan

    Dengan tingginya kadar sulfur di solar berbahaya bagi lingkungan oleh karena itu  digunakan catalytic diesel + particulate filter untuk mengontrol emisi diesel particulate, Pada teknologi yang lebih maju untuk mengurangi emisi, digunakan nitrogen oksida (NOx) penyerap (masih dalam pengembangan). Selain itu, belerang dalam bahan bakar teroksidasi selama pembakaran, menghasilkan sulfur dioksida dan sulfur trioksida, Seperti Kasus Pada Bensin, Timbal dan Sulfur pada Solar berfungsi sama pada mesin yaitu melapisi / sebagai pelumas. Dengan Pengurangan Nilai dari kadar Sulfur maka diperlukan aditif tambahan ke dalam bahan bakar untuk membantu melumasi mesin. Dengan Biodiesel dan biodiesel / solar campuran, ternyata memiliki tingkat pelumasan lebih tinggi.

    Fame 

    Biji Bunga Matahari  pun bisa jadi biodiesel
    Biji Bunga Matahari
    pun bisa jadi biodiesel 

    Biodiesel terbuat dari minyak kedelai. 
    Asam lemak methyl ester (FAME), atau yang mungkin lebih banyak dikenal sebagai biodiesel, diperoleh dari minyak atau lemak hewani nabati (biolipids) yang telah ditransesterifikasi dengan metanol. Hal ini dapat diproduksi dari berbagai jenis minyak, yang paling umum adalah minyak lobak (rapeseed methyl ester, RME) di Eropa dan minyak (kedelai metil ester, UKM). Metanol juga dapat diganti dengan etanol untuk proses transesterifikasi, yang menghasilkan produksi etil ester. Proses transesterifikasi menggunakan katalis, seperti natrium atau kalium hidroksida, untuk mengubah minyak nabati dan metanol ke FAME dan tidak diinginkan produk sampingan gliserin dan air, yang akan perlu dihapus dari bahan bakar bersama dengan jejak metanol. FAME dapat digunakan murni (B100) di mesin mana produsen menyetujui penggunaan tersebut, tetapi lebih sering digunakan sebagai campuran dengan solar, BXX mana XX adalah konten biodiesel dalam persen. 
    FAME sebagai bahan bakar diatur dalam DIN EN 14214 dan ASTM D6751. 
    FAME memiliki kandungan energi yang lebih rendah dari solar karena kandungan oksigen, dan sebagai hasilnya. 
    FAME mengandung sulfur yang lebih rendah, emisi oksida belerang dan sulfat, komponen utama dari hujan asam. Penggunaan biodiesel juga menghasilkan pengurangan hidrokarbon tidak terbakar, karbon monoksida (CO), dan partikel. Emisi CO menggunakan biodiesel secara substansial berkurang sebesar 50% dibandingkan dengan bahan bakar solar. Emisi gas buang dari partikulat dari biodiesel telah ditemukan menjadi 30 persen lebih rendah dari emisi partikulat keseluruhan dari petrodiesel. Emisi gas buang total hidrokarbon (faktor dalam pembentukan lokal dari asap dan ozon) yang sampai 93 persen lebih rendah untuk biodiesel dibandingkan solar. Biodiesel juga dapat mengurangi risiko kesehatan yang berhubungan dengan minyak diesel.

    Semoga Bermanfaat

    Turbocharger dan VGT

    Turbocharger & VGT

    TURBOCHARGER
    Sering Kita Mendengar Kata Turbo, dan Kadang kita berekspektasi berlebihan tentang sebuah kata Turbo, Mungkin Ketika anda masih kanak kanak ada sebuah stick permainan yang ada tulisan Turbonya pada stick tersebut ( misal stick game Sega, Nintendo ) atau pada komputer Jadul ada switch tombol Turbo pada CPU anda.
    Diagram kerja turbo secara sederhana
    Diagram kerja Turbo Secara Sederhana

    Lupakan kedua hal itu diatas Kita hendak membahas Perangkat Turbo Pada sebuah Mobil.
    Sebelumnya, Anda perlu memahami dasar-dasar pembakaran internal pada sebuah mesin dahulu. Setiap Mesin adalah "Bernapas" ketika hidup. Artinya, Mesin menyedot udara dan bahan bakar untuk dibakar menjadi energi. Udara dan bahan bakar kemudian dimampatkan oleh piston untuk kemudian diubah menjadi Energi Gerak. Setelah itu, limbah pembakaran yang tercipta dikeluarkann melalui knalpot / exhaust manifold. Semua ini biasanya dinamakan dengan empat stroke piston. 
    skema Turbocharger di mesin
    Skema Turbocharger di mesin
    Turbocharger pada dasarnya adalah sebuah pompa udara. Gas panas yang meninggalkan mesin setelah pembakaran yang diarahkan langsung ke sisi roda turbin dari turbocharger untuk membuatnya berputar. Turbin dihubungkan dengan poros ke roda kompresor. Rotasi dari roda kompresor akan menyedot di udara dan dikompresikan yang untuk selanjutnya dikirim ke Intake Manifold.
    Sudah Jelas Ya,
    Perangkat Turbocharger ini ternyata mempunyai Kelemahan yaitu yang namanya Turbo Lag. Turbo Lag adalah jeda sesaat saat mesin berakselerasi dimana terjadi kevakuman di intake manifold ( pada waktu Gas Mendadak ) Mesin sudah membutuhkan udara didalam intake manifold, akan tetapi Turbo belum bekerja ( mengapa belum bekerja ) tentu karena turbo membutuhkan Gas buang dari knalpot untuk memutar turbin yang selanjutanya digunakan untuk memutar kompresor.
    Untuk mengurangi Turbo Lag bisa digunakan unit Turbo yang turbinnya kecil, karena kecil maka ketika mesin idle pun sudah menghasilkan boost Turbo, akan tetapi dengan turbo kecil tentunya udara yang dihasilkan juga sedikit, sehingga tenaga yang diperolehpun tidak maksimal.
    Dengan Berjalannya waktu dan dengan tehnologi yang semakin maju maka ditemukan lah yang Namanya VGT Variable Geometri Turbo.

    VGT / VNT / VTG / VTA / VGS / VG
    diagram sederhana kerja VGT
    Diagram sederhana kerja VGT
    Tidak perlu Galau nama nama diatas adalah sama hanya penamaan aja yang berbeda sesuai dengan Pabrik pembuatnya. untuk mudahnya saya menyebut dengan VGT saja.

    Variable Geometry Turbo (VGT) adalah turbocharger yang bekerja pada prinsip yang sama seperti pada turbocharger pada umumnya. Dia Ini juga memiliki turbin dan kompresor, yang terhubung ke poros. Perbedaan dengan turbocharger konvensional adalah bahwa turbocharger VGT memiliki adjustable baling-baling adjustable.
    VGT dari Volvo
    Contoh VGT dari Volvo
    Baling-baling adjustable dipasang dengan poros pada bilah pendukung. Pada bagian belakang dari bilah pendukung As yang dapat disesuaikan. bilah pendukung yang adjustable ini dapat dikontrol baik oleh servomotor, atau oleh vakum wastegate atau dikontrol oleh ECU pada mesin ber-ECU.
    Sesuai perkembangan maka VGT pun bernama berbeda beda semisal saja

    • VGT - Variable Geometry Turbocharger (Cummins/Holset),
    • VNT - Variable Nozzle Turbine (Honeywell/Garrett),
    • VTG - Variable Turbine Geometry (BorgWarner and ABB),
    • VG   - Variable Geometry turbocharger (MHI),
    • VGS - Variable Geometry System turbocharger (IHI),
    • VTA - Variable Turbine Area (MAN Diesel & Turbo)
    PERKEMBANGAN VGT
    Produksi pertama yang menggunakan turbo ini adalah Shelby CSX-VNT Pada tahun 1989, dilengkapi dengan mesin K Chrysler 2.2 Liter. Shelby CSX-VNT memakai turbo dari Garrett, yang disebut VNT-25 karena menggunakan kompresor yang sama dari Garrett T-25. Turbocharger produsen Aerocharger menggunakan istilah 'Turbin Nozzle Variabel-Area' (Vatn) . 
    Pengunaan VGT pada Varian  Pajero Dakar Meningkatkan  Torsi dan Tenaga secara Signifikan
    Pengunaan VGT pada Varian
    Pajero Dakar Meningkatkan
    Torsi dan Tenaga secara Signifikan

    Di Jepang, 1989 Honda Legenda menggunakan variable geometry turbo dengan udara yang didinginkan intercooler yang dipasang pada mesin 2.0 L V6, tetapi hanya diproduksi untuk satu tahun saja.
    Pada tahun 1991, Fiat menganti VGT turbocharger (Honeywell VNT) ke turbodiesel direct-injected Croma itu.
    Peugeot 405 T16, diluncurkan pada tahun 1992, menggunakan Garrett VAT25 variabel-geometri turbocharger bermesin 2.0-liter 16 katup.
    2007 Porsche 911 Turbo memiliki double VNT turbocharger pada mesin 3.6-liter boxer enam silinder. 
    Pada 2012, Suprock Technologies, LLC merilis VGT turbocharger dengan controller variabel berdasarkan parameter sensor meliputi tekanan, temperatur, dan kecepatan poros. Kontroler ini memungkinkan kendaraan yang awalnya tidak dilengkapi dengan VGT untuk memanfaatkan teknologi untuk peningkatan kinerja dan efisiensi. Kontroler ini mampu menghitung efisiensi kompresor antara parameter lainnya yang ditampilkan pada pod pengukur terletak di kabin. Karena jumlah input, perangkat dapat digunakan untuk menyempurnakan dan mendiagnosa sistem turbo berdasarkan suhu, tekanan, aliran udara, dan perilaku kompresor.
    Pada 2013, Suprock Teknologi VGT kontroler dikembangkan oleh Blaylock Turbo VGT pada Switchblade mereka. Implementasi tersebut teknologi VGT memiliki potensi untuk mengurangi tekanan yang pada akhirnya dapat menurunkan suhu gas buang (EGT), dan meningkatkan konsumsi bahan bakar pada kendaraan.

    Semoga Bermanfaat

    Memodifikasi Filter Udara Agar Lebih Free Flow

    Memodifikasi Filter udara

    Filter udara 4JA1 dan 4JA1-L
    Filter Udara 4JA1 & 4JA1-L 
    Udara tersedia bebas dan gratis di muka bumi. Semua makhluk hidup memerlukannya, bahkan mobil dan kendaraan anda pun juga membutuhkan Udara ( Oksigen ) untuk proses pembakaran. Salah satu input dari udara ke mesin adalah melalui Filter Udara. Filter udara bertujuan untuk menyaring udara kotor agar udara yang dihisap mesin adalah udara bersih. Kadang Kala ada desain Filter udara yang karena memang dari sananya dirancang untuk keperluan durability dan keawetan pemakaian, kadang kala mengorbankan performa. Contoh disini adalah Filter Udara dari Isuzu Panther Kode Mesin 4JA1, 4JA1-L ( turbo ). Bila Anda berjiwa Do It Your Self dan mau berPrakarya sedikit ayo kita teruskan membacanya dan ikuti langkah langkahnya ya.

    Alat Dan Bahan

    Disini anda hanya memerlukan Filter udara yang Asli dan Tang Biasa dan Tang Lancip atau Potong.

    Cara Pengerjaan
    Proses Pengerjaan
    Proses Pengerjaan

    1. Temukan Lipatan Seng Penutup Filter udara, Lalu dengan bantuan Tang silahkan Potong dan rusak dengan memakai Tang ( gambar1 ). 
    2. Dengan Bantuan tang segera potong melingkar anda bisa memotongnya dari jaring yang berlubang-lubang untuk memudahkan pemotongan. ( gambar2 )
    3. Setelah itu dengan mengunakan bantuan Tang besar tarik plat ke arah keluar. hati hati dengan tangan anda seng sangat tajam ( gambar 3 )
    4. Tarik juga Sisa Seng seperti pada Gambar 4. Hati hati jangan sampe melukai kertas saring.
    5. Hasil Akhir nya.
    Hasil Akhirnya
    Hasil Akhirnya

    Notice =

    • Dengan Filter yang sudah dibuka tutupnya maka udara akan lebih leluasa untuk masuk kedalam filter. dengan makin freenya udara maka Efek ENGINE PUMPING LOST akan semakin kecil. tentunya efeknya mesin akan lebih terasa bertenaga pada putaran atas.
    • Modifikasi ini tidak akan merusak mesin, karena tidak ada perubahan pada unit Filter Udara ( hanya menghilangkan hambatannya saja )
    • Modifikasi dapat diterapkan pada Filter filter mobil yang lain. yang berpenampilan dan berkasus sama.
    Semoga Bermanfaat

    Bohlam ( Bulbs )

    BOHLAM
    Bohlam ( Bulbs)
    Semenjak ditemukannya bohlam
    Malampun berubah menjadi Siang
    Setiap Mobil Pasti dilengkapi dengan Penerangan untuk mobilitas pada waktu gelap / Malam hari. Penerangan pada mobil biasanya ada di depan untuk penerangan kearah depan dan belakang untuk memberi tahu keberadaan mobil kita pada mobil yang lain. Lampu depan mempunyai  fungsi utama pada penerangan  pada malam hari, dan pada lampu utama terdapat bohlam. Pabrikan mobil pada dasarnya telah membuat standar atau panduan dalam pemakaian bohlam, biasanya bisa dilihat dari besarnya watt pada bohlam tersebut. Bila pemilik mobil mengganti bohlam diluar standar mobil maka resiko umur bohlam berkurang akan semakin besar. Dan pada mobil juga terdapat bermacam-macam jenis bohlam dapat dilihat dari kodenya masing-masing. Dibawah ini akan dibahas macam dan jenis bohlam pada mobil.

    tabel pemakaian bohlam pada mobil
    Tabel Pemakaian Bohlam di Otomotif
    Bohlam lampu utama yang beredar kebanyakan dengan kode H4, kode ini merupakan jenis bohlam yang paling umum dipakai pada mobil terutama pada mobil produksi jepang. Bahkan juga ada motor yang memakai bohlam kode ini, salah satunya yamaha vixion dan Vespa Excel.  Pada bohlam tersebut biasanya terdapat kode yang menunjukkan spesifikasi bohlam, contohnya adalah 12V 60/55 . 12 V maksudnya adalah tegangan yang dimiliki bohlam tersebut adalah 12 Volt, Sedangkan 60/55 berarti bohlam ini mempunyai daya 60 watt pada high beam/ lampu jauh dan 55 watt pada lampu dekat. Jadi pada satu bohlam terdapat dua jenis pencahayaan. H4 juga mempunyai dua macam jenis yaitu dengan kode P45t dan P43t, untuk yang P45t biasanya digunakan pada mobil-mobil lama perbedaannya adalah pada bentuk bawah bohlam atau dudukkannya masih berbentuk bundar. Kemudian untuk tipe P43t merupakan pengembangan dari P45t dimana sudah terdapat 3 kaki pada dudukkannya.

    Sesuai perkembangan jaman, maka muncul bohlam dengan kode HB yang dipakai oleh mobil-mobil keluaran terbaru. Perbedaannya adalah pada desain soket yang dibuat model tertutup yaitu ditutup dengan pelindung karet. Untuk kodenya HB sendiri mempunyai beberapa tipe antara lain HB3,HB3a,HB4 dan HB4a. sebagai contoh mitsubishi Pajero Sport memakai kode H11 dan HB3. Biasanya juga pada mobil eropa lampu utamanya memakai dua jenis bohlam, karena 1 bohlam hanya untuk satu pencahayaan saja. Misal H1 untuk lampu jauh dan H7 untuk lampu dekat atau sebaliknya.

    Berikut adalah sejarah singkat perkembangan lampu dari masa ke masa.

    1. Bohlam atau lampu pijar Ini adalah jenis yang paling klasik. Bohlam ini terbuat dari bola kaca yang diisi dengan filamen, substansi argon, nitrogen, kripton, hidrogen, dan lain-lain. Bohlam ini membutuhkan banyak energi untuk dapat bersinar terang, terutama bila dibandingkan dengan lampu neon (fluorescent). Sebuah bola lampu hanya dapat bertahan selama seribu jam atau sekitar 4 bulan pemakaian. Menghasilkan cahaya kuning redup + memberi kesan hangat menyebabkan masih banyak disukai orang  hingga sekarang. Ditambah memiliki Harganya yang ekonomis.
    2. Lampu TL atau kita sering menyebutnya dengan nama neon, Ada berbagai bentuk lampu neon, mulai dari memanjang spiral (standar), atau seperti bola lampu. Lampu neon lebih terang dan hemat energi. Sebuah lampu neon yang baik mempunyai umur selama 15 ribu jam, atau lebih dari 10 tahun penggunaan. Kualitas yang baik disertai dengan harga yang sesuai. Sebuah lampu neon dapat memiliki hingga 10 kali harga klasik pijar. Sekarang, banyak lampu neon dikampanyekan oleh pemerintah sebagai lampu hemat energi dan ramah lingkungan,  karena tidak terlalu banyak membutuhkan listrik.
    3. Halogen, Lampu halogen adalah lampu terbuat dari kaca kuarsa. Lampu halogen biasanya digunakan sebagai lampu spot. Makna lampu spot adalah lampu yang arah fokusnya tidak menyebar tetapi hanya mengarah ke satu daerah. Lampu spot yang banyak digunakan dalam galeri seni, seperti lampu taman, dan sebagainya. Jarang sekali lampu ini digunakan sebagai penerangan lampu sehari-hari di rumah, kecuali jika pemilik ingin kesan artistik dan dramatis di salah satu sudut rumah. Pada Saat sekarang Lampu jenis Halogen dipakai di sebagian besar produk otomotif.
    4. Lampu Xenon, Lampu xenon berkategori lampu HID High Intensity discharge. dinamakan Lampu Xenon karena dia berisi gas xenon, Lampu ini memliki kelebihan memiliki daya terang yang lebih dari bohlam halogen biasa ( bisa memiliki nilai lumen 2- 3 x dari lampu halogen ) Kekurangan dari Lampu Xenon adalah harganya yang mahal ( karena harus memiliki perangkat yang lebih ( memakai balast dan lain lain) juga Untuk mengoperasikannya dibutuhkan waktu menjadi panas terlebih dahulu ( memakan waktu 30-60 detik ) jadi bila mobil anda diperlengkapi lampu xenon, silahkan anda memasang lampu tembak tambahan sebagai Dim yang diperlukan pada waktu siang hari waktu anda di ambil jalur jalan (di"Blong") pengemudi lain.
    Penggantian Xenon
    Modifikasi bohlam Xenon 
    5. Lampu LED, LED singkatan dari Light-Emitting Diode. Lampu ini dapat menjadi sirkuit semikonduktor daya bercahaya saat energi. Menariknya, lampu LED tidak memancarkan panas sebagai pijar, seperti lampu lainnya. Dibandingkan dengan jenis lain lampu, lampu ini adalah lampu yang paling hemat energi dan juga yang paling mahal dalam sejarah cahaya. Kelebihan lainnya lampu LED tidak merusak kesehatan seperti lampu fluorescent,dan lebih tahan lama. 1 Watt lampu LED menghasilkan 100 lumen. Menurut Ramalan saya Lampu LED akan menjadi lampu masa depan, dimasa depan dia akan menggantikan fungsi dan posisi Lampu Halogen, sementara lampu Xenon hanya akan jalan ditempat saja. :)
    Semoga Bermanfaat

    Port Polish & Porting Manifold

    Port Polish & Porting Manifold

    Dalam setiap Tuning dikenal istilah Port Polish, Port Polish biasa diartikan sebagai teknik penghalusan saluran masuk dan buang pada sebuah mesin, kelihatannya sangat sepele tapi dengan Port Polish yang benar, akan dirasakan efek yang luar biasa. Karena sebuah mesin yang sudah di Tuning ( Tune Up ) tanpa di Port Polish maka akan membuat perjalanan udara dan bahan bakar menjadi tidak lancar ( dalam istilah komputer kita kenal dengan bottle neck Bagaimana menerapkan teknik yang benar pada Port Polish. Sedangkan Porting juga sama dengan Polish hanya kalau porting tidak hanya menghaluskan tetapi mungkin juga disertai dengan pengurangan ( lebih advanced ) tetapi pada umumnya tujuannya sama. 
    Pembersihan Intake akan
    menjaga performa Kendaraan

    Apa yang disebut dengan Port Polish?

    Port polish dapat dikatakan cara memaksimalkan performa mobil dengan cara menghaluskan/ melancarkan arus masuk dan keluar bahan bakar di ruang bakar 

    Proses Port Polish

    Kita bayangkan bila kita akan melakukan perjalanan melalui sebuah jalan raya. Jalan raya tempat bertemunya alat transport, dengan makin banyak penghalang di jalan, misalnya polisi tidur, benda-benda asing misal ranting pohon tumbang, penyempitan pada perempatan, pasar tumpah, jalanan berlubang, mobil mobil mogok / kempis ban dijalan raya dan lain lain, tentunya perjalanan kita akan terhambat bukan.

    Contoh Porting
    Hal ini juga berlaku pula pada saluran masuk bahan bakar dan buang sebuah mesin, dengan proses pembuatan mesin secara massal biasanya akan ditemukan beberapa kekurangan desain atau kehalusan dari proses pencetakan logam, yang berakibat pada kekurang halusan permukaan saluran. Hal ini bisa mengakibatkan efek turbulensi, ketika efek turbulensi terjadi maka kelancaran bahan bakar akan terhambat. Apalagi ditambah dengan Quality Control yang kurang dari pabrik. Memang kelihatannya masalah sepele, tapi Coba kita bayangkan misal saja sebuah mesin diesel yang bekerja pada 3000 putaran permenit. Dimana tiap detik akan terjadi sekitar 50x siklus input dan output saluran bahan bakar. hal ini menyebabkan port polish akan berpengaruh besar pada sebuah mesin. Itu baru mesin Diesel yang bekerja hanya di sekitaran 2-4000 rpm, Coba anda bayangkan Mobil F1 Punya Mr. Vettel atau mesin MotoGP punya Mr. Lorenso yang bekerja diatas 15000 Rpm ?

    Keuntungan dan kerugian port polish

    Keuntungan, tentunya performa akan lebih baik, aliran bahan bakar yang makin lancar tentunya akan membuat respons mesin menjadi lebih baik. untuk kerugian kemungkinan sejauh ini hanya ditemukan pada pemakaian bahan bakar yang lebih banyak, ( hal ini disebabkan karena dengan mesin makin enteng akan membuat pengemudi makin entusiast sehingga makin gatal menginjak pedal gas

    Port Polish Kecil Kecilan Pada Mobil Anda.

    Kita bisa melakukan port polish kecil kecilan sendiri ( tidak harus ekstrim dengan membuka silender cop dll ) caranya
    Buat Pemilik Kendaraan Diesel Isuzu Panther,
    1. buat pemilik mesin 4JA1 non Turbo. coba dibuka tutup intake mesin ( cover plastik yang ada tulisannya Direct injection, Coba dibuka dengan membuka 8 baut pengikatnya. setelah terbuka nanti akan terlihat saluran intake kendaraan anda yang kotor karena kerak arang. Itu bisa di bersihkan sendiri. setelah itu ditutup kembali. pembersihan ruang masuk udara ( intake manifold ) akan memperlancar jalur udara yang masuk di ruang bakar.
    2. buat pemilik mesin yang udah berturbo... bisa dengan cara memperhalus gasket knalpot pada saluran exhaust antara turbo dengan knalpot. ( pada bagian ini bila dibuka kadang ukuran gasket terlalu kecil sehingga menyumbat aliran gas buang setelah turbo menuju knalpot.dengan udara buang yang lebih lancar keluar dari turbo maka turbo akan berspul dengan makin cepat.
    3. Sedang bagi Pemilik mobil jenis yang lain anda bisa mengikuti cara yang sama anda tinggal membersihkan saluran intake pada mobil anda.
    4. Sedang bagi pemilik mobil bensin anda bisa membeli Cairan perontok kerak ( biasanya berbentuk semprotan ) bisa anda semprot ke ruang intake manifold sambil menghidupkan mesin ( bisa anda pelajari dari petunjuk pemakaian ).

    Beberapa Kesalahan Persepsi

    Kadang kala ada salah pendapat yang salah ditangkap oleh masyarakat awam, bahwa saluran masuk yang dibikin halus akan membuat aliran makin lancar lalu akan makin kencang. kadang kala tidak diketahui secara umum bahwa pada tipe beberapa mesin memang dirancang oleh pabrik untuk menciptakan turbulensi di ruang bakar, dengan adanya turbulensi diruang bakar sedikit banyak akan menjadi sempurna. sehingga ada beberapa kasus setelah selesai port polish malah akan menurunkan performa. ( walau kasus nya sedikit ) Akhir kata teknik Port Polish tidak akan maksimal bila tidak diikuti dengan perbaikan disektor lain ( krn mesin bekerja secara sinergis )

    Semoga Bermanfaat