Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Membuat & Merangkai Soket Relay ( Relay Socket Arrangement )

Membuat dan Merangkai Soket Relay

Dengan pemakaian Relay yang makin meluas dewasa ini di bidang otomotif, seperti untuk keperluan Klaxson, Lampu, menambah Jalur Power Windows dan lain lain. Kadang kala kita menjumpai soket Relay yang kurang mumpuni, ya kurang mumpuni karena mereka memakai kabel yang kecil ( tembaganya sedikit ). 
Buat anda yang hobi DIY ( Do It YourSelf) ayuk kita merangkai kabel soket relay sendiri, Selain bisa memilih bahan yang Baik kita juga bisa memastikan kalau kualitas kabel benar benar sesuai.

Alat dan Bahan

alat dan bahan
Alat dan Bahan
Silahkan anda membeli bahan dan alat seperti di gambar disamping, Yaitu Socket Fiting wanita (women) yang bagus, sejumlah kabel, Untuk kabel anda bisa sesuaikan warna sesuai kehendak anda. Rumah soket relay dan tentunya relay itu sendiri ( dalam contoh pengerjaan kali ini saya menggunakan Relay merk Hella, ( mungkin anda bisa mengunakan merk lain seperti Bosch yang berkaki 5 dan lain lain)
Jangan Lupa Siapkan juga Gunting dan Tang Jepit atau Tang Lancip kecil.

Proses Pengerjaan

Proses Pengerjaan
Proses Pengerjaan
1. Kelupas kabel kira-kira Sepanjang 1cm, pastikan tidak ada serabut tembaga kabel yang ikut terpotong, anda bisa mengunakan Gunting, Tang atau pake Korek api juga bisa untuk mengelupas kulit kabel tersebut. (gambar1)
2. Setelah itu Tekuk tembaga Kabel dengan menyisakan kira-kira 1/2cm. Seperti Gambar2 disamping.
3. Kemudian ambil soket fiting yang akan dipasang, Tempatkan Kabel (gambar2) diatas soket tersebut seperti Gambar3 Ingat Tembaga diletakkan dibawah kabel. Juga pembungkus kabel yang tidak terkelupas cukup diletakkan ke penjepit pertama.
4. Setelah itu dengan bantuan Tang silahkan pencet hingga tembaga kabel terjepit dengan kuat dan rapi. (gambar4)
5. Lalu jepit juga bagian ekor. (gambar5 adalah gambar yang sudah jadi)
6. Terakhir ambilah tempat soket relay lalu masukkan kabel beserta soket kabel lalu masukkan sampai soket kabel terkunci dengan pas didalam rumahnya. Ingat jangan sampai Terbalik!
Hasil akhir
Hasil Akhir
7. Lakukan proses no.1-6 hingga semua kotak terisi dengan kabel. atau bila anda tidak menghendaki sambungan maka lakukan pengerjaan langsung di tempat yang dibutuhkan. ( Karena dengan makin sedikit sambungan kabel hasil akan makin baik dan menghindarkan konsleting.
Mudah bukan ..... :)
NB= 
Selalu Gunakan Kabel dengan berserabut tembaga tebal untuk jalur Relay no 30 dan 87. 

Semoga Bermanfaat  

Mengenal Jenis Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Mengenal Jenis Plat Nomor Kendaraan 

Beda negara beda aturan p;at nomornya
Beda Negara 
Beda Aturan Plat Nomornya

Sering Kali Kita di jalan menemui plat nomor khusus, ada yang warnanya kuning, putih, merah hitam dan berbagai huruf didalamnya yuks kita pelajari buat nambah wawasan,

Plat nomor dibedakan berdasarkan Warnanya

Warna dasar Hitam dan Tulisan Putih

Kendaraan bermotor perseorangan dan sewa, Seperti yang kita pakai sehari-hari di kendaraan kita ( sipil)
mobil plat kuning
Mobil Plat Kuning 

Warna dasar kuning dengan tulisan berwarna hitam.

Kendaraan bermotor umum seperti bus, truck, angkutan dalam kota (mikrolet dan sejenisnya)

Warna dasar merah dengan tulisan berwarna putih.

Kendaraan bermotor milik pemerintah,

Warna dasar putih dengan tulisan berwarna hitam.

Kendaraan bermotor korps diplomatik negara asing Mobil milik korps diplomatik (Kedutaan besar maupun organisasi internasional) memiliki kode khusus, yakni CD (singkatan dari Corps Diplomatique) atau CC (singkatan dari Corps Consulaire), diikuti dengan angka. Untuk mendapatkan STNK dan BPKB, haruslah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Luar Negeri.
Berikut adalah daftar nomor polisi untuk korps diplomatik di Indonesia:
CD 12: Amerika Serikat, CD 13: India, CD 14: Perancis, CD 15: Vatikan CD 16: Norwegia,
D 17: Pakistan, CD 18: Myanmar, CD 19: Republik Rakyat Cina, CD 20: Swedia, CD 21: Arab Saudi, CD 22: Thailand, CD 23: Mesir,CD 24: Perancis, CD 25: Filipina, CD 26: Australia, CD 27: Irak, CD 28: Belgia, CD 29: Uni Emirat Arab, CD 30: Italia, CD 31: Swiss, CD 32: Jerman, CD 33: Sri Lanka, CD 34: Denmark, CD 35: Kanada, CD 36: Brasil, CD
plat mobil kedutaan rusia
Plat Kedutaan Rusia
37: Rusia, 
CD 38: Afganistan, CD 39: Yugoslavia (Serbia ?), CD 40: Republik Ceko, CD 41: Finlandia,CD 42: Meksiko, CD 43: Hongaria, CD 44: Polandia, CD 45: Iran, CD 47: Malaysia CD 48: Turki, CD 49: Jepang, CD 50: Bulgaria, CD 51: Kamboja, CD 52: Argentina, CD 53: Rumania, CD 54: Yunani, CD 55: Yordania, CD 56: Austria
CD 57: Suriah, CD 58: Badan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP), CD 59: Selandia BaruCD, 60: BelandaCD, 61: Yaman, CD 62: Kesatuan Pos Sedunia (UPU), CD 63: Portugal, CD 64: Aljazair, CD 65: Korea Utara, CD 66: Vietnam, CD 67: Singapura, CD 68: Spanyol, CD 69: Bangladesh, CD 70: Panama, CD 71: Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF), CD 72: Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), CD 73: Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), CD 74: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), CD 75: Korea Selatan, CD 76: Bank Pembangunan Asia (ADB), CD 77: Bank DuniaCD, 78: Dana Moneter Internasional (IMF), CD 79: Organisasi Buruh Internasional (ILO)CD 80: Papua Nugini, CD 81: Nigeria, CD 82: Chili, CD 83: Komisi Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Urusan Pengungsi (UNHCR), CD 84: Program Pangan Dunia (WFP), CD 85: Venezuela, CD 86: ESCAPCD 87: Kolombia, CD 88: Brunei, CD 89: UNICCD, 90: IFC, CD 91: United Nations Transitional Administration in East Timor, CD 97: Palang Merah, CD 98: Maroko, CD 99: Uni Eropa, CD 100: Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN (Sekretariat), CD 101: Tunisia, CD 102: Kuwait, CD 103: Laos, CD 104: Palestina, CD 105: Kuba, CD 106: Organisasi Antar-Parlemen ASEAN (AIPO), CD 107: Libya, CD 108: Peru, CD 109: Slowakia, CD 110: Sudan, CD 111: Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Yayasan), CD 112: (Utusan), CD 113: Center for International Forestry Research (CIFOR), CD 114: Bosnia-Herzegovina, CD 115: Lebanon, CD 116: Afrika Selatan, CD 117: Kroasia, CD 118: Ukraina, CD 119: Mali, CD 120: Uzbekistan
CD 121: Qatar, CD 122: United Nations Population Fund (UNFPA), CD 123: Mozambik, CD 124: Kepulauan Marshall
Kendaraan operasional CIFOR
Kendaraan operasional CIFOR

Warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih

Kendaraan bermotor staf operasional korps diplomatik negara asing: warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih serta terdiri dari lima angka dan kode angka negara yang dicetak lebih kecil dengan format sub-bagian.
Contoh: "B 12345 15" berarti mobil ini adalah kendaraan operasional staff korps diplomatik Vatikan.

Warna dasar hijau dengan tulisan hitam.

Kendaraan bermotor di kawasan perdagangan bebas (Free Trade Zone) yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk (berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan, kendaraan bermotor ini tidak boleh dioperasionalkan/dimutasikan ke wilayah Indonesia lainnya)

Warna dasar putih dengan tulisan merah

Dikenal dengan nama TCKB (tanda Coba Kendaraan Bermotor), Digunakan pada kendaraan bermotor untuk transportasi dealer (pengiriman dari perakitan ke dealer, dealer ke dealer, test drive, riset otomotif, dan pengiriman ke konsumen): warna dasar putih dengan tulisan berwarna merah.

Warna Dasar Putih dengan Tulisan Biru

Dikenal Juga dengan nama TNRP (Tanda Nomor Registrasi Pengoperasian) digunakan pada kendaraan asing non-diplomat, terutama untuk angkutan antarnegara dan kegiatan internasional.
Plat Presiden RI
Plat Presiden RI

Plat Nomor Khusus 

Presiden dan pejabat pemerintahan pusat
Mobil dinas pejabat negara memiliki plat nomor khusus. Jika pada saat pejabat tersebut bertugas ke wilayah di luar ibukota RI atau kunjungan dinas ke luar negeri, maka plat nomor tersebut akan dipasangkan pada mobil yang dinaiki oleh pejabat bersangkutan.
Berikut adalah daftar nomor polisi untuk kenderaan pejabat penting di Indonesia:
RI 1: Presiden
RI 2: Wakil Presiden
RI 3: Istri/suami presiden (Ibu Negara / Bapak Negara)
RI 4: Istri/suami wakil presiden (Wakil Ibu Negara / Wakil Bapak Negara)
RI 5: Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat
RI 6: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat
RI 7: Ketua Dewan Perwakilan Daerah
RI 8: Ketua Mahkamah Agung
RI 9: Ketua Mahkamah Konstitusi
RI 10: Ketua Badan Pemeriksa Keuangan
RI 11: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan
RI 12: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian
RI 13: Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat
RI 14: Menteri Sekretaris Negara
RI 15: Sekretaris Kabinet
RI 16: Menteri Dalam Negeri
RI 17: Menteri Luar Negeri
RI 18: Menteri Pertahanan
RI 19: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia
RI 20: Menteri Keuangan
RI 21: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral
RI 22: Menteri Perindustrian
RI 23: Menteri Perdagangan
RI 24: Menteri Pertanian
RI 25: Menteri Kehutanan
RI 26: Menteri Perhubungan
RI 27: Menteri Kelautan dan Perikanan
RI 28: Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi
RI 29: Menteri Pekerjaan Umum
RI 30: Menteri Kesehatan
RI 31: Menteri Pendidikan Nasional
RI 32: Menteri Sosial
RI 33: Menteri Agama
RI 34: Menteri Kebudayaan dan Pariwisata
RI 35: Menteri Komunikasi dan Informatika
RI 36: Menteri Negara Riset dan Teknologi
RI 37: Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah
RI 38: Menteri Negara Lingkungan Hidup
RI 39: Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan
RI 40: Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara
RI 41: Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal
RI 42: Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Nasional
RI 43: Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara
RI 44: Menteri Negara Perumahan Rakyat
RI 45: Menteri Negara Pemuda dan Olahraga
RI 46: Jaksa Agung
RI 47: Panglima Tentara Nasional Indonesia
RI 48: Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia
RI 49: Kepala Badan Intelijen Negara (BIN)
RI 52: Wakil Ketua DPR
RI 59: Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan
Merah semua brarti dari Mabes
Merah semua brarti dari Mabes 

Plat Nomor Militer

Plat nomor Departemen Pertahanan, Plat nomor berwarna Biru dibagian Logo instansi dan Berwarna merah untuk Angka
Plat Nomer Markas Besar TNI (mabes TNI, membawahi TNI-AD, TNI-AL dan TNI-AU)
Plat Nomornya berwarna dasar merah dibagian logo instansi dan nomor berwarna kuning
TNI-AD (angkatan darat)
Plat Nomornya berwarna dasar merah di bagian logo instansi, dan hijau dibagian nomor angka berwarna kuning
TNI-AL (angkatan laut)
Plat nomornya berwarna dasar merah dibagian instansi, dan biru muda dibagian nomor angka berwarna kuning
TNI-AU (angkatan udara)
Plat Nomornya berwarna dasar merah dibagian instansi, dan biru tua dibagian nomor angka berwarna kuning
POLISI
Plat nomor warna Hitam dengan tulisan warna kuning diatasnya, 

Semoga Bermanfaat

Membuat dan Menambah Kabel Ground di Mobil ( Ground Cable )

Menambah Kabel Ground di Mobil 

Kabel Ground aftermarket yang  Harganya Bisa Bikin Anda Kaget
Kabel Ground aftermarket yang
Harganya Bisa Bikin Anda Kaget
Dengan makin berumurnya sebuah mobil selain performa yang menurun, dapat dipastikan kualitas kabel kabel dari mobilpun akan menurun, Seperti kita Tahu Bahwa Ground pada mobil ( bahasa montir mengatakan Massa) adalah vital, mengapa Vital karena itu merupakan titik negatif dari sumber kelistrikan, bila ground kita bermasalah maka daya hantar listrik dari accu, alternator dan lain lain akan terganggu. 
Sebenarnya mobil dari baru sudah tersedia kabel ground dari pabrikan tetapi berjalannya waktu ada karat dan lain lain maka bidang sentuh kabel ke body akan makin menurun, hal ini bisa berpengaruh pada performa mesin (terutama yang jenis mesin bensin), mempengaruhi electronika, Cahaya lampu dan lain lain. Yang jadi masalah bila kita beli kabel Ground after market harganya sangat mahal !!
Jangan Kuatir Kabel Ground bisa Kita buat Sendiri kok dari Bahan disekitar kita, dan bahan bahan tambahan yang harganya ngak terlalu mahal. Yuks Kita Lihat sekeliling Rumah.

Alat dan Bahan

Alat dan Bahan
Alat dan Bahan
1. Bila anda Memiliki Kabel Listrik NYM dirumah bisa digunakan itu, atau bila anda punya Kabel Serabut yang Lain juga Bisa digunakan.
2. Belilah Fiting Klem Accu di toko Sepedamotor beli secukupnya 5-6 buah ( sesuai Kabel yang akan dibuat.
3. Siapkan Tang dan Gunting atau peralatan yang diperlukan.

Cara Kerja

Daerah yang bisa diberi ground
Daerah yang bisa diberi ground
1. Kita Ukur dulu daerah Accu terminal Negatif ke daerah mobil yang akan ditempati ground, Untuk Mobil Diesel bisa Kita Gunakan Kombinasi 3-1 (3 kabel ke body dan 1 kabel ke mesin) Sedangkan Kalau Mobil Bensin Bisa Kita Gunakan Kombinasi 2-2 ( 2 kabel ground kebody dan 2 kabel Ground ke Mesin ) Mengapa Kalau Mesin Bensin Kok Harus 2 , Ya karena mesin Bensin membutuhkan Ignation seperti koil, busi dan lain Lain. Untuk Jumlah Kabel Ground itu tergantung selera anda anda bisa menambah sebanyak mungkin yang anda mau, tidak ada batasan. he99
Instalasi di negatif Accu
Instalasi di negatif Accu
2. Setelah anda Ukur Panjang dari Accu Negatif ke Daerah yang akan dipasang kabel Ground anda bisa mulai memotong kabel dan mulai merangkainya.  (coba anda lihat pada gambar Alat dan Bahan, disamping kanan itu adalah kabel yang sudah dirangkai dengan ujung ujungnya udah diberi klem penjepit. sedang gambar klem yang kotak itu adalah klem Accu punya sepedamotor, sedang yang bundar itu juga klem accu universal, yang nantinya akan dipasangkan pada daerah mesin atau ground body. 
3. Anda Juga bisa mengunakan Siku yang diberi lubang seperti dalam gambar alat dan bahan, bahan siku kalau bisa ya dari tembaga/ kuningan, bila ngak ada bisa anda gunakan dari bahan stainless steel atau terpaksa besi juga boleh. he9 Siku tersebut untuk mempermudah dan memperbanyak klem seandainya anda ingin menambah banyak sekali kabel ground, 
Klem pada Body mobil
Klem pada Body mobil
Dalam gambar terlihat ada 2 kabel Ground dan satu Kabel Massa Ground dari Lampu Relay tambahan sementara masih ada 2 buah lubang kosong yang bisa dimanfaatkan lagi dikemudian hari bila anda membutuhkan ground tambahan. 
4. Setelah semua siap anda tinggal memasangnya di unit Negatif accu dan memasang ujung klem di bagian mesin ataupun ke bagian body. (Seperti Gambar) Mudah Bukan. Untuk Pemasangan pada mesin dihindari memasang kabel di dekat unit yang panas misal dekat knalpot dan lain lain. 
Selamat Mencoba.

Semoga Bermanfaat

Pasang Mata Kucing di Bemper Mobil ( Cat's eye)

Pasang Mata Kucing di Bemper Mobil

contoh bemper Polos
Contoh Bemper Polos
Bemper mobil keluaran terbaru sekarang biasanya sudah diperlengkapi dengan mata kucing, bahkan mobil mobil terbaru pun bagian slebor belakang sudah dilengkapi dengan itu, Selain sebagai pemanis dengan adanya mata kucing maka tingkat keselamatan mobil (kita) di malam hari akan bertambah, karena bila diparkir di dalam gelap ketika mendapatkan sinar maka Mata Kucing akan memantulkan cahaya.
Yang jadi masalah bilamana kita mempunyai bemper Jadul yang engak ada Mata Kucingnya ?
Beli bemper lagi ?? Oh Nooo ... itu Tindakan Kontroversial !! Lalu ?
Jawabnya Pasang Sendiriiiii !!! .... ( DIY )

Alat dan Bahan :

mata kucing sepedamotor
Mata Kucing Sepedamotor
Anda dapat mengunakan Mata kucing dari sepedamotor, dalam contoh gambar itu adalah mata kucing milik dari sepedamotor Bebek Honda Astrea Prima atau Astrea Grand. ya itu letaknya di Astrea Prima/ Grand ada di bagian tutup shock absorber depan. Silahkan anda amati gambarnya tentunya akan mudah dibeli dan ditemukan di toko toko onderdil di dekat rumah anda. Murah kok harganya paling berkisar 10 ribu - 20 ribu rupiah (tergantung tokonya mau ambil untung berapa) kalau anda hobi ke Pasar Maling atau pasar Loak anda bisa nyari di sana, tentunya malah anda bisa mendapat barang yang orisinil. Setelah Mata Kucing didapat Lalu siapkan Cutter, Bor listrik dan baut ulir untuk memasangnya.

Cara Pengerjaan

Pengerjaan
Pengerjaan 
1. Ambilah Kertas keras ( sembarang aja ) dan gunting, Lalu tempelkan di tempat bemper yang akan dipasang tersebut lalu tandailah dengan pulpen. lalu potong kertas tersebut hingga tampak seperti gambar. kertas mengisi bagian lekukan karet dan besi dari bember.
2. Lalu ukurkan Mall kertas tersebut ke samping kiri dan kanan dari mata kucing yang akan dipasang. lalu garislah dengan pulpen.
3. Kemudian potong / kurangi bagian mata kucing yang telah anda tandai tersebut. anda bisa memakai cutter atau gerinda atau solder juga bisa.
detail pemasangan
Detail Pemasangan 
4. Cobalah tempelkan mata kucing yang telah dipermak, bila sudah mapan dengan enak, lalu ambilah bor. untuk membuat lubang di bemper anda. lalu pasang. selesai. 
Hasil Akhir
Hasil Akhir
5. ini adalah detail pemasangan dari mata kucing, Lihat detail dan lekukannya, semakin anda rajin maka pengerjaan akan semakin rapi.
6. Gambar disamping adalah gambar dari tampak kejauhan bemper yang sudah dipasangi Mata Kucing tambahan.
Anda Tertarik ? Mudah Bukan ? Selamat Mencoba ?

Semoga Bermanfaat

Pasang Lampu Di Kolong Mobil ( Add Additional Lights In Car )

Pasang Lampu Di Kolong Mobil 

Bayangkan Bila mobil anda  Kempis ban dimalam hari yg gelap
Bayangkan Bila mobil anda
Kempis ban dimalam hari yg gelap
Sering kali kita melihat ada beberapa variasi tambahan dan lampu lampu yang dipasang pada mobil, tampak menarik dan meriah bukan, bahkan mungkin ada juga yang sampai kelihatan norak dan kelihatan kampungan. Sebenarnya bila penambahan dan pemasangan lampu pada tempatnya hal ini akan membantu keselamatan dan kemudahan kita terutama di malam hari.
Lalu dimanakah penambahan lampu yang Ideal? DIKOLONG MOBIL?
Mengapa harus dikolong mobil? ada beberapa alasan dari penulis mengapa lampu tambahan dikolong mobil diantaranya adalah. 
  • Ketika kita mengalami kendala dimalam hari misal harus menganti ban kempis, mogok dan lain-lain maka kita akan mendapat lampu tambahan tanpa perlu memakai cahaya senter dan lain-lain
  • Dengan penempatan yang tepat maka lampu akan terlihat di sisi samping kanan kiri dan sisi belakang mobil, yang tentunya akan membantu keamanan mobil misal sewaktu-waktu lampu stop kita mengalami putus bohlam dan mati. (karena kita tidak bisa memprediksi usia lampu tersebut bukan)
Anda Tertarik? Ayo kita Langsung Eksekusi saja di lapangan. 

Alat Dan Bahan

alat dan Bahan
Alat dan Bahan
Alat dan bahannya adalah sebuah lampu variasi, dengan bohlam double ( Lampu ini biasanya dipakai untuk Bak Truck atau Kontainer ) jadi anda dapat membelinya divariasi mobil/ toko onderdil mobil Niaga. Bila anda menginginkan model lain juga bisa ( karena ini hanyalah contoh) dan Sediakan juga kabel secukupnya.
Lampu dalam Gambar memiliki dua Kabel yaitu kabel positif untuk bohlam berdaya besar 25 watt dan kabel positif untuk lampu berdaya kecil 5 watt. sedangkan untuk massa/ ground/ negatif anda dapat mengunakan body tempat baut pada lampu.

Cara Pemasangan

Pasang dan Baut dengan Kuat
Pasang dan Baut dengan Kuat
Silahkan anda cari tempat dimana sekiranya lampu tersebut akan dipasang, kalau pada gambar lampu saya pasang diujung bawah bemper mkobil sebelah tengah bagian bawah. mengapa disana karena seperti tujuan awal, tempat disitu adalah tempat ideal, tempat dimana tempat ban serep cadangan beserta kerekan dongkrak ban cadangan. selain itu ditempat itu bila kita melihat dari arah samping kanan kiri masih kelihatan ( lampu melindungi mobil dari arah samping ) 


Bagian Pantat dari Lampu Rem
Bagian pantat dari Lampu Rem
Setelah Lampu Terpasang dengan Kuat, Maka Kita Tinggal mencari sumber tenaga arus untuk menghidupkan lampu tersebut, sumber tenaga bisa diambil dari lampu stop. Mengapa harus lampu stop? karena lampu stop mobil biasanya mempunyai 2 jalur yang kita butuhkan yaitu satu jalur dari lampu Senja (lampu Kota ) dan satu dari Lampu Stop. Anda harus membuka lampu belakang mobil dan temukan kabel yang menuju ke bohlam tersebut,
hasil akhir
Hasil Akhir 
Setelah menemukannya anda dapat mengelupas kabel tersebut ( ingat hanya dikelupas aja tidak perlu dipotong ( agar kabel orisinil tidak rusak ) dari kabel yang sudah terkelupas tersebut kemudian kita lilit dengan kabel lampu tambahan. Ingat ya Jangan sampe terbalik antara Kabel untuk Rem dan Lampu Senja. setelah itu balut dengan selotif agar tidak terjadi konsleting.

Setelah Selesai anda tinggal menarik kabel yang udah dihubungkan ke lampu stop dengan lampu tambahan, silahkan atur panjang kabel dan sembunyikan kabel serapi mungkin. 
Pada Gambar Hasil Akhir itu akan nampak bila anda menghidupkan lampu kota maka lampu tambahan akan menyala (watt kecil 5 watt) dan ketika anda menginjak lampu rem maka filamen lampu tambahan satunya yang berdaya besar 25 watt akan ikut menyala, jadi akan menambah lampu stop tambahan dan cadangan.
Mudah Bukan.

Semoga Bermanfaat

Serba Serbi Kaca Film Mobil ( Windows Tint )

Serba Serbi Kaca Film (Windows Tint)

Mobil Baru Bisasanya Sudah terpasang Kaca film
Mobil Baru Bisasanya
Sudah terpasang Kaca film
Anda pasti sudah tahu Kaca Film kan, ayo Kita Pelajari bersama secara lebih detail

Spesifikasi kaca film (Windows Tint) 

UVT (Ultraviolet Transmittance)
Ultraviolet adalah cahaya yg dapat membuat interior kulit retak / pecah2, warna interior mobil memudar (fading) dan yang paling berbahaya adalah dapat menyebabkan kanker kulit. Semakin kecil % UVT semakin baik, pada umumnya kaca film branded dapat menolak UV 99% 
UVR (Ultraviolet Reflectance)
UVR adalah kebalikan dari UVT jadi bila kaca film memiliki nilai UVT kecil misal UVT 1% maka Nilai UVRnya adalah 99%
VLT (Visible Light Transmittance)
Nilai VLT dinyatakan dalam perse, Persentase VLT berarti menandakan besarnya cahaya yg bisa lewat melalui kaca film. Walau VLT berhubungan dg persentase kegelapan kaca film, tp Ingat VLT bukanlah sebagai ukuran % dalam menentukan kegelapan kaca film, karena kegelapan kaca film juga dipengaruhi oleh bahan dasar kaca film tersebut. Pada umumnya kaca mobil sebelum terpasang kaca film dapat menolak cahaya 5% (VLR 5%), menyerap cahaya 5% (VLA 5%) dan tembus cahaya sebesar 90% (VLT 90%).
Visible Light Absorbed
adalah persentasi dari cahaya yang dapat diserap oleh kaca film tersebut
IRR (Infra Red Reflectance/Rejected)
Infra-Red adalah radiasi panas yg dibawa oleh cahaya matahari, semakin besar spec % IRR semakin baik.
pemasangan kaca film
Pemasangan Kaca Film
TSER (Total Solar Energy Rejected)
Persentase total solar energy (heat/panas) yg bisa di tolak oleh kaca film. Semakin besar persentase TSER semakin baik, krn menandakan kemampuan kaca film u/ menolak panas yg masuk melalui kaca film secara total. TSER adalah akumulasi % dari berbagai variable penyumbang panas yg masuk melalui kaca, termasuk Infra-Red (IR) yg merupakan salah satu variable didalam TSER.

Beberapa Panduan dalam menentukan Kaca Film

Salah satu Merk  Kaca film Papan Atas
Salah satu Merk
Kaca film Papan Atas
1. Memblokir panas
Tujuan awal pasang kaca film biasanya adalah menolak panas dari matahari. Jaman Dahulu untuk memblokir panas anda membutuhkan kaca film yang lebih gelap seperti 60% atau bahkan 80%. akan tetapi sekarang dengan teknologi kaca film yang telah berkembang anda dapat memasang kaca film dengan kegelapan 40% tapi dapat memblokir panas melebihi kaca film biasa dengan kegelapan 80%. 
2. Kaca semakin Gelap akan Mengurangi resiko pencurian
Apabila anda termasuk orang yang meletakkan barang sembarangan di dalam mobil maka anda memerlukan kaca film yang dapat mengurangi resiko pencurian, Kaca film yang anda pilih adalah kaca film yang memiliki kegelapan 60% keatas, tapi ingat kompensasi nya adalah anda memiliki daya pandang yang terbatas untuk mengemudi pada saat hujan dan di malam hari.
3. Mengurangi Glare
Glare atau pantulan dari cahaya matahari yang mengenai kaca mobil anda dapat membuat silau sehingga mengurangi pandangan dan kewaspadaan anda menurun. Hal yang paling penting untuk hal ini adalah kaca bagian depan kendaraan. Pasanglah kaca film yang memang diperuntukkan kaca depan (windshield) kendaraan anda.
4. Faktor keselamatan
Ada beberapa kaca film yang di desain untuk membuat kaca film mobil anda tidak tembus peluru, tidak dapat dipecahkan dengan mudah bahkan dengan kapak sekalipun, dan lain-lain tergantung dari merk kaca film tersebut. Tapi hal terpenting dari penggunaan kaca film ini adalah membuat kaca mobil anda tidak dapat pecah berantakan dan membahayakan penumpang di dalamnya.
5. Signal Handphone dan GPS
Kaca film yang jelek dapat merusak atau mengurangi sinyal handphone atau alat pemancar lainnya seperti GPS portable dan Handy Talkie. Jadi konsultasikan hal ini dengan dealer kaca film mobil anda.
Setelah kita mempertimbangkan beberapa hal diatas, baru kita dapat menentukan kaca film merek apa, dan dengan tingkat kegelapan apa yang kita butuhkan. Dari situlah baru kita menghampiri beberapa dealer kaca film yang ada.

Cara mudah untuk mendeteksi kaca film mobil palsu

warna kaca film
Warna Kaca Film
1. Cetakan atau logo kaca film
Print pada kaca film bukan jaminan keaslian. Hindari kaca film dengan cetakan logo tak rapi, mulai dari tinta meluber atau terlalu tebal. Kaca film yang digulung dengan logo atau tinta terlalu tebal bisa membuat kaca film bergelombang. Akibatnya, pada malam hari, sinar lampu yang diterimanya terpecah. Jadi, pastikan Anda mendapat kaca film dengan cetakan setipis dan serapi mungkin.
2. Ketebalan
Kaca film penahan panas idealnya punya ketebalan antara 1,5-1,7 mikron. Kurang dari itu boleh diragukan keasliannya. Kaca film memang tipis, tapi produk asli, meski tipis tetap kaku. Sementara itu, produk palsu sangat tipis dan lentur.
3. Warna
Ada bermacam-macam kaca film, tapi bukan jaminan keaslian. Kaca film palsu dengan kualitas jelek lama-kelamaan bisa berubah warnanya. Perubahan warna biasanya terjadi setelah jangka waktu tertentu. Di daerah tropis biasanya terlihat dalam 2-3 bulan.
4. Harga
Harga kaca film berbanding lurus dengan kualitas. Jangan tergoda tawaran dengan harga murah yang kemungkinan besar produk palsu. Kaca film asli di impor ke Indonesia hanya lewat distributor resmi dengan standar harga pasti. Tiap kaca film punya kode wilayah sendiri, adapun yang beredar di luar batasan kode itu tidak bisa mendapat layanan garansi.
5. Kartu Garansi
Pastikan mendapat kartu garansi untuk tiap pembelian. Kartu ini menjamin keaslian dan layanan purna jual kaca film. Lebih aman beli dan pasang kaca film di dealer resmi.
6. Gunakan Alat Termometer
Biarkan mobil yang telah dipasangi kaca film dijemur di bawah sinar matahari dalam beberapa saat. Kemudian, pasang termometer di kaca tersebut. Jika tingkat suhunya cukup tinggi, kualitas kaca film itu layak dipertanyakan. 

Semoga Bermanfaat 

Boneka Uji Tabrak ( Crash Test Dummy )

Boneka Uji Tabrak ( Crash Test Dummy )

Tes tabrakan
Test Tabrakan
Dengan makin berkembangnyanya kemajuan dan teknologi mobil, maka mobil akan menjadi semakin cepat dan terus makin cepat, sesuai hukum fisika sesuatu yang bergerak semakin cepat tentunya momentumnya juga makin besar, dan ada kendala tertentu untuk menghentikannya, Dengan regulasi yang ada maka Pabrikan mobil dituntut untuk membuat mobil buatannya semakin aman, aman bagi pengendara dan aman pula bagi orang lain ataupun pada lingkungan.
Dilengkapi sensor-sensor yang diperlukan
Dilengkapi sensor-sensor yang diperlukan 
Yang jadi masalah bagaimana ya caranya pabrikan mengetes dan mengetahui sejauh mana keamanan mobil bikinannya dalam melindungi enumpang misalnya saja mobil tiba tiba kecelakaan atau menabrak sesuai. tentu sulit bukan, Jalan satu satunya untuk mengetahui seberapa efektif teknologi keamanan dan keselamatan di kendaraan ya harus mengujinya dengan simulasi test tabrakan. Tapi Bagaimana ya apakah mungkin misal anda diberi duit yang banyak lalu mau menjadi testernya, misal anda diberi bayaran 20 juta lalu disuruh membawa mobil lalu menabrakkanya di Tembok beton? Mungkin sebagian ada yang mau? he99 tapi hal itu tidak lah mungkin dan pasti sudah dilarang pemerintah dan hukum yang berlaku.
Jalan keluarnya maka diciptakan Boneka Uji Tabrak ( Crash Test Dummy ) 

Mayat Manusia

Universitas Detroit Wayne State adalah yang pertama secara serius mulai mengumpulkan data tentang efek dari kecepatan tinggi tabrakan pada tubuh manusia. Pada awalnya tes pertama adalah pengunaan mayat manusia. Mayat digunakan untuk mendapatkan informasi mendasar tentang kemampuan tubuh manusia untuk menahan kerusakan tubuh yang biasanya dialami dalam kecelakaan mobil. Untuk tujuan ini, Mayat lalu dilengkapi dengan accelerometers/ sensor2 yang diikat dibadannya dan dimasukkan kedalam ke dalam mobil dan kemudian mobil sengaja ditabrakkan (simulasi). Namun, Cara ini ternyata tidak efektif. Terutama adanya isu-isu moral dan etika yang terkait orang mati, Selain itu Mayoritas mayat yang tersedia adalah orang dewasa meninggal, Selain itu tidak adanya keseragaman dari kondisi mayat akan sangat menyulitkan pengambilan kesimpulan, karena tidak ada dua mayat yang sama, dan juga karena setiap bagian tertentu dari mayat hanya bisa digunakan sekali, itu sangat sulit untuk mencapai perbandingan data yang dapat diandalkan. Selain itu, mayat anak tidak hanya sulit untuk mendapatkan, tetapi pendapat baik legal dan masyarakat membuat mereka tidak dapat digunakan secara efektif. Selain itu, sebagai pengujian kecelakaan menjadi lebih rutin, mayat yang cocok menjadi semakin langka.

Boneka Manusia

Boneka Penguji juga  tersedia berbagai ukuran
Boneka Penguji juga
tersedia berbagai ukuran
Maka dimulailah dikembangkan Boneka Khusus Uji Tabrak. Seri VIP-50, dibangun khusus oleh General Motors dan Ford, yang juga dipakai oleh Badan Standar Nasional. Kemudian Sierra juga meluncurkan sebuah model yang disebut "Sierra Stan," Insinyur GM akhirnya menggabungkan fitur terbaik dari seri VIP dan Sierra Stan, pada tahun 1971 lahirlah boneka Hybrid. Dalam Perkembangan selanjutnya kerjasama dengan Society of Automotive Engineers (SAE), GM berbagi desain ini, 
apa jadinya bila ini manusia
Apa Jadinya bila ini manusia
Hybrid II diperkenalkan pada tahun 1972, dengan peningkatan bahu, tulang belakang, dan tanggapan lutut, dan dokumentasi yang lebih ketat. Hybrid II menjadi boneka pertama yang sesuai Amerika Federal Motor Standar Keselamatan Kendaraan (FMVSS) untuk pengujian putaran otomotif dan sabuk bahu. Pada tahun 1973, dirilis boneka ke-50. Hybrid I dan II Hybrid ternyata masih dianggap sangat kasar, karena penggunaannya terbatas hanya untuk mengembangkan dan menguji desain sabuk pengaman. Kemudian lahirlah boneka Hybrid III yang memungkinkan peneliti untuk mengetes pengaruh dan pengurangan cedera.

Semoga Bermanfaat

Tata Cara Purging Mesin Diesel

Purging Mesin Diesel

Skema Purging
Skema Purging
Purging adalah suatu cara yang praktis untuk membersihkan Injector / nosel / komponen di pompa injeksi atau jalur bahan bakar tanpa kita harus membongkar alat-alat tersebut. Sistem dari Purging adalah sirkulasi tertutup (closed loop fluid circulation), Yang Artinya semua proses purging baik aliran masuk dan keluar dari pompa injeksi berhulu dan bermuara dibotol tempat purging, disini mesin berjalan hanya mengunakan obat dari purging tersebut dengan cara kita membypass bahan bakar dari tangkinya. ( maaf saya menjelaskannya agak sulit dengan bahasa yang sulit dicerna) Untuk Lebih Jelasnya ayo kita lakukan sendiri dan amati proses dibawah ini,

Sebagai bahan Contoh Kita Gunakan Mobil Jenis Isuzu Panther Turing 

( Untuk Mobil diesel yang lain caranya sama kok )
Tata Cara Purging
Tata Cara Purging
1. Siapkan obat Purging, anda bisa membelinya di toko toko terdekat.
2. Siapkan 2 buah selang untuk menyambung dan jalur bahan bakar , satu selang untuk input dan satu selang lagi untuk selang balik bahan bakar dari Injection Pump.
3. Silahkan lepas Selang bahan bakar dari Filter Solar yang menuju Injection Pump, Setelah itu sambung selang bahan bakar tersebut dengan selang  di gambar 2 yang sudah kita siapkan. (apabila ternyata selang dari filter solar tersebut panjang maka anda tidak perlu menyambung dengan selang (optional - tergantung situasi dan kondisi).
4. Cabut juga selang balik bahan bakar setelah Injection pump yang menuju ke Tangki bahan bakar. Lalu selang tersebut silahkan sambung juga dengan selang yang kita persiapkan (gambar2).
5. Masukkan kedua selang yang telah kita perpanjang (gambar no.3 dan 4) kedalam botol purging. lalu tempatkan botol ditempat yang aman.
6. Hidupkan mesin dan biarkan mesin stationer lalu tunggu sampai obat purging tersebut hampir habis. setelah hampir habis silahkan matikan mesin kembalikan semua selang seperti semula, dan jangan lupa Pompa kembali ( prosedur buang angin ) lalu hidupkan mesin. cek segala kebocoran. Sisa obat purging bisa anda masukkan ke dalam tangki bahan bakar.
Mudah Bukan,
Spesial Thangkiu To:
Mr. Maryana Wings - PM-231 ( Pemilik Mobil )
Mr. Agustinus Supriyono - PM-120 ( Pelaksana Proses Purging )
bagi yang ingin melihat gambar berukuran besar silahkan meluncur ke :
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=587073991306354&set=o.108780505942274&type=1&theater

Semoga Bermanfaat

Membersihkan Kaca Film dan Interior Mobil

Membersihkan Kaca Film dan Interior Mobil

Ada banyak manfaat dari membersihkan mobil sendiri
Ada Banyak Manfaat
dari membersihkan mobil sendiri
Kadang dengan kesibukan kita, Sering kita melupakan perawatan dan kebersihan dari Interior mobil kita, kita kadang hanya berfokus pada kebersihan dari Mobil kita bagian Luar. Padahal Kebersihan Interior mobil akan membuat anda lebih nyaman dalam berkendara. 
Bila anda ingin Membersihkan sendiri interior anda mudah kok, ada banyak bahan bahan kimia dan pewangi yang bisa anda gunakan, Tapi bila anda ingin mengurangi pemakaian bahan kimia yang mengandung parfum dan sebagainya, anda bisa kok memakai bahan seadanya, ya bahan itu bisa kita temukan di kehidupan kita sehari hari, yaitu air ... he99
alat dan Bahan
Alat dan Bahan

Alat dan bahan: 

Silahkan anda siapkan Bahan dan Alat yang ada di dalam gambar samping ini: 
alat Semprotan Air, Sampo ( anda bisa pakai sampo Kit atau sampo biasa yang anda pakai ), Kain Lap Chamois (Kanebo), dan Kain Lap Bersih (di gambar adalah Kain Lap Microfibre).

Cara Pengerjaan:

1. Segera Isi Alat Penyemprot dengan aIr bersih, lalu ambilah Sampo dan tuangkan kedalam botolnya alat penyemprot. ( Sampo jangan banyak2 cukup 1 sendok teh saja ), Dalam hal ini sampo hanya berfungsi untuk pelicin air dan pengangkat debu dan minyak pada bidang yang akan kita bersihkan) (Ingat ya jangan banyak banyak). Lalu setelah tercampur segera kocok air + Sampo tadi biar larutan menjadi homogen.
2. Basahilah lap Kanebo anda dengan air bersih lalu peras, ( agar kain menjadi lembut dan lunak. setelah itu anda bisa mulai membersihkan interior anda.
Semprot Kaca Film sampai rata
Semprot Kaca Film sampai rata 
Kaca Film
Untuk Kaca Film anda tinggal menyemprot kaca film yang akan dibersihkan.
Semprot dengan merata ke bidang yang akan dibersihkan. setelah itu dengan mengunakan lap kanebo yang sudah dibasahi tadi segera anda Pel bagian kaca film tersebut, ingat jangan menekan keras keras kaca film, cukup usap dengan lembut, dan bila misal ada kotoran dan bekas minyak dikaca film tersebut semprot lagi kedaerah kotor dan usaplah dengan berlahan. Untuk pengelapan Kaca Film jangan melakukan gerakan memutar ( seperti anda memoles cat ) tapi sekalah lap dengan arah searah.
Dashboard
Dashboard
Dashboard

Untuk membersihkan Dashboard caranya pun sama dengan membersihkan kaca film, Semprotlah dasboard anda dengan alat semprotan, lalu segeralah lap juga dengan memakai Lap Kanebo, 
Yang perlu diwaspadai adalah waktu menyemprot jangan dekat dekat dengan alat electronic seperti GPS, Sound System, Televisi dan sebagainya. 
Jok, Side Trim dan Plafon.
Bila Mobil anda terbuat dari kulit/ Vynil anda bisa meneruskan pembersihan dengan mengelap semua bagian tersebut seperti cara diatas. 
Bahan pembersih Interior
Bahan Pembersih Interior
Mudah Bukan, Bila Anda merasa kurang puas atau bila anda ternyata masih menyimpan cairan2 kimia pembersih, bisa kok setelah ritual pembersihan ini anda lanjutkan dengan bahan misalnya seperti gambar disamping. 
Keterangan Gambar:
- Kit dan carera adalah produk untuk pembersih dasboard dan Bahan vynil model cairan semprot.
- Lemon Pledge, Pembersih juga untuk Bahan Kulit dan Vynil model semprot dengan gas bertekanan, (Maaf saya bukan Sales ketiga Produk tersebut, Kebetulan asaja memakai produk mereka)
ketiga bahan tersebut memberi efek sama pada kulit yaitu kilap dan rasa yang kesat pada kain jok,
- Sedang yang paling kanan adalah Cairan anti static, digunakan untuk membersihkan alat alat electronic, karena anti static maka cairan aman bila disemprotkan ke permukaan electronik di mobil anda.

Semoga Bermanfaat

Macam Penggerak Mobil dan Karakternya

Macam Penggerak Mobil dan Karakternya

Letak Mesin dan Penggerak  Menentukan Performa dan Handling
Letak Mesin dan Penggerak
Menentukan Performa dan Handling
Pada dewasa ini begitu banyak macam penempatan mesin pada sebuah mobil, ada yang didepan (mobil berhidung) ada yang ditengah mobil dan ada pula yang mesinnya dibelakang, kayak mobil VW Combi. Penempatan itu membawa konsekuensi pada perbedaan karakter pengendalian dan handling ( meliputi kecenderungan oversteer dan understeer). Kemudian anda pasti bertanya tanya, Lalu Tempat yang terbaik untuk  menempatkan mesin di kendaraan dimana ? apakah mesin di depan, di tengah atau di belakang ? Ternyata tempat mesin pun masih dipengaruhi oleh pilihan roda penggerak? Ya roda penggerak memiliki andil yang cukup besar dalam menentukan karakter sebuah mobil, selain itu juga menentukan keekonomisan dan performa yang menjadi pertimbangan pada pabrikan untuk merancang sebuah mobil.
Ayo kita coba bedah satu persatu beberapa macam yang populer digunakan pada mobil dewasa ini.

Mesin Depan - Penggerak Depan

Honda sang Pelopor Pengguna  Gerak Roda depan di Tanah Air
Honda sang Pelopor Pengguna
Gerak Roda depan di Tanah Air
Inilah perpaduan yang sekarang ini banyak digunakan pada pabrikan mobil, terutama pada sedan, city car, mpv bahkan beberapa SUV pun menggunakan kombinasi ini, kita lihat aja mulai sedan Toyota Vios, suzuki SX-4, Nissan Livina, Captiva dll.
Pada kombinasi ini banyak memberikan keuntungan yaitu mesin bekerja lebih efisien, ya lebih efisien karena mesin bekerja lebih minim gesekan karena komponen yang digunakan lebih sedikit, lebih sedikit karena jenis ini tidak memakai As kopel seperti halnya penggerak roda belakang. Efisiensinya diperbesar dengan meletakkan mesin dengan posisi melintang. Dengan diletakkan pada sisi melintang maka otomotis sumbu putaran mesin sudah sejajar dengan sumbu putaran as roda depan. Di indonesia yang menjadi pelopor mesin depan penggerak depan adalah Honda di sekitar tahun 70'an. Pada tahun itu sebagian besar mobil sedan masih mengunakan gerak roda belakang. 
Ada Keuntungan tentu juga ada kerugiannya, Kerugian kombinasi ini adalah Pada keawetan dan kekuatan as penggerak, karena kita tahu bahwa as pengerak mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai as penggerak roda dan sebagai Kemudi yang mengendalikan arah kendaraan. dengan karekter ini maka sebuah mobil akan lebih menerima gejala Understeer, karena kecenderungannya mobil ini memiliki titik berat didepan. dengan beban terpusat didepan, ditambah waktu pengereman ( titik berat mobil akan berpindah kedepan) maka roda depan akan menerima beban yang sangat besar ) Beban yang besar tentu akan membuat Ban bekerja ekstra keras dan lebih mudah untuk kehilangan traksi yang menyebabkan mobil rawan understeer. Cara untuk melawan atau mengurangi understeer sudah saya bahas, Silahkan baca di, http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/05/underster-overster.html 

Mesin Depan - Penggerak Belakang

Isuzu Panther Grand Touring Mesin Depan Penggerak Belakang
Isuzu Panther Grand Touring
Mesin Depan Penggerak Belakang
Dengan kemampuan daya dorong yang besar membuat banyak produsen mengaplikasikannya pada mobil niaga, dan kombinasi ini akan memberikan traksi yang baik ketika mobil diberi beban yang berat. Kelebihannya juga dengan kombinasi ini mobil akan mendapat karakter pengemudian yang lebih halus daripada mobil mesin depan pengerak roda depan, maka tak heran mobil mobil jenis premium masih setia mengunakan jenis kombinasi ini, Kebalikan dari Kombinasi mesin depan penggerak depan maka pada kombinasi ini Kendaraan menjadi kurang ekonomis dan efisien, karena adanya kerugian gesek yang lebih besar, Selain itu dengan kombinasi ini stir cenderung lebih ringan dan lebih smooth tidak seliar penggerak depan, maka hal ini akan menyebabkan mobil lebih mudah oversteer, karena ketika memasuki tikungan dan melakukan pengereman maka bobot mobil akan berpusat didepan, sedangkan gerak tenaga ada di roda belakang, dengan makin makin ringan beban kerja roda belakang maka roda belakangpun terancam kehilangan traksi yang berakibat oversteer, maka diperlukan counter steer dan sebagainya untuk melawan oversteer.Silahkan baca selengkapnya di topik, http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/05/underster-overster.html 

Mesin Depan Gerak 4 roda

Volvo AWD
Volvo AWD
Pada Awalnya sistem gerak 4 roda hanya digunakan pada jenis Jip, ya karena Jip diharuskan mempunyai jelajah yang lebih tinggi. Dengan kemampuan jelajah yang lebih tinggi inilah kemudian pabrikan juga mengadopsinya pada mobil penumpang. Dengan tersalurnya tenaga pada keempat roda maka traksi pada roda pun menjadi sangat baik, dengan sistem 4 gerak roda mengharuskan mesin mempunyai daya yang lebih baik, karena komponen yang bekerja juga lebih banyak, alhasil efisensi dan ke ekonomisan nya pun akan menurun. alias BBM lebih boros. Untuk mengatasi hal ini maka pada beberapa pabrikan menerapkan sistem All Wheel drive yang hanya bekerja pada konsisi tertentu saja, misal ketika pada jalan normal maka tenaga mesin hanya tersalur pada roda depan saja, tetapi begitu salah satu roda belakang atau semua roda kehilangan traksi maka sistem akan otomatis mengaktifkan gerak 4 roda. Kesimpulannya maka sistem All Wheel drive menjadi sistem yang terbaik, dimana keekonomisan sebuah mesin dapat tercapai dan traksi mobil menjadi lebih baik minim gejala understeer dan oversteer. Kelemahannya ya hanya satu, dengan kompleknya sistem gerak maka otomatis akan menjadi lebih mahal, karena mahal tentunya akan menjadi kurang peminat, apalagi orang indonesia sangat paranoid terhadap maintenance dan after sales servis. he99

Mesin Tengah - Pengerak Belakang

honda NSX
Honda NSX
Dengan peletakan mesin di tengah akan membuat distribusi bobot kendaraan menjadi seimbang. akan tetapi dengan peletakan mesin di tengah maka akan kesulitan menemukan desain interior secara kesulitan, mengapa demikian? ya karena ruang penumpang akan terganggu dengan penempatan mesin. Selain itu dengan adanya mesin ditengah maka vibrasi dan suara mesin akan sangat mengganggu terutama bila sekat tidak sempurna maka panas mesin akan mudah menjalar ke ruang penumpang. Pada kkombinasi ini mobil agak sulit dikendalikan karena ban belakang sangat mudah kelebihan traksi akibat tenaga mesin yang berlimpah. Contoh yang mengunakan kombinasi ini adalah Honda NSX.

Mesin Belakang - Penggerak Belakang

Porche
Porche 
Hanya Sedikit mobil yang mengunakan jenis ini diantaranya yang masih digunakan sampe saat ini adalah Porche. Seperti halnya mobil dengan penggerak depan dan mesin depan, maka kombinasi ini akan mempunyai keuntungan dari minimnya gaya gesek, akan tetapi karena letak mesin dibelakang maka gejala oversteer akan mudah terjadi. Untuk mencegah oversteer maka pabrikan porche memasang Ban Bertelapak sangat Lebar pada roda belakang ditambah sumbu roda yang lebar juga, sehingga akan meningkatkan traksi yang lebih baik, selain itu berhubung jenis sportcar maka mobil dibuat serendah mungkin sehingga titik pusat gravitasipun menjadi rendah.
Selain itu keuntungan dari mesin belakang ini terletak pada desain, dengan mesin dibelakang maka moncong dari mobil dapat dibuat selandai mungkin sehingga mobil akan lebih aerodinamis.

Semoga Bermanfaat