Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Tip & Triks Membersihkan Kutub Accu

Tip & Triks Membersihkan Kutub Accu

Jangan Sampai mogok gara gara Accu
Jangan Sampai mogok
 gara gara Accu
Sering kali kita mendengar atau membaca tentang pentingnya perawatan accu pada sebuah motor ataupun mobil, ya terutama pada accu jenis tipe basah, Anjuran dan saran perawatan accu biasanya hanya meliputi mengecek ketinggian air accu. air accu harus berada di garis lower level dan upper level , lalu untuk mengisi memakai air destilasi / air suling dan sebagainya.
Kadang tanpa kita sadari ada bagian penting dan vital dari accu yang sering dilupakan.
Apakah itu?
Terminal / Kutup Kutup Accu !!!
Ya Kutub kutub Accu baik itu yang negatif atau positif sangat memegang peranan vital karena disanalah muara dan kontak dan lalu lintas energi listrik disalurkan dan menyalurkan dari accu ke mobil anda.
Pada kasus tertentu bahkan sebuah mobil yang relatif baru tidak bisa distater hanya karena baut dari kutup accu agak kendur. (Pengalaman Fortie D4D punya Saudara yang ngak bisa stater karena kabel positif Accu Agak kendor).
Karena itu lakukanlah inspeksi dan perawatan pada terminal kutub kutup Accu , Caranya mudah kok. ayo kita lakukan sendiri dirumah.

Cara Pekerjaan

Membersihkan Terminal Accu
Membersihkan Terminal Accu
1. Siapkan aja Sikat gigi bekas, Lalu anda bisa memotong/ memangkas sedikit bulu rambutnya agar lebih pendek ( memperkeras bulu sikat )
2. Lalu siapkan Bensin atau cairan pembersih. bisa berupa air dan lain lain. ( karena biasanya terminal kutub accu terbentuk kristal kristal garam).
3. Ini adalah contoh terminal accu negatif yang akan kita bersihkan.
4. Ambilah kertas karton bekas atau kertas koran ya bisa potong seperti gambar.
5. Setelah itu pasangkan kertas tadi kedalam dasar electroda accu, ya ini berfungsi sebagai pelingdung agar accu tidak kotor. (anggap aja seperti ketika anda disalon mau potong rambut anda, lalu diberi jubah, he99)
6. Sikat electroda accu dengan memakai cairan pembersih. sebelum anda menyikat coba check kekencangan dari mur dan baut klem klem accu anda kencangkan bila kurang kencang.
7. Setelah proses selesai anda bisa mengambil kertas, lalu semprotkan cairan Silikon di atas terminal accu. (sebagai pelindung).
8. Selesai. anda bisa beralih ke terminal satunya lagi.
Note:
Buat mobil yang dilengkapi dengan ECU ( mobil bensin dan Diesel ) hati hati waktu bermain dengan accu jangan sampai ECU anda mereset.

Semoga Bermanfaat

Memasang Saklar Motor untuk keperluan Mobil

Memasang Saklar Motor untuk Mobil

Berbagai saklar motor
Berbagai saklar motor
Anda hobi memasang piranti tambahan pada mobil anda, misalnya anda memasang lampu tembak/ halogen tambahan, Air horn, Sirine sirine tambahan dan sebagainya. Kadang tanpa kita sadari kita memasangnya dengan asal asalan dengan cara memasang saklar yang besar dan tidak sesuai dengan tata letak dashboard mobil anda, ( karena biasanya yang memasang adalah tukang, dan ngak memperhatikan estetika.
Topik update kali ini saya sekedar memberi saran, Anda bisa memakai saklar dari sepedamotor, ya karena saklar sepeda motor jaman sekarang biasannya sudah terpisah pada stang dan tidak berbentuk dan ditanam di holder seperti motor jaman dulu, Coba anda amati motor anda misalnya Motor bebek Honda Kharisma, Supra 125x, Suzuki Shogun/ Smash. anda akan tahu kalau saklar itu bisa dipakai dan bisa ditanam pada plastik dashboard mobil anda hingga kelihatan rapi, anda tertarik silahkan terus membacanya. O iya Saklar macam gituan kualitas KW biasanya seharga sekitar 10ribu perbijinya.

Cara Tutorial singkat

Pemasangan Saklar
Pemasangan Saklar
1. Coba anda amati gambar diatas ( berbagai macam saklar motor) dari gambar itu anda bisa menyesuaikan kebutuhan dari saklar anda, misal bila anda butuh pasang Air Horn ( klaxson angin ) tentunya saklar model pantul lebih cocok ( misal anda memakai saklar stater atau saklar tombol bel milik honda kharisma/ suzuki smash. Tapi bila anda harus memakai saklar yang bekerja terus menerus misalnya untuk keperluan lampu maka saklar model Dim lebih cocok. Untuk memulainya silahkan anda mencari kardus sebagai mal.
2. Garis kertas kardus sesuai lebar dan panjang dari saklar.
3. Dengan bantuan Cutter potong.
4. Masukkan saklar kedalam kertas.
5. Perhatikan Kait harus sempurna (anak panah)
6. Tampak depan.
Anda bisa memakai kertas mall tadi untuk mengukur pada plastik dasboard mobil anda dan dapat melubanginya sesuai ukuran yang telah dibuat. Mudah bukan.
Note 
Berhubung saklar motor anda sebaiknya memasang relay tambahan untuk saklar ini. ( saklar hanya berfungsi sebagai switch sedang arus utama tetap memakai Relay. untuk Pemasangan Relay anda bisa membaca-baca topik yang pernah saya buat untuk sekedar merefresh ingatan anda
( Klik Disini ) ( Servis Relay ) ( Alternatif Pengganti Relay )

Semoga Bermanfaat

Mengisi Oli Visco Fan Kipas Radiator (Viscous Fan Clutch Oil)

Mengisi Oli Visco Fan Pada Kipas Radiator

Silicon Oli
Silicon Oli
Anda Memiliki Mobil berKipas Radiator non Electrik (di gerakkan oleh Belt). Biasanya itu adalah mobil dengan Gerak Roda belakang macam Kijang Kotak, Kapsul, Innova, Kuda, Isuzu Panther, Ford Ranger, Terrano, Pajero, Jimny dan lain lain ( maaf tidak bisa saya sebut satu persatu mobilnya). Pada Sistem Visco Fan Antara Pengerak belt dan Kipas dihubungkan oleh Cairan Olie yang disebut olie Visco Fan, Cara Kerjanya adalah ketika mesin masih dingin maka Kipas akan Selip sehingga tidak memakai tenaga mesin, tapi ketika mesin mulai panas ( mesin butuh pendinginan kipas) maka Olie visco akan mengembang sehinga membuat Kipas menjadi berat sehingga dapat berputar sesuai dengan kecepatan puley belt. Dengan berjalannya waktu Olie Visco akan berkurang sehingga kemampuan kipas akan menurun. ( Walau sudah panas Kipas tetap Selip dan putarannya ngak maksimal ) ini bisa jadi penyebab mesin overheating. Anda ingin menambah Olie Visco tersebut? Silahkan meneruskan membaca.

Cara Pekerjaan

Mengisi Visco Oil
Mengisi Visco Oil
1. Gambar 1 adalah Lay out tempat Fan Radiator. Pada contoh gambar ini mengunakan mobil Isuzu Panther Turing. ( untuk mobil lain prosesnya sama saja, hanya paling bautnya yang agak beda sedikit. Sebelumnya silahkan anda mencari di toko Silicon Oli seperti gambar diatas.
2. Itu ada baut pemegang kipas berjumlah 4 buah, kendorkan mur dan lepas ke 4 Murnya. Hati-hati waktu melepasnya karena dekat dengan kisi kisi radiator agar tidak melukai net dari radiator.
3. Setelah fan radiator terlepas dari puley, lepaskan mur sebanyak 4 biji Untuk memudahkan anda bisa memakai Kunci pake kunci sock atau kunci T
4. Setelah fan radiator terlepas, tinggal as fan radiator ada baut  (+) ( kembang ) sebanyak 4 biji. Lepas baut memakai obeng kembang.
5. Kemudian ketika baut sudah terlepas semua, dengan hati hati ungkitlah, lalu perhatikan ada seal karet nya, jangan sampai putus atau rusak. Pada Gambar 5 itu yang nampak kekuningan adalah olie silicon sisa yang sudah berkurang banyak.
6. Lalu masukan oli silicon di dalam lubang, isi sampai penuh dan merata, jangan sampai tumpah saat menuang. setelah penuh  maka pasang kembali seperti proses kebalikan dari pelepasan. selesai
Note:
  • Sebelum dipasang lakukan pembersihan pada bagian seal karet dan bagian lainnya,supaya tidak ada kebocoran.
  • Pada pemasangan diperhatikan agar seal karet bisa tepat pada tempatnya.
  • Lalu pada saat memasang lagi fan radiator ke puley, anda bisa memegang puley sebagai penahan waktu pengencangan kipas agar tidak bergoyang goyang.
  • Pada waktu pemasangan wajib diperhatikan gar pengencangan baut merata dan Center. Setelah terpasang coba putar kipas dulu pastikan tidak ada kemiringan dan lain lain sebelum menghidupkan mesin.
Gambar dan Properti adalah Sumbangan dari
Mr Fariezal adhi
Untuk Info dan Penjelasan lebih detail bisa menghubungi langsung ke
HP 089 9352 4567
Untuk memperoleh File Resolusi Besar silahkan Klik Disini

Semoga Bermanfaat

Run Flat Tires

Run Flat Tires 

Bagian dalam Run Flat Tires
Bagian dalam Run Flat Tires
Run flat tires adalah ban kendaraan dirancang untuk melawan efek deflasi, Sehingga ketika dia kehilangan angin, misalnya kempis karena tertusuk atau tertembak  maka dimungkinkan kendaraan tersebut tetap dapat dikendarai pada kecepatan maksimal (55 mph (90 km / jam)), dan jarak tempuh sampai 100 mil (160 km), atau bahkan 200 mil (320 km), tergantung pada jenis ban dan merk.
Dengan memakai Run Flat Tires maka standar keamanan anda akan lebih tinggi, jadi misalnya suatu waktu ban mobil anda kempis dijalan, anda tidak perlu repot repot menganti ban di tengah jalan. anda tinggal menjalankan kendaraan anda untuk kembali ke rumah atau ke bengkel untuk perbaikan. Apalagi di era sekarang banyak kejahatan penebar ranjau paku, apa jadinya bila anda dirampok ketika anda sedang mengganti ban di tempat yang sepi.

Sejarah Run Flat Tires

Kempis bisa dijalankan dan baru diganti di rumah atau bengkel
Kempis bisa dijalankan
 dan baru diganti
di rumah atau bengkel
1934 Di perkenalkan ban yang memiliki kain ban dalam.
1935, Michelin memperkenalkan ban yang dengan teknologi yang dikembangkan untuk kereta komuter lokal dan troli . Bila ban tertusuk maka ban akan tetap bisa dijalankan karena memiliki lapisan busa khusus. Ban ini dijual untuk penggunaan militer dan kendaraan khusus seperti kendaraan lapis baja untuk keperluan perbankan.
1958, Chrysler bekerja sama dengan Goodyear Tire dan Rubber Company menawarkan Captive Air ban run-flat menggunakan interlining.
1972, Dunlop meluncurkan Denovo yang menjadi perlengkapan opsional pada Rover P6 3500

Keuntungan Run Flat Tires

Tergantung daripada desain, beberapa ban run-flat memiliki performa yang lebih baik dibandingkan ban biasa, walau ada yang sedikit lebih buruk. Biasanya ban run-flat memiliki rolling resistance 20% lebih tinggi, sebagian karena bahan struktural tambah mereka dan massa. ( dengan rolling resistance lebih tinggi tentunya mobil akan lebih hemat bahan bakar)  Di sisi lain, bracing internal dalam beberapa ban run-flat mengurangi deformasi, dengan efek yang berlawanan untuk mengurangi rolling resistance dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Perbedaannya
Perbedaannya
Keuntungan lebih lanjut berasal dari tidak perlu membawa ban cadangan, Sehinga Ruang tempat menyimpan ban serep dapat digunakan untuk tujuan lain. Juga, tidak adanya ban cadangan memberikan kontribusi untuk menurunkan berat kendaraan yang pada gilirannya akan mengurangi konsumsi bahan bakar, mengurangi emisi gas buang berbahaya, meningkatkan kinerja dan pengereman.

Kerugian Ban Run Flat Tires

Dengan adanya perkuatan pada dinding ban, maka biasanya Ban jenis ini lebih keras, sehingga mengurangi kenyamanan secara kesuluruhan. dan dengan desain yang lebih rumit maka harganya pun tidak ekonomis.

Kode Ban Run Flat Tires 

run Flat Tires Code
Run Flat Tires Code
Dibawah ini beberapa kode di side wall ban pada beberapa produsen ban Run Flat Tires
Bridgestone = RFT (Run Flat Tyre)
Dunlop = DSST (Dunlop Self-Supporting Technology)
Firestone = RFT (Run Flat Tyre)
Goodyear = EMT (Extended Mobility Technology)
Kumho = XRP
Michelin = ZP (Zero Pressure)
Pirelli RFT = (Run Flat Technology)
Yokohama = Run Flat
Semoga bermanfaat 

Wanita Mengemudikan Mobil ? Mengapa Tidak ?

Wanita Mengemudikan Mobil ? 

wanitapun sekarang banyak yang menjadi Pembalap
wanitapun sekarang banyak
yang menjadi Pembalap
Pada jaman sekarang begitu banyak wanita yang mengemudi di negara kita. Informasi masalah keselamatan pengemudi pada umumnya hanya menyangkut tentang pengemudi Pria, Ya di berbagai sektor bila membicarakan pengemudi dan lain lain pasti topiknya adalah tentang pengemudi itu adalah Pria. Padahal Dengan banyaknya pengemudi wanita maka informasi tentang keselamatan pengemudi wanita juga menjadi hal penting yang perlu diangkat.
Pada dasarnya prilaku pengemudi baik itu pria ataupun wanita biasannya secara garis besar sama. (beberapa waktu yang lalu di blog ini pernah membahasnya). Akan tetapi tanpa kita sadari ada beberapa kejadian/ Kriteria Prilaku Spesifik dari wanita yang sedikit berbeda. Kebanyakan pengemudi Wanita mudah panik bila menghadapi kejadian di jalan raya. Dengan adanya reaksi tersebut kadang membuat berbahaya. misalnya harusnya mengerem malah menginjak Pedal Gas karena gugup. (Tapi tidak semua pemgemudi wanita seperti itu lho) 

Dibawah ini ada sedikit Saran buat para wanita saat mengemudikan kendaraan dijalan raya.

Jangan terlalu banyak menempatkan aksesori
Jangan terlalu banyak
menempatkan aksesori
1. Letakkan Barang belanja ditempat yang aman.
Sesuai kodratnya biasanya para wanita pasti mwmbawa barang yang lebih banyak dari pria, entah itu barang belanjaan ataupun aksesori pendukungnya. untuk itulah selalu perhatikan letak barang bawaan sesuai proporsinya. Jangan sampai barang belanjaan yang dibawa malah kemudian menganggu konsenrasi pengemudi, Misalnya meletakkan barang belanjaan di jok mobil, lalu ketika mobil direm mendadak barang akan berantakan jatuh kelantai. ini hal sepele tapi akan sangat membahayakan anda, terutama akan mengakibatkan konsentrasi yang terpecah.
2. Pasang aksesori sewajarnya.
Hal ini menjadi perhatian khususnya buat wanita yang memiliki mobil pribadi. ya memang kliatan menarik dan lucu seandanya sebuah mobil diberi dan dihias dengan aksesori yang meriah. misalnya di dasboard dipasang berbagai macam boneka, lalu handle verneling spion dan lain lain dihiasi dan digantungi dengan pernak pernik boneka dan lain sebagainnya. yang perlu diingat janganlah pasang aksesori yang berlebihan yang pada akhirnya malah menganggu konsentrasi mengemudi anda,
Jangan bertelefon saat mengemudi
Jangan bertelefon saat mengemudi
3. Pasang Hand Free
Seperti Pria wanitapun juga memiliki kebiaasaan buruk ini, bila ingin menerima telp dll silahkan pasang hand free, atau meinggirkan mobil ditempat aman.
4.Hindari Dandan dan Narsis
Ini adalah kebiasaan yang sering dijumpai wanita. ya dandan sambil mengemudi. entah karena alasan waktu atau dengan alasan menjaga penampilan. berdandan waktu mengemudi sangat berbahaya. Apalagi ketika anda sedang mengemudi lalu sering melirik kaca spions hanya dengan maksut melihat dandanan anda, hal ini sangat tidak dianjurkan. Anda tidak akan bertambah jelek atau bertambah cantik secara signifikan bila misalnya dandanan rambut anda sedikit berubah karena mengemudi.
Jangan Memakai sepatu ini waktu mengemudi
Jangan Memakai sepatu
ini waktu mengemudi
5. Jangan Memakai Sepatu yang sulit untuk mengoperasikan pedal Mobil.
Pada saat mengemudi untuk wanita alangkah baiknya menyesuaikan alas kaki yang dipergunakan, jangan sampai anda memakai alas kaki misalnya sandal ataupun sepatu berhak tinggi yang menyulitkan waktu anda mengoperasikan pedal Gas atau Rem. Selain tidak nyaman tentunya juga sangat berbahaya bukan. Bila anda memakai sepatu berhak tinggi lalu mengemudi, tentunya dengan melepas sepatu lalu dengan kaki polos tanpa alas kakipun mengoperasikan pedal dan rem mobil juga tidak dianjurkan. karena itu akan mengurangi keselamatan anda. karena dengan kaki tanpa alas kaki, anda tentunya tidak akan maksimal mengoperasikan pedal mobil. Bila anda sering memakai sepatu Hak tinggi alangkah bijaksananya bila didalam mobil anda tersedia sepatu/ sandal di mobil yang khusus dipakai waktu anda akan mengemudi mobil.
6. Latih Kesabaran
Bila mengemudi terutama sendirian jangan mudah panik dan jangan mudah turun dari kendaraan bila anda diintimidasi oleh orang lain, selalu kunci semua kunci waktu hendak mengemudi, dan bila ada apa apa di jalan segera larikan mobil ketempat keramaian, atau ke tempat kantor kantor terdekat. Bila merasa ada bahaya jangan segan untuk membunyikan klakson terus menerus, yang nantinya akan menarik perhatian orang disekitar anda yang mungkin bisa membantu anda.

Sementara ini dulu, nanti kalau menemukan hal yang baru akan saya tambah. 
Keep safety driving yaaa ...

Semoga Bermanfaat 

Membuat Filter CAI 3.2 (Cold Air Intake)

Membuat Filter CAI 3.2 

alat dan Bahan
Alat dan Bahan
Bagi yang sudah membuat CAI made in sendiri ( dari blog ini ). Bila belum anda dapat mempelajarainya kembali silahkan Klik di sebelah ini  ( CAI Klik Disini ). Maka anda dapat meng upgrade menjadi CAI 3.2 , Caranya mudah kok ayo kita Perhatikan tata cara pengerjaan dibawah ini. Pertama Tama anda hanya memerlukan sebuah Peralon ukuran 3inch, beserta 2 buah tutup peralon, Lem, Sambungan Shock Drat- drat ukuran 3/4 inch, Cutter, Gergaji, atau Solder, Pada Gambar alat dan bahan ada dua buah filter besar dan kecil, ya itu yang kecil adalah bekas filter solar Isuzu Panther dan yang besar adalah bekas filter olie mesin isuzu panther ( tampak sedikit menghitam karena memang bekas filter olie membersihkannya ngak bisa bersih total)

Tata Cara Pengerjaan

Cara Membuat Filter CAI 3.2
Cara Membuat Filter CAI 3.2
1.  Potonglah sock Drat 3/4 inch menjadi 2 bagian. (seperti yang ada di anak panah).
2. Ambillah tutup peralon 3 inch lalu buatklah lubang seperti gambar, anda bisa melubangnya dengan Cutter, Gergaji, Atau Solder juga bisa, lalu rapikan bekas lubangnya.
3. Potong Peralon ukuran 3 inch sepanjang kira-kira 8-10 cm, untuk panjang sangat relatif yang penting lebih panjang dari filter solar sepanjang 2-3 cm dari yang akan kita pakai.
4. Lalu pasangkan tutup peralon yang anda potong pada gambar 2 kedalam pipa peraton tersebut beri lem peralon agar kedudukannya kuat dan mati.
5. Lubangi tutup peralon yang lain pas ditengah tengah dan selebar dengan bekas filter solar.
6. Setelah dilubang cobalah anda mall filter solar tadi kedalam lubang bila pas tentu kedudukannya akan baik seperti yang tampak pada gambar 6.
7. Ambil sock drat 3/4 yang anda potong tadi (pada gambar 1), lalu lem kanlah pada tutup peralon yang telah anda lubang pada gambar 5. Untuk memperkuat anda bisa menambah dengan angkur baut ulir dan lain lain (tergantung improfisasi anda, yang penting ngak bakalan lepas)
8. Beri lem tutup peralon (gambar 7)
9. Pasangkan dengan kuat dan pas ditengah. tunggu hingga kering.
10. Setelah kering ambil peralon (gambar 4).
11. Pasangkan tutup tadi ke dalam peralon tadi.
12. Anda bisa mengecatnmya agar tampak lebih manis. Mudah bukan selamat mencoba
Anda yang membutuhkan File Gambar ukuran besar bisa anda KLIK DISINI

Semoga Bermanfaat 

Variable Intake Manifold (VIM)

Variable Intake Manifold (VIM)

Honda NSX
Honda NSX
Dalam mesin pembakaran internal ( internal combustion ), ada sebuah teknologi yang disebut VLIM ( a variable-length intake manifold ), VIM ( variable intake manifold ) atau ada yang menyebutnya VIS ( variable intake system ). Sesuai namanya, maka VLIM / VIM / VIS berarti bahwa Panjang dari Intake Manifold dapat bervariasi panjang atau memendek. Tujuan utamanya untuk mengoptimalkan tenaga dan torsi di berbagai putaran kecepatan mesin, serta membantu memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Efek ini didapat dengan adanya dua port intake manifold terpisah, yang masing-masing dikendalikan oleh katup, yang dapat terbuka atau tertutup satu dengan jalur pendek yang beroperasi pada beban mesin penuh ( high RPM) , dan satunya jalur intake akan memanjang ketika mesin bekerja pada Low RPM atau beban ringan.

Sejarah VIM

VIM Honda
VIM Honda
Variabel intake manifold telah populer pada mesin naturally aspirated sejak pertengahan 1990-an. Dengan pemakaian VIM maka didapat kurvo torsi tenaga yang lebih merata. atau dapat dikatakan fleksibilitas mesin akan meningkat. Ya pada intinya sistemnya adalah hampir sama dengan VVT ( variable valve Timing ), Tetapi VIM umumnya lebih murah diaplikasikan karena hanya melibatkan modifikasi pada intake manifold saja dan dengan beberapa katup. Namun , Variabel Intake Manifold jarang digunakan pada mesin Turbocharged atau Supercharged (Kecuali pada mesin TFSI 2.0 milik Volkswagen ). Karena pada Mesin berturbo/ Supercharger Udara sudah bertekanan Kuat dan dimampatkan sehingga Manfaat dari VIM sudah jauh berkurang. Dengan sekarang banyaknya mesin ber Turbo / Supercharger maka VIM lama kelamaan sudah mulai ditinggalkan.

VIM tipe Variable Length

VIM Pada Audi  V8
VIM Pada Audi  V8
Seperti yang dijelaskan diatas pada VIM ini memiliki 2 jenis saluran intake manifold, yang dikontrol oleh sebuah katup kupu kupu, jadi ketika mesin bekerja di low RPM maka katup akan membuka/ menutup ( tergantung dari konstruksinya ). yang akan membuat udara memalui lorong intake yang panjang. dan ketika mesin beranjak bekerja dengan pembebanan yang penuh maka secara otomatis katup akan bekerja sehingga aliran udara di intake akan memendek. Konstruksinya tergantung dari manufactoring pembuatnya, seperti pada contoh gambar diatas itu adalah VIM milik punya honda hanya bekerja di dua kondisi pembenanan mesin. Pada Honda teknologi ini disebut sebagai VLIM dan diterapkan pada mesin K20C. Sedangkan pada gambar disamping ini milik Audi memiliki 3 kondisi panjang intake. Contoh gambar disamping adalah milik Audi V-8 4,2 liter di era tahun 1990-an.

VIM tipe Resonance Manifold

Vario ram pada Porche
Vario ram pada Porche
Pengguna VIM jenis Resonance ini salah satunya adalah Porche. digunakan pada Mesin Boxer dan V-tipe. Setiap silinder diberi jalur intake melalui pipa terpisah. Sedangkan masing masing intake  masih dihubungkan jengan jalur yang lain. Salah satu pipa dapat ditutup oleh katup yang dikendalikan oleh sistem manajemen mesin. bingung bukan, untuk jelasnya silahkan lihat gambar disamping ini. Pada Porsche sistem ini digunakan dalam berbagai Porsche mulai dari 964 Carrera. Porsche menyebutnya dengan VarioRam. Selain Porche Honda NSX juga mengunakan sistem yang sama. Pada gambar disamping
A: di bawah 5.000 rpm: pipa panjang, asupan resonansi dinonaktifkan.
B: 5000-5800 rpm: pipa-pipa panjang ditambah asupan resonansi pendek pipa, dengan satu pipa interkoneksi dari asupan resonansi ditutup.
C: di atas 5800 rpm: pipa-pipa panjang ditambah asupan resonansi pendek pipa, dengan kedua pipa interkoneksi dari asupan resonansi dibuka.

Beberapa Penamaan VIM

VIM pada Toyota
VIM pada Toyota
Acura - Variable Volume Induction
Fiat - StarJet engine, dubbed Port Deactivation (PDA)
Land Rover - Variable Geometry Induction
Lancia - VIS
Mazda - Variable Inertia Charging System (VICS), Variable Resonance Induction System (VRIS)
Mitsubishi - Mitsubishi Variable Induction Management (MVIM)
Opel - TWINPORT
Porsche - VarioRam
Toyota - Toyota Variable Induction System (T-VIS)
Volvo - VVIS (Volvo Variable Induction System)
BMW - DISA (DIfferenzierte SAuganlage - Differential Air Intake), DIVA (variable length runners)
Ford - Dual-Stage Intake (DSI), Intake Manifold Runner Control (IMRC), Charge Motion Control Valve (CMCV).

Semoga Bermanfaat

Gasoline Direct Injection (GDI)

Gasoline Direct Injection (GDI)

Direct injection
Direct Injection
Seringkali Kita mendengar dari Majalah atau brosur Kendaraan ada istilah
Petrol Direct Injection / Direct Petrol Injection 
Spark Ignited Direct Injection (SIDI)  atau
Fuel Stratified Injection (FSI)
Ya nama nama diatas baik yang GDI, FSI, PDI dan lain lain itu adalah sama itu adalah penamaan dari varian dari injeksi bahan bakar. Prinsipnya adalah Bensin dimanpaatkan dengan tekanan tertentu lalu disalurkan/ disuntikkan kedalam ruang bakar langsung ke ruang pembakaran di tiap silinder. ( mohon dibedakan bila anda mendengar kata MPI ( Multi Point Injection ) pada MPI masih mengunakan teknologi Indirect karena bahan bakar bensin masih disemprotkan kedalam saluran intake atau port silinder. 
Dengan Majunya Teknologi Direct Injection maka dapat dimungkinkan untuk mendesain sebuah mesin bensin dengan pembakaran sangat Lean ( Miskin - irit - Sedikit Bahan Bakar ) dengan sedikitnya bahan bakar yang dibakar tentunya mesin akan lebih efisien dan pada akhirnya juga akan mengurangi emisi gas buang. Dengan dikembangkannya Sistem injeksi langsung, maka mesin bensinpun dapat mendekati Mesin Diesel  dalam pengunaan bahan bakar.

Sekilas Teori

GDI from Bosch
GDI from Bosch
Keunggulan utama dari mesin GDI ini adalah meningkatnya tenaga mesin dan efisiensi bahan bakar. Selain itu tingkat emisi juga dapat lebih dikontrol dengan sistem GDI . Selain itu tidak ada kerugian pompa memakai skep throttle. Seperti yang kita tahu kalau pada mesin konvensional dengan memakai karburator atau injeksi tidak langsung maka ada kerugian pompa ( Engine Pumping Lost ) karena putaran mesin dikontrol oleh skep throttle tadi. Sedangkan dalam Sistem GDI putaran mesin dikendalikan oleh unit kontrol mesin / Engine Manajemen System ( EMS ), yang mengatur fungsi injeksi bahan bakar dan waktu pengapian.

Kombinasi Teknologi

Sistem GDI juga dapat dikombinasikan dengan teknologi mesin lainnya seperti Variabel Valve Timing ( VVT ), Turbocharger , Exhaust Gas Recirculation ( EGR ). ( Silahkan Klik kata VVT dan EGR bila anda ingin mengingat kembali topik VVT dan EGR. 

Sejarah GDI

FSI pada Audi
FSI pada Audi 
1996 Mitsubishi memperkenalkan mesin GDI di pasar Jepang dengan produk Galant / Legnum (4G93 1.8 L inline).
1997 Nissan merilis Leopard (VQ30DD)
1998 Toyota pertama kali muncul di berbagai kendaraan pasar Jepang dilengkapi dengan mesin SZ dan NZ. Toyota kemudian diperkenalkan sistem D4 untuk pasar Eropa dengan mesin 1AZ - FSE ditemukan di 2001 Avensis
1999 Renault memperkenalkan 2.0 IDE (Injection Directe Essence), Pada mobil Megane. Di tahun yang sama  PSA Peugeot, Citro├źn , Hyundai dan Volvo menandatangani perjanjian pembangunan dan lisensi teknologi Mitsubishi GDI. Mesin dengan Teknologi GDI dari Mitsubishi juga diproduksi di pabrik NedCar dan digunakan dalam 1,8 L Carisma dan Volvo model S40/ V40.
2000 Grup Volkswagen memperkenalkan mesin bensin injeksi langsung pada Volkswagen Lupo , 1,4L inline, dengan nama produk "Fuel Stratified Injection" (FSI) dan "Turbo Fuel Stratified Injection" (TFSI).
2002 Alfa Romeo merilis mesin JTS ( Jet Thrust Stoikiometri )
2003 Ford merilis 1,8 L Duratec pada Mondeo. dengan nama Direct Injection Spark Ignition (DISI)
Ditahun yang sama, General Motors merilis mesin versi 2.2 L Ecotec untuk Opel / Vauxhall Vectra dan Signum, mengunakan nama. SIDI ( Spark Ignition Direct Injection )
2004 Isuzu diproduksi mesin GDi pertama yang dijual di Amerika yaitu jenis Aksioma dan Rodeo .
Hyundai Avante with GDI
Hyundai Avante with GDI
2005 Mazda mulai menggunakan versi mereka sendiri direct injection di Mazda speed 6 dan kemudian pada CX-7 sport, dengan label Direct Injection Spark Ignition ( DISI ) .
2006 BMW merilis N54 injeksi mesin twin turbo charged untuk Coupe 335i dan kemudian untuk Sedan 335i , 535i seri dan model 135i. Mercedes- Benz merilis injeksi langsung sistem ( Charged Gasoline Injection (CGI) ) pada CLS 350. .
2007 GM merilis 3,6 L V6 LLT SIDI untuk Cadillac CTS dan STS dan Holden Commodore SV6.
Pada tahun yg sama Ford memperkenalkan teknologi mesin EcoBoost ( GTDI - Gasoline Turbocharged Direct Injection )
2008 BMW merilis X6 xDrive50i dilengkapi dengan mesin twin turbo V8 N63.
2009 Ferrari mulai menjual California dan 458. Porsche pun juga mulai menjual 997 dan Cayman dilengkapi dengan injeksi langsung. Ford memproduksi generasi baru Taurus SHO dan Flex dengan 3,5 L twin-turbo EcoBoost V-6. Jaguar, Land Rover AJ-V8 Gen III 5.0L ( diperkenalkan pada bulan Agustus 2009 untuk model tahun 2010) fitur Spray Guided Direct Injection.
2010 Infiniti menghasilkan M56 yang mencakup DI.
2011 Hyundai Sonata 2011 di perkenalkan dengan mesin GDI,
2012 Honda mulai menjual Accord dengan GDI, menjadi mobil pertama mereka DI di pasar AS /Kanada.
2013 Acura RLX datang dengan direct injection, menjadi yang pertama Honda GDI V6.

Semoga Bermanfaat

Exhaust Gas Recirculation ( EGR )

Exhaust Gas Recirculation (EGR)

skema EGR
Skema EGR
EGR yang sering kita sebut Exhaust Gas Recirkulation adalah sebuah cara ( teknologi ) di mana teknik ini bertujuan untuk mengurangi Kadar Nox pada gas buang sebuah mesin Sebuah mesin pembakaran internal ( internal combustion ), EGR bekerja dengan cara meresirkulasi sisa hasil pembakaran untuk kemudian dicampur dengan udara bersih pada intake manifold. EGR diterapkan pada mesin bensin ataupun mesin diesel. dengan makin berkembangnya standar emisi polutan gas buang maka EGR menjadi point vital agar gas buang sebuah mesin memenuhi standar emisi. Untuk beberapa kasus EGR dapat mengurangi efisiensi dari sebuah mesin.

Sejarah EGR

Sistem EGR pertama kali hanya berupa sebuah lorong yang menghubungkan antara knalpot dan intake manifold, dengan konstruksi sederhan ini mesin menjadi kasar, sulit untuk di stater pertama kali ( karena intake manifoldnya langsung berhubungan dengan knalpot tentunya ), dan efisiensi mesin yang sulit tercapai.
Pada tahun 1973 sudah mulai diperkenalkan EGR yang dikontrol pleh vakum sehingga proses buka tutup EGR hanya terjadi pada kondisi tertentu.

EGR pada Mesin Bensin

EGR cooler
EGR cooler
Penggunaan EGR pada mesin bensin biasanya hanya dibatasi 5-15% dari gas buang saja, Hal ini disebabkan pada mesin bensin pada langkah isap udara dan bahan bakar sudah bercampur, bila gas buang yang disalurkan terlalu banyak maka akan bisa mengakibatkan Misfires dan Parsial burn. tetapi Penggunaan dan Konstruksi EGR yang dirancang dengan benar dapat meningkatkan efisiensi mesin dengan jalan,
- Reduced throttling losses. Mengurangi Kerugian Throttle, Dengan adanya EGR yang merarti memberikan Gas tambahan kedalam intake manifold maka akan mengurangi beban kerja Throtlle secara keseluruhan.
Reduced heat rejection, Mengurangi Panas berlebihan, Penurunan suhu pembakaran pada mesin tidak hanya menurunkan kadar NOx yang terbentuk tetapi juga juga mengurangi hilangnya energi panas pada ruang bakar.
Reduced chemical dissociation, Dengan berkurangnya suhu pada pembakaran puncak tentunya kan berpengaruh juga pada proses pembakaran.
Reduced specific heat ratio. Pengurangan panas pada akhirnya juga akan mengurangi beban kerja piston secara keseluruhan.

EGR pada mesin Diesel

Mesin dengan EGR
Mesin dengan EGR
Pada mesin diesel modern, gas buang terlebih dahulu didinginkan sehingga gas yang disalurkan bisa lebih banyak ( prisnip Intercooler ). Karena Pada mesin Diesel hanya udara yang dikompresi pada langkah isap maka pada mesin ini jumlah udara hasil pembakaran yang bisa dimasukkan kedalam intake manifold bisa sampai lebih dari 50%. 

Penerapan EGR

Pada Dewasa ini penerapan EGR pada sebuah mesin biasanya digunakan sebuah pipa yang menghubungkan antara intake manifold dan exhaust manifold yang sering disebut sebagai EGR eksternal. Ada EGR Eksternal tentunya ada EGR internal, ya EGR internal biasanya digunakan pada mesin Atkinson ( tahu kan Atkinson Mesin Rotary yang digunakan pada Keluarga Mesin Mazda RX) Pada Internal EGR ada modifikasi dari Camshaf sehingga ketika terjadi proses pembakaran sebagian hasil pembakaran akan terjebak dalam ruang bakar yang selanjutnya akan dikompresi lagi dengan langkah pembakaran berikutnya.

Perawatan EGR

Dengan berjalannya waktu pemakaian maka katup katup pada EGR akan bisa kotor dan tertutup jelaga, hal ini akan mengakibatkan penurunan performa dan kerugian pada mesin, untuk itu selalu servislah berkala EGR kendaraan anda agar kebersihan intake manifold tetap terjaga.
Pada beberapa kasus bahkan ada teknik untuk menonaktifkan EGR
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/03/menonaktifkan-unit-egr-mesin-diesel.html

Semoga Bermanfaat

Anti Lock Braking System ( ABS )

Anti Lock Braking System ( ABS )

Sering kali kita mendengar atau membaca Spesifikasi sebuah mobil, ada yang sudah dilengkapi ABS, EBD dan BA ( dalam beberapa update artikel terdahulu saya udah dibahas ESC dan BA). Kalau sedikit lupa anda bisa membaca lagi di link berikut ini,
 Electronic Stability Control  dan Brake Assist .

Dengan dan Tanpa ABS
Dengan dan Tanpa ABS
Sesuai dari Singkatan namanya Rem ABS brarti adalah Sistem rem anti terkunci merupakan sistem pengereman pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak/ keras. Sistem ini diadopsi dari teknologi serupa di pesawat terbang. ABS akan bekerja apabila pada mobil terjadi pengereman keras sehingga membuat salah satu, sebagian atau semua roda berhenti sementara mobil masih melaju, Kejadian ini akan membuat kendaraan tidak akan terkendali sama sekali. Hal ini tentu sangat berbahaya terutama di jalan licin dan kelokan. Ketika sensornya mendeteksi ada roda mengunci, sistem ABS akan memerintahkan piston rem untuk melepaskan tekanan kembali ke titik normal, lalu mengeraskannya kembali begitu roda berputar. Proses itu berlangsung sangat cepat, bisa mencapai 15 kali/detik. Efeknya adalah mobil tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif sehingga dapat mengurangi tingkat kecelakaan. Kelebihan dari pada ABS (antilock braking system) lebih cepat melakukan pengereman dari pada sistem biasa yang terdapat pada mobil dan lebih stabil apabila terjadi suatu pengereman mendadak namun tidak membuat mobil kehilangan pengendalian sebesar 5-30% dibandingkan dengan pengereman standar yang terdapat di mobil yang umumnya menggunakan dua buah rem cakram dan dua buah tromol tekanan gas yang di setting oleh pabrik.

Sejarah ABS

Mobil Premium biasanya sudah dilengkapi dengan ABS
Mobil Premium biasanya
sudah dilengkapi dengan ABS
1929 Gabriel Voisin pertama kali mengembangkannya untuk keperluan pesawat udara.  
1958 Mulai dikembangkan ABS untuk motor, Pelopornya Royal Enfield super Meteor sepeda motor diuji oleh Laboratorium Penelitian Jalan untuk menguji Maxaret anti-lock brake .
1960 ABS mulai dipakai mobil balap Ford Zodiac. tapi masih belum berkembang akibat masih mahalnya teknologi yang terpasang. ditahun yang sama sudah mulai dikembangkan memakai sistem electronik pada pesawat Concorde.
1971 
- Bendix Corporation bersama dengan Chrysler memperkenalkan ABS dengan 4 sensor all wheel drive. 
- General Motors juga tidak ketinggalan ikut memperkenalkan Track Master pada model Rear Wheel drive Cadillac. 
- Nissan memperkenalkan Elecro Anti Lock pada produk Nissan President.
1972 Triumph 2500 Estate dilengkapi dengan Electronik Mullard di keempat rodanya.
1985 Ford Scorpio memperkenalkan ABS dengan sistem Electronik dari Bosch.
1988 BMW memperkenalkan motor pertama dengan ABS elektronik pada motor K100.
1992 Honda Meluncurkan ABS untuk motor ST1100 Pan Europe.
2005 Harley Davidson melengkapi Motor Untuk Keperluan Polisi dengan ABS
2007 Suzuki menerapkan ABS pada motor GSF 1200SA (Bandit)

Komponen Penting ABS

Anti-lock brake pump and valves
Anti-lock brake pump and valves
Sensor kecepatan
Sensor kecepatan terdapat pada setiap roda atau pada deferinsial
Katup
Katup terletak dalam Rem yang masing masing dikendalikan oleh ABS, biasanya katup memiliki 3 posisi yaitu posisi satu, katup terbuka , tekanan dari master silinder dilewatkan sampai ke rem. Posisi dua, blok katup baris, mengisolasi bahwa rem dari master silinder . Hal ini untuk mencegah tekanan dari kenaikan lebih lanjut harus pengemudi mendorong pedal rem lebih keras. Posisi tiga, katup melepaskan beberapa tekanan dari rem .
memompa
Controller
Controller adalah unit ECU di dalam mobil yang menerima informasi dari masing-masing sensor kecepatan roda, jika roda kehilangan traksi sinyal dikirim ke controller, controller akan membatasi Brake force ( EBD ) dan mengaktifkan ABS modulator yang menggerakkan katup pengereman. ( Biasanya Sistem ABS akan dikombinasikan dengan teknologi EBD juga)

Macam-Macam ABS 

skema ABS
Skema ABS
Sistem ABS menggunakan tergantung pada jenis rem yang digunakan. Biasanya dibedakan oleh jumlah channel (saluran), berapa banyak katup yang dikontrol dan jumlah sensor kecepatan. Diantaranya adalah,
Empat saluran, empat sensor ABS
Ini adalah skema terbaik. Ada sensor kecepatan di ke empat roda dan katup yang terpisah untuk keempat rodanya . Dengan setup ini, controller memonitor setiap roda secara individual untuk memastikan itu mencapai gaya pengereman maksimum.
Tiga saluran, empat sensor ABS
Ada sensor kecepatan di keempat roda dan katup yang terpisah untuk masing-masing roda depan , tetapi hanya satu katup untuk kedua roda belakang. 
Tiga saluran, tiga sensor ABS
Skema ini memiliki sensor kecepatan dan katup untuk masing-masing roda depan , dengan satu katup dan satu sensor untuk kedua roda belakang . 
Satu saluran, satu sensor ABS
Memiliki satu katup, yang mengontrol kedua roda belakang dan satu sensor kecepatan , yang terletak di poros belakang. Sistem ini biasanya diterapkan pada Truck 

Semoga Bermanfaat

Merawat Belt AC Isuzu Panther

Merawat Belt AC Isuzu Panther

Belt AC Isuzu Panther
Belt AC Isuzu Panther
Dengan berjalannya waktu, kadang anda mungkin suatu hari direpotkan pada suara decit suara tikus pada daerah mesin, Atau tiba tiba ketika melewati genangan air/ Hujan, tiba tiba mobil anda berdecit.
Jangan gugup dan Panik, kemungkinan itu hanya belt nya AC dan Power stering yang kendor. Beberapa waktu yang lalu sudah pernah saya update tentang tata cara menyetel belt mobil anda. Nah sekarang kalau anda punya waktu luang ayo kita tingkatkan pengalaman DIY anda selain menyetel kekencangan belt anda bisa juga merawat dan memeriksa belt sendiri ala Montir Beres. ayo kita mulai,
pelajari langkah langkahnya ya:

Cara Pengerjaan :

Merawat Belt AC
Merawat Belt AC
1. Perhatikan gambar 1 disamping, ada Baut A Baut B dan Baut C, Semua berkepala kunci no 14. Lalu dbalik huruf B ada Baut juga dengan kunci no 12 ( tidak nampak difoto) baut itu juga memegang Pompa Powerstering.
2. Tugas anda pertama dengan memakai kunci sock 14 silahkan kendurkan baut huruf B dan huruf C, ( dikendurkan saja jangan lupa juga kendurkan baut 12 dibalik baut B.)
3. Dengan mengunakan kunci 14 silahkan putar baut sehingga belt semakin mengendur.
4. Setelah di rasa cukup, dengan bantuan obeng untuk mengungkit dan bantuan tarikan tangan maka belt bisa dikeluarkan dari rel puleynya.
5. Setelah keduanya berhasil dikeluarkan, coba puley anda balik seperti gambar. lalu periksa terhadap keretakan dan kerusakan.
6. Bila semua baik cucilah belt dengan sabun. lalu keringkan.
7. Ambilah Ampelas kasar lalu beri goresan di bidang belt yang bersinggungan dengan puley. ( cukup diberi goresan saja dengan tujuan membuat kasar permukaan belt yang tadinya mengkilat dan licin karena digerus oleh puley)
8. Semprot dengan belt dressing. bila ngak punya ya ngak usah disemprot, gantinya anda bisa mengoleskan sedikit dengan grease ke belt tersebut (oleskan tipis dan sedikit saja)
9. Lalu ambilah bensin dan kuas, bersihkan puley AC dari kotoran-kotoran.
10. Setelah bersih cobalah anda dengan memakai tangan putar puley AC tersebut. ( Normalnya Puley harus lancar berputar tanpa ada hambatan. bila ada hambatan silahkan anda ke Bengkel AC untuk memeriksa AC anda sebelum Unit AC anda Ambrol di jalan)
11. Prosedur yang sama juga diterapkan pada Puley power steering.
12. setelah itu pasang kembali puley dan setel kekencangannya dan jangan lupa kencangkan baut B dan C ( gambar 1 )
Bila anda memerlukan File ukuran besar dapat anda copy di
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Unta-Item/108780505942274

Semoga Bermanfaat

Mengganti Karet dan Anting Peer Daun Roda Belakang

Mengganti Karet dan Anting Peer Daun Roda Belakang

Karet Anting Peer daun
Karet Anting Peer daun
Mobil Anda bila melewati jalanan jelek terasa bergetar ( gludhuk-gludhuk ).
Padahal Shock Absorber belakang mobil anda sudah diganti baru? 
Waspadalah kemungkinan Karet Anting Peer Daun mobil anda sudah hancur sehingga Peer daun dan as Anting akan beradu.
Anda ingin menggantinya sendiri dirumah ? 
Bisa kok dikerjakan sendiri, Siapkan aja Peralatan kunci kunci dan Dongrak lalu barang yang akan diganti.
Untuk Karetnya banyak tersedia di pasaran, mulai yang bahan Karet sampai bahan Teflon. anda bisa membeli sesuai kriteria dan budjet dana anda. Dibawah ini ada proses pengerjaan kita ambil contoh unit Isuzu Panther ya, untuk kendaraan lai seperti kijang kotak/ kapsul, Kuda, Taft, Carry, Espass dan lain lain caranya sama kok.

Cara Pengerjaan

Mengganti Anting dan Karet Peer daun roda belakang
Mengganti Anting dan Karet
Peer daun roda belakang
1. Kita mulai dengan per roda ya, dongkraklah mobil anda seperti Gambar di sebelah, bila anda mempunyai jack stand akan lebih baik bila tidak memiliki jack stand ya tidak apa apa. anda tinggal menghand rem roda mobil anda.
2. Setelah itu copot anting belakang dengan memakai bantuan dongrak untuk menekan peer daun kearah bawah. dongkrak bisa anda posisikan mendapat sasis roda.
3. Pada gambar no 3 ini adalah detail gambar dari sebelah samping, dimana anting peer daun sudah semuanya terlepas.
4. Gambar 4 adalah Gambar Anting Roda belakang, Ternyata Anting tersebut sudah ikut aus termakan oleh peer daun, karena penggantian karetnya sudah terlambat.
5. Gambar 5 adalah Gambar anting yang baru, yang akan digunakan untuk mengganti anting yang lama, Anda dapat mengamati perbedaan keausannya bukan?
6. Ambil dan lumasi Karet Anting peer yang akan dipasang dengan grease secukupnya.
7. Masukkan Karet anting ke dalam peer daun dan bos bagian atas.
8. Lalu pasang anting dan kencangkan seperlunya.

Gambar dan Properti adalah sumbangan dari

Mr Erick JBR (PM-288) ( Anggota Club Panther Mania)
Bagi anda yang memerlukan File Gambar ukuran besar silahkan download di
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Unta-Item/108780505942274

Semoga Bermanfaat

Spesifikasi Minyak Isuzu Panther ( TBR 52, TBR 54, TBR 541 )

Spesifikasi Minyak Isuzu Panther 

Oli yang Tepat Menjamin Durability mobil anda
Oli yang Tepat Menjamin Durability mobil anda

Anda memiliki Isuzu Panther baik itu tipe yang 2300 cc, 2500cc normaly aspirated, Ataupun yang 2500 cc Turbo ? Dalam beberapa kasus perbincangan dan tanya jawab di forum umum ataupun di facebook/ twitter dan lain sebagainya, Nampak ada sedikit kerancuan mengenai penggunaan oli dari kendaraan yang mereka miliki, Hal ini biasa terjadi karena kebiasaan orang indonesia yang memang malas membaca buku Pedoman Pemilik kendaraan, atau yang misalnya ngak malas ingin baca tapi ternyata kendaraan beli second sehingga buku sudah ngak ada. Mungkin tulisan dibawah ini bisa menjadi Panduan buat anda pemilik kendaraan Isuzu Panther Mari lebih bijak dalam memilih oli/ minyak untuk kendaraan anda, cobalah hilangkan sedikit Sugesti dari pikiran anda. 

1. Oli Mesin 

Klasifikasi = Api Service CD atau CE  ( lebih baik boleh misal CF, CH, CI dan seterusnya).
Viskositas atau Kekentalan =
Single Grade =
SAE 40 bila kendaraan anda bekerja di rentang suhu diatas 30*C
MultiGrade =
10w-30 bila kendaraan anda bekerja di rentang suhu -25*C - 30*C
15w-40, 20w-40, 20w-50  bila Kendaraan anda bekerja di rentang suhu -15*C - un limit.

2. Oli verneling (Oli Transmisi)

Klasifikasi Setara dengan oli mesin  
Single Grade =
SAE 30 = untuk rentang kerja suhu -15*C - 35*C
SAE 40 dan SAE 50 = untuk rentang Kerja 15*C - un limit
MultiGrade =
10w-30 = untuk rentang kerja -25*C - 35*C
15w-40 , 20w-40 , 20w-50 = untung rentang kerja -25*C - unlimit
Tetap fokus dalam memilih Oli,  Cuek saja dengan Rayuan Penjual
Tetap fokus dalam memilih Oli,
Cuek saja dengan Rayuan Penjual

3. Olie Gardan ( Oli Differential )  

Single Grade = 
Klasifikasi GL-5
SAE 90 = untuk rentang kerja suhu -10*C - 35*C
SAE 140 = untuk rentang Kerja 15*C - un limit
MultiGrade =
80w-90 = untuk rentang kerja -25*C - 30*C
80w-140 = untung rentang kerja -25*C - unlimit

4. Oli Rem, Olie Kopling ( khusus Panther 2500cc)

Klasifikasi DOT 3 or higher 

5. Oli Powersteering

Klasifikasi Minimal Dextron IID atau Dextron 3/ III

6. Grease Roda

Klasifikasi NL GL 2 atau GL 3

7. Unit Pendingin

Long Life Coolant

Sebagai referensi

http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/03/selayang-pandang-mengenal-olie.html
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/06/ayo-mengetap-olie-gardan-versneling.html
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/07/membuat-alat-mengganti-olie-gardan.html
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/05/menguras-radiator-menganti-dengan-water.html

Semoga bermanfaat