Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Trik Mengatasi Sekering Yang Putus (Darurat Mode)

Menyambung Sekering Yang Putus

Mobil bisa Mogok bila Sekering engine putus
Mobil bisa Mogok bila
Sekering engine putus
Dalam Sebuah Kendaraan, Salah satu jalur terumit adalah jalur kelistrikan, dan untuk pengaman maka pabrikan atau kita biasa menambah sebuah Sekering ( Fuse ) sebagai pengaman. Terkadang dalam kondisi Darurat anda kadang menjumpai sekering mobil/ motor anda putus sekering dijalan, Ketika sekering putus berarti ada sesuau yang salah dengan jalur kabel anda, dan yang lebih celaka bila sekering anda putus di tempat yang sunyi sementara anda tidak memiliki sekering cadangan. Sementara membypas unit kabel yang sekeringnya putus adalah sangat kontroversial dan Sangat Tidak dianjurkan.Gawat Bukan.
Dibawah ini ada beberapa Trik untuk membuat sekering cadangan, yang biasa dilakukan oleh montir montir Jadul dan Kuno. ( Maaf hanya sekedar sharing saja, untuk pemakaian kalau tidak terpaksa , Saran saya jangan anda lakukan ini )

Sekering Model Pisau

Sekering model Pisau
Sekering model Pisau
1. Silahkan ambil Kabel berserat, seperti pada gambar, lalu kupas kulitnya (lapisan isolatornya). Kupaslah agak Panjang.
2. Lalu ambilah sekering yang putus. (maaf digambar saya memakai sekering yang tidak putus - karena ini hanya contoh saja ya). Lalu ambilah satu serabut dari kabel yang sudah dikupas tadi , ambil saja selembar. lalu ikat di kaki sekering.
3. Ikat juga kaki sekering satunya sehingga kabel tadi menghubungkan kedua kaki sekering.
4. Hasil akhir seperti gambar.
Anda bisa menggunakan 2 lembar atau 3 lembar kabel bila arus yang dilewati besar. dan serabut kabel yang anda gunakan sangat tipis/ kurus.

Sekering Model tabung Gelas

Sekering model Gelas
Sekering model Gelas
1. Disini ada 2 Cara. Cara Pertama mirip seperti menyambung pada sekering model pisau. yaitu siapkan kabel dan kupas seperti cara diatas tadi.
2. Lalu bukalah tutup besi dari sekering gelas tadi, lalu masukkan kabel serabut tadi.
3. Lalu tutup kembali sekering. Cara yang sama perlaukan juga di ujung satunya. maka sekarang anda memiliki sekering yang terhubung kabel. (Seperti sekering model pisau anda bisa menggunakan 2-3 serabut kabel)
4. Sedang Cara Kedua bila anda tidak mempunyai Kabel dan anda benar benar darurat berada di tempat yang darurat. Berbahagialah bila anda seorang Perokok terutama Perokok Jenis Kretek. Segera ambil Kertas Almunium dari rokok anda (seperti Gambar) ( Mohon Maaf ini bukan promosi anda harus merokok ya)
5. Sobek/ Potong sesuai lebar sekering.
6. Lalu bungkus sekering gelas anda. Ingat bagian yang beralmunium berada didalam (karena almunium foil tersebut masih bisa menghantarkan listrik)
7. Bungkus dengan selapis saja.
8. Hasil akhir. Sekring gelas anda bisa dipergunakan lagi, tapi segera ganti bila sudah mendapatkan pertolongan ya.
Note:
Maaf ini hanya sharing, untuk sekedar menambah pengetahuan , bukan untuk diperdebatkan kerugian dan keuntungan, karena kadang beberapa montir didesa yang peralatannya tidak komplit sering melakukan ini, untuk mengetes kabel, karena tidk mungkin dalam perbaikan selalu menggunakan sekering baru untuk perbaikan.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)