Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Tips Mengoptimalkan Penglihatan & Visibilitas Waktu Mengemudi

Mengoptimalkan Penglihatan & Visibilitas Waktu Mengemudi

Kondisi Mobil sudah oke, Badan Sudah Fit dan Bugar, Jangan Gembira dulu masih ada satu point sederhana yang kadang luput dari perhatian, yaitu Ketajaman Penglihatan waktu mengemudi.

Penglihatan Stereoskopis

Kacamata sebagai salah satu alat pelindung mata
Kacamata sebagai salah
satu alat pelindung mata
Yang dimaksud stereoskopis adalah kondisi di mana kedua mata kita baik yang kiri dan kanan memiliki kemampuan melihat yang sama, dengan kemampuan melihat yang sama antara mata kiri dan mata kanan seseorang bisa menganalisa suatu jarak objek dengan lebih akurat. Hal ini berbeda seandainya seseorang hanya memiliki pandangan satu mata atau salah satu matanya mengalami penurunan penglihatan, dengan kondisi seperti itu maka Kemampuan Visibilitasnya akan lebih terbatas karena pandangannya tidak stereoskopis.
Dengan pandangan stereoskopis maka seseorang akan memiliki deep of focusing yang baik, sehingga ketika akan mengambil tindakan misalnya melakukan manuver dijalan, dia bisa memperkirakan objek disekitarnya dengan lebih akurat.

Menjaga Kesehatan Mata

Kondisi Gelap dan Terang bisa  membuat cepat Lelah Mata
Kondisi Gelap dan Terang bisa
membuat cepat Lelah Mata
Melihat arti pentingnya mata, maka hendaklah kita harus merawat mata kita dengan sebaik-baiknya, Misalnya bila anda sering beraktifitas diluar ruangan atau dibawah terik matahari sebisa mungkin proteksi mata anda terhadap sinar matahari karena sinar matahari mengandung sinar Ultra Violet yang bisa mengakibatkan Katarak, anda bisa memakai kacamata yang memiliki proteksi terhadap sinar UV. di bawah ini beberapa hal yang mungkin bisa menjadi perhatian
# Selain point memakai pelindung seperti kacamata anti UV, ada baiknya anda membatasi aktifitas mata yang terlalu berlebihan, seperti mengemudi yang terlalu lama.
# Bila anda harus mengemudi dalam waktu lama ada baiknya berilah jeda waktu sebentar misal memejamkan mata beberapa saat 4-5 menit untuk sekedar mengistirahatkan mata.
# Ada baiknya anda bisa membawa obat tetes mata untuk menyegarkan mata anda, karena kita tahu dalam kabin mobil yang berpendinginan AC biasanya udara lebih kering.
# Bila ada benda yang mengenai mata hendaknya jangan digosok, tapi cobalah kedipkan mata beberapa kali, mekanisme kerja mata biasanya akan membawa kotoran keluar dari mata bersamaan dengan keluarnya air mata,

Berkendara di Malam Hari

Kacamata Polarized
Kacamata Polarized
Seperti yang kita tahu mata kita bisa beradaptasi dengan sinar dan gelap. Akan tetapi adaptasi itu butuh waktu, Ketika mengendarai mobil di malam hari Pupil mata kita akan membesar karena kondisi lebih Gelap, Tapi Celakanya waktu mengemudi sering ada paparan Sinar dari mobil lawan. Hingga menyebapkan mata kita menjadi Silau. Untuk mengurangi Efek Silau anda bisa mengunakan kaca mata khusus (Kacamata Polarizer) sehingga bisa mengantisipasi kelebihan cahaya yang diterima mata, tapi anda tetap bisa melihat dengan jelas di malam hari.
Kacamata Polarizer memiliki warna yang macam macam, ada yang Hijau, Kuning Abu Abu dan lain lain. Untuk saran terbaik gunakan warna Abu Abu karena warna abu abu relatis hampir meneruskan warna atau tidak mendispersi warna cahaya, Artinya bila anda melihat warna hijau akan berwarna hijau dan seterusnya. Hal ini berbeda bila anda misalnya menggunakan kacamata berwarna hijau, maka bila anda melihat suatu object berwana merah maka object tersebut akan tampak berwarna kecoklat-coklatan.

Semoga Bermanfaat  

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)