Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

How It Works Atkinson Cycle

Siklus Atkinson

Anda mungkin pernah mendengar Siklus Atkinson?
Ya beberapa waktu yang lalu ramai dibicarakan Siklus Atkinson pada beberapa produk Toyota dan Honda.

Siklus Otto

Siklus Atkinson
Siklus Atkinson
Anda tentu tahu bukan mesin Otto yang kita pakai sekarang yaitu salah satunya adalah mesin bensin 4 tak. Pada Awalnya semua mesin 4 tak bensin mengunakan prinsip kerja Siklus Otto dimana  Bahan bakar dan udara dihisap dan melalui intake mesin masuk ke klep intake kalu kemudian dikompresi torak dan dibakar oleh percikan busi, lalu bahan bakar tersebut akan dikeluarkan ke knalpot dengan siklus tenaga dan buang. (maaf tidak saya bahas detail anda pasti tahu)

Siklus Atkinson

Sedang Pada Siklus Atkinson sebenarnya sama persis dengan Siklus Otto hanya dalam siklus Atkinson terjadi modifikasi di mana katup intake akan terbuka lebih lama,
Pada awalnya teknologi ini sangat sulit diterapkan karena ini akan membuat revolusi yang besar dengan desain langkah torak dan durasi bukaan katup juga akan berbeda. Akan tetapi sejalan dengan perkembangan teknologi dengan ditemukannya Katup variabele macam VVti, Mivec atau Vanos memungkinkan mesin bekerja dalam siklus Atkinson, Karena dalam hal ini kerja nya hanya sedikit memanipulasi durasi bukaan klep intake mesin.

Keunggulan & Kekurangan Siklus Atkinson

Toyota Aqua dng Silus Aykinson
Toyota Aqua dng Silus Aykinson
Mesin dengan siklus Otto memiliki efisiensi thermal sekitar 20%, tapi dengan siklus Atkinson meningkat menjadi lebih dari 30% mendekati efisiensi termal mesin Diesel yang lebih dari 40%. Perubahan siklus Otto ke Atkinson bisa dirasakan contohnya pada mobil LCGC Daihatsu Ayla. Perubahan berupa durasi bukaan katup masuk, katup masuk terbuka lebih lama, malahan katup masih terbuka saat langkah kompresi berjalan. Akibat katup masuk terbuka saat langkah kompresi mengakibatkan gas yang sudah masuk ke silinder akan tertiup kembali ke saluran masuk. Ini menjadikan tekanan di saluran intake, sangat menguntungkan bagi silinder berikutnya yang akan melakukan langkah hisap (sudah tersedia udara bertekanan (mirip turbo). Di sisi lain udara terkompresi menjadi lebih sedikit (karena sebagian bocor pada katup intake yang masih terbuka) menyebabkan terjadinya penurunan torsi yang dihasilkan. (efek negatif)
Torsi mesin kecil yang dihasilkan dapat dengan mudah diakali oleh para insinyur pabrikan mobil melalui penyesuaian rasio gigi pada sistem transmisinya. konon penurunan torsi yang dihasilkan bisa mencapai 10-20%.
Dengan Siklus Hisap yang lebih pendek maka langkah tenaga akan terjadi secara penuh sepanjang langkah pistonnya. Ini menghasilkan tenaga lebih besar karena energi yang terbuang menjadi jauh lebih kecil. Itu yang menyebabkan mobil dengan siklus ini lebih efisien yang tentunya akan menjadi irit bahan bakar.

Semoga Bermanfaat

1 comment:

  1. Mesin agya atau ayla masih siklus otto mas. Rasio kompresi jg ga tinggi2 banget, kalo gasalah sih 1:10 atau 1:11 gitu. Setau saya, siklus atkinson itu identik dengan rasio kompresi tinggi. Dan faktanya, mesin2 lcgc itu mesin tanpa teknologi penghematan bahan bakar. Paling cuma honda yang berani ngasih brio satya pake 1200 iVtec. CMIIW

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)