Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Selayang Pandang dengan tutup Radiator

Selayang Pandang dengan Tutup Radiator

Bagan Tutup Radiator
Bagan Tutup Radiator
Sering kita dengar dan saran dari forum-forum otomotif bila mobil kita terjadi overheating maka disarankan mengganti atau memeriksa tutup radiator. Mungkin bagi anda yang sudah tahu tidak terlalu menjadi soal tapi buat yang awam kadang hal ini membingungkan. Ayo coba kita uraikan penjelasan singkatnya.

Fungsi 

Seperti yang dijelaskan di atas, fungsi tutup radiator pada mobil adalah untuk mengatur tekanan yang terdapat di dalam sistem pendingin mesin mobil sebagai akibat naiknya temperatur air atau air coolant dalam sistem pendingin mesin. Coba anda amati tutup radiator disamping disitu diperlengkapi dengan tutup karet beserta peer peernya.

Cara Kerja 

Radiator dengan Reservoir
Radiator dengan Reservoir
Tutup radiator tidak hanya berfungsi untuk menutup radiator seperti saat kita menutup botol berisi air kalau sudah di tutup selesai permasalahan karena air tidak tumpah atau meluber keluar.
Di dalam sistem pendinginan mesin kendaraan, ketika mesin bekerja lalu temperatur naik, secara otomatis suhu air pendingin ikut naik dan tekanan di dalam sistem ikut naik pula. (tentunya kita ingat bila cairan memanas tentunya akan memuai, sehingga volumenya membesar, dengan memuai sementara ruangan tetap tentunya akan menaikkan tekanan air bukan), Nah pada Tutup Radiator Terdapat mekanisme di tutup radiator agar dengan naik nya suhu dan tekanan tidak menyebabkan radiator atau slang radiator meledak. karena mereka bisa membuang dan menarik kembali air yang memuai. yang ditampung pada reservoir

Mekanisme Cara Kerja

Mekanisme Gerak Tutup Radiator
Mekanisme Gerak Tutup Radiator
Berikut adalah mekanisme atau cara kerja tutup radiator untuk mempertahankan tekanan yang terdapat pada sistem pendinginan mesin mobil.
# Pada gambar disamping (A),  relief valve terdorong oleh tekanan air radiator ketika tekanan di dalam radiator melebihi tekanan pegas relief valve, besarnya tekanan biasanya tertulis di tutup radiator. Selanjutnya air mengalir ke reservoir atau tabung cadangan air radiator.
# Ketika Terjadi Proses pendinginan misal waktu hujan deras atau mesin melaju tanpa beban, maka temperatur air akan menurun sehingga volumenya akan menyusut, maka di radiator akan terjadi tekanan vakum, sehingga air akan mengalir dari reservoir menuju ke radiator kembali. Gambar B.
# Demikian Proses nya berlangsung terus menerus sesuai dengan kondisi panas dan kerja mesin.
# Setelah Membaca keterangan diatas tentunya anda bisa mengambil kesimpulan betapa pentingnya dan vital sebuah tutup radiator. Karena bila Tutup radiator lemah maka suhu tekanan belum optimal dia akan membuka dan mengalirkan air keluar maka proses pendinginan akan kurang optimal. Atau bila anda harus sering mengisi air di reservoir cobalah ganti tutup radiator dengan yang baru sebelum memvonis ada kebocoran pada unit pendinginan anda

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)