Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Curb & Gross Vehicle Weight

Curb & Gross Vehicle Weight

Anda tentu pernah mendengar kata Curb weight dan Gross vehicle weight bukan, kadang kala keduanya dicantumkan dalam brosur spesifikasi kendaraan.

Curb Weight 

Bawalah penumpang dengan bijak
Bawalah penumpang dengan bijak
Sesuai namanya curb weight adalah berat kosong, berat kosong di sini diartikan bahwa ini adalah berat kendaraan tanpa penumpang dan muatan, termasuk dengan isi bahan bakar penuh, air radiator beserta cadangannya, olie mesin dan peralatan standar sesuai spesifikasi pabrik.

Gross Vehicle Weight

Adalah berat kotor kendaraan, dalam arti ini adalah berat total kendaraan dengan muatan penuh sesuai yang diijinkan. jadi misal kendaraan anda adalah 7 seater, tentunya berat disini adalah berat kosong (curb weight ditambah dengan 7 penumpang dan barang )

Payload

Payload disini adalah selisih dari Gross Vehicle weight dan Curb Weight, atau dapat diartikan adalah Daya angkut kendaraan.
# Pay load adalah sangat vital buat sebuah kendaraan karena merupakan beban yang direkomendasi kendaraan. Seperti yang kita ketahui pabrikan dan perakit kendaraan tentunya sudah mendesain kekuatan mesin, dimensi, suspensi, kekuatan struktur body dll sesuai dengan daya angkut yang bisa ditahan.
# Mengangkut penumpang atau barang diluar ketentuan tentunya akan merugikan anda sendiri. baik dari segi keamanan, keekonomisan maupun dari durability kendaraan anda sendiri. karena sebuah kendaraan meliputi banyak faktor yang menyertainya misalnya kekuatan angkut Ban, Kapasitas kekuatan rem, kekuatan rangka sasis kendaraan (terutama mobil monoque) dan lain sebagainya.
# Sayangnya banyak pihak prinsiple dari pabrik yang hanya mencantumkan salah satu angka Gross Vehicle Weight atau hanya Curb Weight di dalam brosurnya, mereka tidak menyantumkan angka Payload. sehingga sering kita jumpai mobil mobil yang mengangkut muatan dengan tidak semestinya ( misal mobil 7 seater mengangkut 12 orang dan seterusnya).
muatan berlebihan
Muatan berlebihan

Singkatan yang lainnya

JBB = Jumlah berat yang diperbolehkan.
JBKI = Jumlah berat kombinasi yang diijinkan.
JBKB = Jumlah berat kombinasi yang diperbolehkan
JBI = Jumlah berat yang diIjinkan.
GPW = Gross Permissible vehicle weight. 
MST = Muatan sumbu terberat

Semoga Bermanfaat

1 comment:

  1. Apa bedanya "diperbolehkan" dan "diijinkan"? Terima kasih.

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)